Pemrograman
Now Reading
Cara Membuat Method Setter dan Getter Pada Netbeans
0

Cara Membuat Method Setter dan Getter Pada Netbeans – Halo sobat developer sekalian, kali ini saya akan membahas mengenai Bagaimana sih Cara untuk Membuat Method Setter dan Getter Pada Netbeans? Apa sih fungsi dalam membuat Setter dan Getter? Penting tidak sih? Oke, dalam artikel ini saya akan membahasnya secara detail, mulai dari fungsinya, peran dari method tersebut pada program kalian, dan bagaimana cara untuk membuat method tersebut. So, tetap lanjut baca artikelnya yah ^_^

Fungsi dari Method Setter dan Getter

Fungsi dari method setter dan getter tersendiri untuk dapat digunakan dalam proses pengubahan data dan pengambilan data. Method Setter dan Getter sangat sering dibuat di dalam sebuah class. Mengapa? Karena di setiap kelas pasti memiliki attribute tersendiri yang mereka buat. Nah, method setter dan getter ini digunakan untuk merubah dan mengambil attribute kelas dari kelas yang berbeda. Setter berfungsi untuk mengubah (update) attribute di dalam kelas. Sedangkan Getter berfungsi untuk mengambil attribute kelas untuk dapat digunakan pada kelas lain.

Peran dari Method Setter dan Getter

Apa sih peran dari Method Setter dan Getter itu? Apakah kita harus membuatnya? Kalau harus atau tidak dalam membuat method ini sih tergantung pada kegunaan dari pada kelas tersebut. Kadang tidak semua kelas memiliki attribute, sehingga method tidak akan ada. Method Setter dan Getter akan ada apabila di dalam suatu kelas tersebut terdapat suatu attribute. Peran pentingnya yaitu sebagai penghubung antar satu kelas ke kelas yang lain. Dimana kelas lain dapat mengakses atau menggunakan attribute dari kelas itu dengan memanggil method ini, yaitu Setter dan Getter. Setter dan Getter juga sangat sering digunakan pada proses perubahan (update) data dan merubah data.

Cara Membuat Method Setter dan Getter

Untuk membuat method ini, kalian harus terlebih dahulu membuat attribute di dalam kelas kalian. Kalian dapat membuat attribute tersebut dengan type data yang kalian inginkan. Type-type data tersebut dapat seperti, int(Integer-Angka), String(karakter), Char(karakter yang memiliki batas), dan lain sebagainya. Setelah kalian membuat attribute kalian, selanjutnya kalian dapat method ini secara manual maupun automatis.

1. Insert Setter dan Getter Automatis

Apabila kalian telah membuat attribute kelas kalian, netbeans akan secara langsung mengindentifikasi attribute kalian. Sehingga kalian dapat langsung membuat method-method yang berhubungan dengan attribute tersebut, seperti Setter dan Getter. Untuk membuat method Setter dan Getter secara automatis, kalian dapat mengklik kanan pada kelas kalian. Kemudian pilih Insert Code > Pilih Getter and Setter > Kemudian pilih attribute yang ingin kalian buat methodnya. Berikut adalah contoh tampilannya :

Automatis Insert Method Setter and Getter 1

Automatis Insert Method Setter and Getter 2

Automatis Insert Method Setter and Getter 1

 

2. Membuat Method Setter dan Getter Manual

 

Untuk membuat method Setter dan Getter secara manual, kalian dapat mengikutin contoh kodingnya di bawah ini. Berikut adalah contoh kodingnya :

// Method Getter
    public String AmbilDataNamaMobil(){ // Nama Method yang akan di Panggil (Bebas)
        return this.NamaMobil; // Mengambil data attribute NamaMobil dari kelas
    }
    
// Method Setter
    public void MerubahNamaMobil(String namaLain){ // namaLain adalah variable dari Parameter String
        this.NamaMobil = namaLain; // Merubah data namaMobil dengan paramater yang dimasukkan (namaLain)
}

 

Nah itu adalah pembahasan sekilas mengenai Method Setter dan Getter. Mulai dari fungsi, peran penting, dan cara untuk membuat method tersebut. Setter dan Getter ini memiliki peran yang cukup penting di dalam kelas, terutama dalam mengakses attribute kelas tersebut. Method ini dapat dibuat apabila attribute di dalam kelas tersebut ada terlebih dahulu. Oke, sekian dari saya… Salam IT ^_^

Baca juga : Cara Menggunakan JOptionPane pada Netbeans

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
0%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
100%
About The Author
GreenIT

Leave a Response