Pemrograman
Now Reading
Cara Membuat Validasi Input Angka dan Huruf pada Textfield Java
1

Cara Membuat Validasi Input Angka dan Huruf pada Textfield Java – Dalam semua projek penginputan data tentunya kita memerlukan pemrograman untuk mem-validasi data. Input yang beragam dan memiliki banyak kemungkinan yang terjadi merupakan faktor pendukung digunakannya validasi ini. Validasi dalam suatu pemrograman itu sangatlah beragam. Mulai dari validasi angka, huruf, button, dan yang lain sebagainya. Kita sebagai developer harus jeli dan pintar dalam meng-testing program yang telah kita buat, sehingga user yang menggunakan program kita tidak akan kecewa dan nyaman dalam menggunakan program tersebut.

1. Pentingnya Validasi Dalam Suatu Program

Dalam suatu program aplikasi, validasi merupakan hal yang sangatlah penting. Apalagi bila program tersebut memerlukan input dari user untuk menjalankan suatu perintah tertentu. Karena penginputan data oleh user yang sangat beragam dan unik, maka kita sebagai developer harus mempersiapkan segala kemungkinan data yang akan di input oleh user. Data yang seharusnya diisi oleh angka, haruslah diisi oleh angka tidak boleh diinput oleh huruf maupun simbol. Penginputan yang tidak seharusnya pun dapat membuat sistem perintah pada program tersebut menjadi rusak. Bahkan yang paling parahnya kali, dapat membuat program eror dan tidak dapat dijalankan kembali oleh user. Hal inilah yang sangat di perhatikan oleh banyak programmer saat ini. Oleh karena itu, pastikan program yang kalian buat memiliki validasi data yang baik dan benar, sehingga sistem program yang kalian ciptakan pun akan baik dan berjalan dengan lancar.

2. Membuat Validasi Untuk Dapat Menginput Angka Saja

Salah satu validasi yang sering digunakan adalah validasi angka. Dimana validasi ini hanya dapat memperbolehkan user untuk menginput angka. Biasanya validasi ini digunakan untuk mengisi form harga, diskon, maupun data angka lainnya. Untuk menaruh perintah validasi, kalian hanya perlu mengklik kanan pada textfield kalian. Kemudian pilih EventsKeyKeyTypes. Setelah itu kalian dapat memasukkan koding validasinya di dalamnya. Berikut adalah contoh tampilannya :

Cara Membuat Validasi Input Angka dan Huruf pada Textfield JavaSetelah kalian membuka lokasi koding untuk validasi tersebut, kalian dapat menaruh beberapa contoh koding pada projek kalian seperti yang di bawah ini :

private void textJumlahKeyTyped(java.awt.event.KeyEvent evt) {              
        // TODO add your handling code here:
        if(!Character.isDigit(evt.getKeyChar())){
            evt.consume();
        }
}

3. Membuat Validasi Untuk Dapat Menginput Huruf Saja

Validasi untuk menginput huruf hampir sama dengan validasi untuk menginput angka. Sama halnya validasi angka, kita menggunakan Character.isDigit(). Method ini adalah suatu perintah untuk mengecek apakah key yang kita masukan bertipe karakter atau bukan. Jika bukan, maka itu termasuk huruf, dan jika benar maka itu termasuk angka. Berikut adalah contoh kodingnya :

private void textNamaPembeliKeyTyped(java.awt.event.KeyEvent evt) {              
        // TODO add your handling code here:
        if(Character.isDigit(evt.getKeyChar())){
            evt.consume();
        }
}

Mudah bukan teman-teman? Validasi untuk pemrograman bukan itu saja loh… Mungkin ada banyak kemungkinan yang akan terjadi. Sehingga validasi ini akan sangat beragam, sesuai dengan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. Oke mungkin itu saja dari saya…. Salam IT ^_^

Baca juga artikel Pemrograman Java lainnya : Cara Mengambil Data dari Table Netbeans

 

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
33%
Keren
33%
Kagum
0%
Jelek
33%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
1 Comments

Leave a Response