Pemrograman
Now Reading
Cara Mengambil Data dari Tabel Netbeans
Inovasi Baru
3

Cara Mengambil Data dari Tabel Netbeans – Halo teman-teman, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Cara Mengambil Data dari Tabel Netbeans. Cara ini biasanya sering digunakan oleh developer untuk mempermudah dalam meng-update data. Data yang banyak, dan sangat beragam menjadi salah satu faktor digunakannya cara ini. Cara ini pun dapat menampilkan data secara otomatis ke dalam suatu Textfield atau Label dengan mengklik ke kolom tabel tersebut. Berikut adalah langkah-langkah mengambil data dari tabel Netbeans :

1. Siapkan Beberapa Tools JFrame pada Projek Kalian

Untuk dapat mengambil data dari tabel, tentunya kita harus memasukkan dulu tools-tools yang berfungsi sebagai pengambil dan sumber data. Tabel adalah tool sumber data kita. Sedangkan Label, Textfield, dan Button adalah tools pengambil data dan pengakses data. Berikut adalah contoh tampilan JFrame dengan tools yang diperlukan :

Cara Mengambil Data dari Tabel Netbeans

Kalian dapat mengikuti contoh tampilan tersebut sebagai pembelajaran. Kalian juga dapat membuat isi form seseuai keinginan kalian, yang penting terdapat tools Tabel, Textfield saja. Label dan Button hanya pelengkap suatu form.

2. Cara Mengisi Data pada Tabel

Langkah selanjutnya, kita harus mengisi data pada tabel tersebut. Kalian dapat mengisi datanya secara manual, maupun mengambil datanya secara otomatis melalu database SQL Developer. Jika kalian ingin mengisi datanya secara manual, kalian hanya perlu klik kanan pada tabel. Kemudian pilih Tabel Contents, lalu pilih tab Row. Kalian dapat memasukkan datanya didalam tabel tersebut. Berikut adalah contoh tampilannya :

Cara Mengambil Data dari Tabel Netbeans

Sedangkan untuk mengambil data secara otomatis pada database SQL Developer kalian, kalian dapat mengetahui caranya pada artikel sebelumnya.

Baca juga : Cara Memasukkan Data SQL Developer pada JTable Netbeans

3. Cara Mengambil Data dari Tabel Secara Otomatis

Untuk mengambil data dari tabel secara otomatis, kalian dapat mengklik kanan pada tabel. Kemudian pilih Event-Mouse-MouseClicked. Jika anda belum menemukannya, berikut adalah contoh tampilannya :

Cara Mengambil Data dari Tabel NetbeansSetelah itu, kalian dapat memasukkan koding-koding pengambilan data melalui tabel yang telah kalian buat sebelumnya. Yang harus kalian perhatikan adalah variable name dari Textfield kalian. Saya sarankan untuk mengganti variable name Textfield kalian dengan nama yang jelas dan mudah kalian ingat. Berikut adalah contoh koding untuk memanggil data dari  tabel secara otomatis :

private void TabelBarangMouseClicked(java.awt.event.MouseEvent evt){
   int i = TabelBarang.getSelectedRow();
   TableModel model = TabelBarang.getModel();
   textKodeBarang.setText(model.getValueAt(i,0).toString());
   textNamaBarang.setText(model.getValueAt(i,1).toString());
   textJumlah.setText(model.getValueAt(i,2).toString());
   textSatuan.setText(model.getValueAt(i,3).toString());
   textHargaBeli.setText(model.getValueAt(i,4).toString());
   textHargaJual.setText(model.getValueAt(i,5).toString());
}

Kalian pun dapat menjalankan projek kalian. Untuk dapat mengambil data dari tabel kalian, kalian hanya perlu untuk mengklik data pada salah satu baris tabel yang telah kalian buat. Lalu data akan secara otomatis terisi pada textfield yang telah kalian buat. Mudah bukan? Berikut adalah contoh tampilan projek saya saat dijalankan :

Cara Mengambil Data Dari Tabel Netbeans

Oke teman-teman, sangat mudahkan? Kalian dapat me-modifikasi koding untuk menempatan data yang akan kalian munculkan. Kalian pun dapat menggunakan Label, Textfield dan tools-tools lainnya. Pengambilan data secara otomatis ini, memudahkan user dalam meng-update data-data yang diperlukan selanjutnya. Sekian dari saya…. Salam IT ^_^

Baca juga : Cara Membuat Sequence Code pada Netbeans

What's your reaction?
Luar Biasa
29%
Suka Sekali
43%
Keren
29%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
3 Comments
  • 25 Juni 2018 at 9:01 PM

    Jangan lupa untuk di coba ya teman-teman 😀

  • boy
    5 Desember 2018 at 10:22 PM

    bang kalo mau ambil data nya tapi keluar nya di frame yg berbeda bisa ga ?

    • 6 Desember 2018 at 2:37 PM

      Halo Boy. Datanya secara menyeluruh atau gimana gan? Jika datanya secara menyeluruh (1 table) maka tidak bisa gan. Solusinya : Buatlah jTable, namun dengan ukuran yang kecil sehingga tidak terlihat dan seolah-olah tidak ada JTablenya. Sedangkan jika datanya cuman satu saja, seperti data pada salah satu field, kamu bisa masukkan kedalam suatu variable pada JFrame yang berbeda tersebut. Semoga menjawab, terima kasih 😀

Leave a Response