Cara Menggunakan JOptionPane Pada Netbeans

Cara Menggunakan JOptionPane Pada Netbeans

Cara Menggunakan JOptionPane Pada Netbeans – Halo sobat sekalian, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Cara Menggunakan JOptionPane pada Netbeans. Apa sih JOptionPane itu? JOptionPane merupakan suatu pesan dialog yang akan dimunculkan kepada user. Pesan dialog tersebut dapat berupa peringatan, konfirmasi, maupun pemberitahuan mengenai cara pemakaian program. Untuk membuat pesan dialog pada Netbeans tidak sulit kok, berikut adalah Cara Menggunakan JOptionPane pada Netbeans :

Cara Menggunakan JOptionPane Pada Netbeans

Untuk menggunakan JOptionPane pada program aplikasi Netbeans kalian, hal pertama yang harus kalian lakukan adalah meng-import JOptionPane kalian terlebih dahulu. Untuk mengimport JOptionPane, kalian dapat memasukkan perintah import ini kedalam program aplikasi kalian :

1. Menggunakan Pesan Pemberitahuan

Untuk pesan pemberitahuan, kalian dapat menggunakan method .showMessageDialog() yang terdapat pada JOptionPane. Method tersebut, akan menampilkan pesan dialog pemberitahuan sesuai dengan pesan yang ingin kalian tuliskan. Contoh kodingnya :

Perintah JOptionPane tersebut dapat kalian tempatkan pada kondisi tertentu, tergantung kapan dan kondisi apa yang kalian inginkan. Kalian dapat menempatkannya pada kondisi if-else , do-while, dan kondisi lainnya.

Contoh tampilan pesan yang akan muncul :

Pesan Pemberitahuan - JOptionPane

2. Menggunakan Pesan Input

Pesan input merupakan suatu pesan dialog yang diberikan kepada user, untuk memasukkan atau menginput suatu data tertentu secara manual. Untuk menggunakan pesan input, kalian dapat menggunakan method .showInputDialog() yang terdapat pada JOptionPane. Contoh kodingnya :

Contoh tampilan pesan yang akan muncul :

Pesan Input - JOptonPane

3. Menggunakan Pesan Konfirmasi

Pesan Konfirmasi merupakan pesan yang biasanya menanyakan Yes/No Question. Pesan konfirmasi ini dapat digunakan untuk melakukan perintah tertentu jika kondisinya Yes maupun No. Untuk membuat pesan konfirmasi, kalian dapat menggunakan method .showConfirmDialog() yang terdapat pada JOptionPane. Berikut adalah contoh kodingnya :

Berbeda dengan penggunaan pesan yang lain, pesan konfirmasi ini memang sedikit rumit. Karena menggunakan dua kondisi, yaitu YES dan NO. Kalian juga memerlukan variable tambahan untuk menjadi penentu dari jawaban tersebut. Berikut adalah contoh dari pesan konfirmasi tersebut :

Pesan Konfirmasi - JOptionDialog

4. Pesan Keluar

Salah satu pesan dialog ini digunakan pada saat program aplikasi kalian akan dihentikan. Pesan dialog ini digunakan untuk meyakinkan kembali kepada user, apakah mereka benar-benar ingin keluar dari aplikasi atau tidak. Salah satu JOption ini bermanfaat apabila user sering kali terpencet tombol exit saat menjalankan program kita. Berikut adalah contoh kodingnya :

Untuk memasukkan koding ini, kalian harus terlebih dahulu membuka Event – Windows Closing pada JFrame kalian. Apabila kalian telah memasukkan contoh koding di atas, kalian dapat segera menjalankan program kalian. Berikut adalah tampilan dari pesan keluar tersebut :

Pesan Keluar

 

Oke teman-teman, itu adalah bagaimana Cara Menggunakan JOptionPane Pada Netbeans. Nantikan juga video tutorialnya yah pada Channel Youtube kami. Video tutorial akan kami buat dalam beberapa hari setelah artikel ini dibuat. Kunjungi terus yah artikel dan video tutorial kami yang lainnya… Sekian dari saya. Salam IT ^_^

Baca juga : Cara Membuat Perintah Enter pada Netbeans (KeyPressed)