Membuat username pada SQL Developer

Cara Membuat Username pada SQL Developer (Oracle)

Cara Membuat Username pada SQL Developer (Oracle) – Halo teman-teman, saat ini banyak sekali yang menanyakan Bagaimana sih Cara Membuat Username baru pada SQL Developer? Apakah kita cuman bisa memakai username dan password pada saat menginstall saja? Jawabannya tentu saja bisa teman-teman. Sebenarnya kita dapat membuat username dan password untuk sql developer sebanyak yang kita inginkan. Namun, di tiap username yang kita bikin maka akan memiliki database yang berbeda pula. Oleh karena itu, pastikan membuat username ini untuk tujuan yang benar, yaitu untuk pembagian database. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat username pada SQL Developer :

1. Run SQL Command Line

Untuk dapat masuk ke dalam system SQL Developer kita harus menjalankan terlebih dahulu SQL Command Line di dalam komputer kita. Caranya mudah sekali, kalian hanya perlu mencarinya pada Windows Search, dan ketikan dengan Run SQL Command Line. Berikut adalah contoh gambarnya :

Cara Membuat Username Pada SQL Developer (Oracle)

Cara Membuat Username Pada SQL Developer (Oracle)

Gambar diatas adalah tampilan layar komputer kalian saat telah membuka SQL Command Line. Di dalam SQL Command Line ini lah kita dapat membuka koneksi, memanggil tabel, dan juga membuat username baru kita pada SQL Developer.

2. Melakukan Koneksi dengan System Database SQL Developer

Setelah kita membuka SQL Command Line, kita hanya perlu memasukkan beberapa perintah untuk username baru. Sebelumnya, kita harus melakukan connection dengan sistem SQL Developer terlebih dahulu. Kenapa harus melakukan connection terlebih dahulu? Karena hanya pada sistem SQL Developer saja kita dapat mengakses dan mengolah database yang terdapat pada SQL Developer tersebut. Berikut adalah perintah untuk melakukan koneksi dengan sistem SQL Developer :

Cara Membuat Username Pada SQL Developer (Oracle)

3. Membuat Username Pada SQL Developer

Langkah kemudian adalah membuat username baru pada SQL Developer. Pastikan untuk mengingat username dan password yang akan kalian buat. Untuk membuat username baru, kalian hanya perlu memanggil perintah create pada SQL Command Line. Berikut adalah contoh perintahnya :

Cara Membuat Username Pada SQL Developer (Oracle)

4. Memasukkan Seluruh Perintah Privileges Pada Username Kita

Setelah kita membuat username baru, kita perlu untuk memasukkan seluruh perintah Privileges pada username baru kita. Perintah Privileges adalah perintah pengolahan data, seperti select, delete, update, insert, dan lain sebagainnya. Berikut adalah contoh perintah untuk memasukkan perintah Privileges pada username kita :

Cara Membuat Username Pada SQL Developer (Oracle)5. Melakukan Koneksi Pada Username Baru Kita

Langkah terkahir adalah melakukan koneksi pada username kita. Apabila username kita telah berhasil dibuat, maka kita dapat melakukan koneksi pada username baru kita di SQL Developer. Jika telah terkoneksi, kita dapat menggunakannya pada SQL Developer untuk membuat database yang baru di dalamnya. Berikut adalah cara untuk melakukan koneksi pada username kita :

Cara Membuat Username Pada SQL Developer (Oracle)Yap, kalian telah berhasil membuat username baru pada SQL Developer kalian. Untuk password, masukkanlah password yang tadi kita buat sebelumnya. Biasanya password tidak akan diperlihatkan karakternya, oleh karena itu berhati-hatilah yah kawan-kawan.

Oke, itu adalah beberapa langkah untuk membuat username baru pada SQL Developer. Mudah bukan? Tentunya mudah yah kawan-kawan. Hal yang harus diperhatikan dalam membuat username baru adalah untuk selalu mengingat username dan passwordnya. Database yang terdapat di setiap user pun berbeda, oleh karena itu selalu berhati-hatilah untuk menyimpan database kita pada akun yang berbeda. Sekian dari saya…. Salam IT ^_^

Baca juga artikel tentang pemrograman lainnya : Pemrograman