Cara Memutar Gambar di dalam Netbeans (Rotate Image)

Cara Memutar Gambar di dalam Netbeans (Rotate Image)

Cara Memutar Gambar di dalam Netbeans (Rotate Image) – Halo sobat Bierpinter sekalian. Pada kesempatan kali ini kita akan melanjutkan pembelajaran bahsa pemrograman java kita, yaitu Cara Memutar Gambar di dalam Netbeans (Rotate Image). Jika pada artikel sebelumnya kita sempat membahas bagaimana cara memasukkan gambar (Load Image) di dalam Netbeans. Sekarang kita akan coba untuk memutar gambarnya. Caranya mudah kok teman-teman, kita hanya perlu membuat suatu method untuk memutarkan gambar tersebut. Penasarankan bagaimana cara memutar gambarnya? Terusin baca artikelnya ya sobat šŸ˜€

Cara Memutar Gambar di dalam Netbeans (Rotate Image)

Contoh Simulasi Sistem Gerhana Matahari Bulan
Contoh Hasil Rotate Image

Sebetulnya, jika kita belajar grafika komputer sebelumnya. Di dalam java library Netbeans sudah menyediakan method untuk memutar suatu objek (rotate), namun method rotate itu hanya bisa dijalankan pada sebuah objek yang kita gambar. Karena kita menggunakan suatu gambar luar atauĀ load image, maka kita harus membuat method rotate kita sendiri. Sebelumnya, pastikan kalian sudah mengerti dan melakukan langkah-langkah pada artikel sebelumnya, yaitu Cara Memasukkan Gambar di Netbeans (Load Image).

Jika kalian telah mengikuti langkah-langkah pada artikel sebelumnya, kalian hanya perlu menambahkan beberapa method di dalam projek aplikasi kalian. Jangan lupa juga untuk memanggilĀ java library tambahan, seperti : Graphics dan Graphics2D. Berikut adalah java library yang harus kalian import terlebih dahulu :

Membuat Method Rotate

Langkah selanjutnya adalah membuat method rotateImage. Ini adalah contoh kodingĀ rotate image yang saya buat, kalian bisa memodifikasinya, baik mengubah parameter yang ingin dimasukan maupun perintah-perintah lainnya. Untuk tidak membinggungkan kalian, berikut adalah keseluruhan contoh kodingnya :

Pada contoh koding diatas, kalian sudah bisa memutar gambar di dalam Netbeans kalian. Variabel-variabel dan nama method dapat kalian modifikasi dan kalian atur sendiri untuk lebih memudahkan dalam pengerjaan kalian. Oke teman-teman, kalian sudah bisa menjalankan program aplikasi Netbeans kalian. Jika ada hal-hal yang membinggungkan kalian, kalian dapat menulisnya di form komentar ya. Sekian dari saya, salam IT ^_^

Baca juga :Ā Cara Memasukkan Gambar di Netbeans (Load Image)