Membuat Perintah Enter pada Netbeans

Cara Membuat Perintah Enter pada Netbeans (KeyPressed)

Cara Membuat Perintah Enter pada Netbeans (KeyPressed) – Halo sobat IT sekalian, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Bagaimana Cara Membuat Perintah Enter pada Netbeans. Tahu kah kalian? Bahwa kita dapat menambahkan berbagai perintah hanya dengan menekan Enter? Sebenarnya tidak hanya Enter, kalian dapat menggunakan KeyPressed lainnya dapat mengeksekusian perintah (Command) kalian.

Cara Membuat Perintah Enter Pada Netbeans

1. Siapkan Tools Yang Ingin Kalian Gunakan

Langkah pertama adalah siapkan tools-tools yang ingin kalian gunakan. Kalian dapat menggunakan Textfield, Button, Label, Panel, dan tools lainnya. Tools-tools ini berguna untuk menjalankan suatu perintah dapat suatu platform tertentu, yaitu tools tersebut. Pada contoh kali ini, saya akan menggunakan tools Textfield dalam pengeksekusian perintah tersebut. Sehingga perintah Enter ini akan jalan saat saya menggunakan tools Textfield. Berikut adalah tampilan Textfield yang saya buat :

Textfield

2. Buka Event KeyPressed pada Tools Kalian

Setelah kalian membuat toolsnya, langkah selanjutnya adalah membuka tempat untuk memasukkan kodingnya. Karena kita ingin menggunakan Key “Enter”, maka kita gunakan Event – KeyPressed pada tools kita. Cara membuka KeyPressed sangatlah mudah, kalian hanya perlu mengklik kanan pada tools kalian, kemudian pilih Events KeyKeyPressed. Jika masih binggung, kalian dapat mengikutin gambar yang di bawah ini :

Events-KeyPressed

3. Membuat Perintah Enter pada Tools Kalian

Setelah kalian membuka Events – KeyPressed, langkah terakhir adalah menambahkan beberapa koding pada Events tersebut. Koding ini-lah yang akan membuat perintah jika kalian menekan tombol “Enter” pada Keyboard kalian. Untuk kodingnya, kalian dapat mengikuti contoh koding di bawah ini :

Sebelumnya, tambahkan terlebih dahulu java library pada Projek kalian :

Selanjutnya, tinggal memasukkan perintah pada KeyPressednya :

Perintah koding tersebut berfungsi untuk merubah angka yang telah diinput menjadi sebuah format string desimal yang rapih. Karena kita ingin berubah menjadi format desimal, jangan lupa untuk menambahkan koding untuk hanya dapat menginput angka saja. Kalian dapat melihat bagaimana caranya melalui artikel-artikel yang sebelumnya :

Kunjungi : Cara Membuat Validasi Input Angka dan Huruf pada Textfield Java

Nah, itu adalah langkah-langkah untuk membuat Perintah Enter pada Netbeans. Bagaimana sobat sekalian? Mudah bukan? Tentunya mudah yah… Kalau ada yang ingin ditanyakan, kalian dapat menulisnya di form komentar yah ^_^ . Sekian dari saya… Salam IT 😀

Baca juga : Cara Membatasi Jumlah Karakter di Textfield Netbeans