Pemrograman
Now Reading
Cara Membuat AutoComplete TextBox Dengan Database
Inovasi Baru
1
Fitur AutoComplete di Visual Basic. Berikut adalah Cara Membuat AutoComplete TextBox Dengan Database. Request kata dari database ke Textbox.

Cara Membuat AutoComplete TextBox Dengan Database – Halo sobat Bierpinter sekalian. Apakah kalian masih semangat belajar Visual Basic? Tentunya harus masih semangat ya. Karena pada artikel kita kali ini saya akan mengajarkan bagaimana membuat fitur yang sangat bagus di project aplikasi Visual Basic kalian. Nah, ada artikel kita kali ini saya akan menjelaskan mengenai Cara Membuat AutoComplete TextBox Dengan Database. Apa sih AutoComplete itu?. Apakah kalian pernah menuliskan kata-kata (keyword) pada mesin pencarian Google?. Pada saat kalian menuliskan satu kata, pasti  Google akan secara otomatis menawarkan penulusuran kata yang paling sering digunakan oleh banyak orang. Dan apabila kalian memilihnya, maka kata yang kalian telah tulis tadi menjadi kata yang direkomendasikan oleh Google tersebut. Nah, itu bisa menjadi salah satu contoh dari AutoComplete tersebut. Penasaran bukan bagaimana membuat AutoComplete di Visual Basic ini? So, terusin baca artikelnya ya 😀

Cara Membuat AutoComplete TextBox Dengan Database

Cara Membuat AutoComplete TextBox Dengan Database

AutoComplete merupakan salah satu attribute dari tools TextBox di dalam Visual Basic. Kalian bisa melihat pada TextBox kalian pada bagian Properties, disana ada attribute yang bernama AutoCompleteSource, AutoCompleteCustomeSource dan AutoCompleteMode. Nah, lalu bagaimana kita bisa menggunakan attribute ini?

Contoh Koding

Pada saat kalian menggunakan AutoComplete, kalian bisa memasukkan data secara manual ataupun dengan menggunakan data yang berasal dari database kalian. Jika secara manual, kalian tinggal tuliskan secara langsung di AutoCompleteCustomeSource, kata apa saja yang ingin kalian suggest kan pada TextBox tersebut. Namun berbeda dengan menggunakan database, jika kita menggunakan database kita harus memanggil dulu data  tersebut dari database-nya. Berikut adalah contoh koding AutoComplete dengan menggunakan data dari database:

Private Sub FormOutputMobil_Load(sender As Object, e As System.EventArgs) Handles Me.Load
        Me.CenterToParent()
        loadData()

        ' Cara AutoFillComplete
        Dim query As String = "Select Merk_Mobil from Mobil"
        Dim adapter As New MySqlDataAdapter(query, Connection)
        Dim ds As New DataSet()
        adapter.Fill(ds, "Emp")

        Dim Col As New AutoCompleteStringCollection
        For i = 0 To ds.Tables(0).Rows.Count - 1
            Col.Add(ds.Tables(0).Rows(i)(0).ToString)
        Next
        txtMerk.AutoCompleteSource = AutoCompleteSource.CustomSource
        txtMerk.AutoCompleteCustomSource = Col
        txtMerk.AutoCompleteMode = AutoCompleteMode.SuggestAppend

        Connection.Close()

End Sub

Hasil Program

Cara Membuat AutoComplete TextBox Dengan Database

Result of AutoComplete in TextBox VB.Net

Gambar di atas merupakan tampilan hasil program jika kalian berhasil membuat AutoComplete tersebut. Jika kalian menuliskan suatu kata, maka TextBox akan secara otomatis menawarkan (suggest) suatu kata untuk melengkapinya. Pada umumnya ini sangat membantu bagi kebanyakan kalangan yang sering kali lupa menuliskan sesuatu.

Oke teman-teman, itulah artikel tutorial pemrograman Visual Basic kita hari ini yang membahas mengenai Cara Membuat AutoComplete TextBox Dengan Database. Fitur yang satu ini cukup menarik bukan bagi kalian?. Terus pantau juga ya artikel pemrograman lainnya, karena masih banyak sekali fitur yang dapat kita buat. Untuk artikel ini akan saya buatkan video tutorial untuk memperjelas artikel ini (Mohon ditunggu ya). Namun, jika tidak ada kalian bisa langsung cek pada Channel Youtube kami. Karena pasti akan dipost di sana terlebih dahulu. Sekian dari saya, salam IT ^^

What's your reaction?
Luar Biasa
67%
Suka Sekali
33%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
Loading...
1 Comments

Leave a Response