Pemrograman
Now Reading
Cara Membuat Message Box di Visual Basic
Inovasi Baru
2
Kalian ingin membuat MsgBox dan Input Box pada Visual Basic? Tenang, berikut adalah Cara Membuat Message Box di Visual Basic dengan contoh kodingnya.

Cara Membuat Message Box di Visual Basic – Halo teman-teman Bierpinter sekalian. Apakah kalian masih semangat untuk belajar Visual Basic nya? Pastinya harus semangat dong. Karena pada kesempatan kali ini kita akan membahas hal yang penting, yaitu Cara Membuat Message Box di Visual Basic. Message Box yang terdapat di dalam Visual Basic ada dua, yaitu MsgBox dan InputBox. Dimana kedua macam ini dapat dimodifikasi sesuai dengan ketentuan yang kita inginkan. Wah,penasaran bukan teman-teman? So, jangan kemana-mana ya terusin baca artikel tutorial yang satu ini 😀

Cara Membuat Message Box di Visual Basic

1. MsgBox

Cara Membuat Message Box di Visual Basic

MsgBox

Gambar diatas merupakan MsgBox yang sudah berhasil saya buat. MsgBox ini dapat berfungsi untuk menanyakan sesuatu kepada user, dengan pilihan, Yes, No, ataupun Cancel sesuai dengan kebutuhan sistem. Setiap button Yes, No, ataupun Cancel yang ada pun dapat dimasukkan koding sehingga kita dapat menciptakan perintah selanjutnya untuk sistem tersebut. Untuk contoh koding-nya, kalian bisa langsung lihat dibawah ini:

Private Sub Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button2.Click
   Dim testMsg As Integer
   testMsg = MsgBox("Do You Want to Exit?", vbYesNo + vbQuestion, "Announcement !!!")
   If testMsg = 6 Then '6 merupakan Value dari NamedConstant vbYes
      Application.Exit()
   End If
'6 adalah Value dari Command Buttons
End Sub

Perhatian!

Jika kalian membuat MsgBox, kalian harus mengetahui dahulu return value dari command button yang akan kalian gunakan sebagai perintah koding. Berikut adalah Return Value dan Commands Buttons yang harus kalian ketahui:

Return Value and Command Buttons

Tabel Return Value and Command Buttons

2. InputBox

Cara Membuat Message Box di Visual Basic

InputBox

Sedangkan pada gambar diatas merupakan hasil tampilan dari InputBox yang telah saya buat. InputBox ini berfungsi untuk menanyakan suatu input kepada user dengan menggunakan Message Dialog. Type dari yang akan diinput oleh user pun bisa beragam, mulai dari String, Integer, Char, dan lainnya tergantung kebutuhan dari sistem itu sendiri. Untuk contoh koding-nya, kalian bisa langsung lihat dibawah ini:

Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
   Dim user1 As String
   user1 = Microsoft.VisualBasic.InputBox("Name for Player 1 : ", "Enter Your Name", "My Name", Me.Height, Me.Width - 100)
   txtNama1.Text = user1
   Me.CenterToParent() 'Agar InputBox Berada di Tengah Layar Komputer User
End Sub

Oke teman-teman, itu adalah artikel tutorial kita mengenai Cara Membuat Message Box di Visual Basic. Wow, menarik bukan teman-teman? Sekarang kalian sudah bisa membuat Message Box pada program aplikasi Visual Basic kalian. Jika ada pertanyaan, dan hal-hal yang kurang jelas, kalian bisa tuliskan langsung pada form komentar ya. Sekian dari saya, salam IT ^_^

 

What's your reaction?
Luar Biasa
25%
Suka Sekali
75%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
Loading...
2 Comments

Leave a Response