Pemrograman
Now Reading
Cara Membuat Judul Form Bergerak Pada Netbeans
Inovasi Baru
0

Cara Membuat Judul Form Bergerak Pada Netbeans – Halo sobat Bierpinter sekalian. Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana Cara Membuat Judul Form Bergerak Pada Netbeans. Kalian pasti sering melihat suatu form aplikasi yang memiliki judul yang bergerak. Nah, disini saya akan coba menjelaskan bagaimana cara untuk membuatnya dengan menggunakan Netbeans. So, jangan kemana-mana yah, terusin baca artikelnya 😀

Cara Membuat Judul Form Bergerak Pada Netbeans

Cara Membuat Judul Form Bergerak Pada Netbeans

Lokasi Judul Form Pada Netbeans

Untuk membuat judul form kita dapat bergerak, sebelumnya kalian harus mengikuti beberapa langkah-langkah dibawah ini untuk dapat membuatnya.Mulai dari tahapan awal, yaitu mengimport java library yang dibutuhkan hingga sampai memasukkan koding untuk judul bergeraknya. Okay, berikut adalah langkah-langkah yang harus kalian lakukan untuk membuat judul form kalian bergerak :

1. Mengimport Java Library yang dibutuhkan

Langkah awal yang harus kita lakukan pastilah mengimport java library kita terlebih dahulu. Kenapa kita harus mengimport java library? Java library merupakan suatu format koding yang sudah disiapkan oleh Netbeans untuk mempermudah programmer dalam membuat perintah koding mereka. Karena sudah ada java library yang ada, kita tidak usah bersusah payah untuk membuatnya secara manual (logika), kita hanya perlu memanggilnya dan memodifikasinya saja. Java library yang harus kalian import adalah :

import java.awt.Point;
import java.text.SimpleDateFormat;
import java.util.Timer;
import java.util.TimerTask;

2. Membuat Attribute Variable yang dibutuhkan

Langkah selanjutnya adalah membuat beberapa attribute variable di dalam JFrame Form kita. Variable ini digunakan sebagai media pemanggilan suatu Object agar mudah untuk dipanggil ataupun digunakan. Berikut adalah contoh variable yang saya gunakan :

public class FRM_Timer extends javax.swing.JFrame {
    String judul = "Program Aplikasi"; // Nama Judul Form Kalian
    String nama = judul;

     public FRM_Timer() {
        initComponents();
     }
 }

3. Memasukkan Koding Judul Form Bergerak

Langkah terakhir, yaitu tinggal memasukkan koding judul form nya. Koding inilah yang nantinya akan membuat judul Form kalian dapat bergerak. Koding ini menggunakan beberapa class yang dipanggil dari Java Library sebelumnya. Dimana kita menggunakan Timer dengan meng-Override method run() yang ada didalamnya. Berikut adalah contoh kodingnya :

public FRM_Timer() {
        initComponents();
        /// Membuat Judul Form Gerak
        Timer t = new Timer();
        t.scheduleAtFixedRate(new TimerTask(){
            @Override
            public void run(){
                if(nama.length()>getWidth()/6)i=1; else if(nama.length()<=judul.length())i=0;
                if(i==0)nama =" "+nama;
                else nama = nama.substring(1);
                setTitle(nama);
            }
        },0,50);
}

Oke teman-teman. Itu adalah bagaimana Cara Membuat Judul Form Bergerak Pada Netbeans. Mudah bukan teman-teman? Jika masih kurang jelas kalian dapat membaca kembali langkah-langkahnya dengan baik. Dan untuk lebih memperjelas kalian, saya akan buatkan video tutorialnya yah, kalian bisa check di Channel Youtube kami. So, sekian dari saya… Salam IT ^_^

Baca juga : Cara Membuat Text Bergerak pada Netbeans

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Keren
0%
Kagum
100%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT

Leave a Response