Cara Membuat Look And Feel Pada Netbeans

Cara Membuat Look And Feel Pada Netbeans

Cara Membuat Look And Feel Pada Netbeans – Halo sobat Bierpinter. Tahukah kalian bahwa kita dapat merubah tampilan dan tema yang ada pada Form Netbeans? Pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai bagaimana Cara Membuat Look And Feel Pada Netbeans. Look And Feel ini dapat kalian buat untuk merubah tampilan atau tema pada projek Netbeans kalian. Kalian dapat merubahnya menjadi tema Window, Linux, ataupun Cross Platform Style (Default). Menarik bukan? Ingin tahu lebih? Tetap lanjutin baca artikelnya yah teman-teman 😀

Cara Membuat Look And Feel Pada Netbeans

Untuk merubah tema atau tampilan pada JFrame Form pada projek Netbeans kita, kita perlu melakukan beberapa langkah yang ada di bawah ini :

1. Import Java Library Yang Dibutuhkan

Sebelum kita membuat perintah untuk merubah atau mengganti tampilan pada JFrame Form kita, kita harus terlebih dahulu mengimport beberapa java library yang tersedia di dalamnya. Java Library inilah yang akan merubah tampilan pada JFrame From kita. Berikut adalah java library yang harus kalian import pada projek Netbeans kalian :

2. Membuat 3 Button Pada Form Kalian

Setelah kalian mengimport java library yang kalian butuhkan, langkah selanjutnya adalah membuat 3 button pada JFrame Form kalian. 3 Button ini berfungsi untuk mengaktifkan atau mengganti tampilan Form kalian. Button juga digunakan sebagai media dalam menempatkan perintah atau koding kalian. Untuk melihat perbedaan dalam tampilan yang akan berubah nanti, kalian dapat tambahkan beberapa tools seperti : Radio Button, Check Box, Text Field, Combo Box maupun List pada JFrame Form kalian. Berikut adalah contoh tampilan JFrame Form saya :

Tampilan Form LookAndFeel
Contoh Tampilan Form Yang di Buat

3. Memasukkan Perintah Pada Setiap Button Kita

Setelah kita membuat tampilan JFrame Form kita, selanjutnya adalah melengkapi perintah button kita dengan sebuah koding. Koding inilah yang nantinya akan berfungsi untuk merubah atau mengganti tema/tampilan pada Form di projek Netbeans kita. Berikut adalah contoh koding untuk setiap Button kita:

Contoh Tampilannya :

Tampilan Windows
Tampilan Cross Platform
Tampilan Linux

Oke, setelah kalian memasukkan contoh koding di atas, kalian sudah dapat menjalankan projek Netbeans kalian. Kalian dapat mencoba setiap button yang telah kita buat sebelumnya. Kalian juga dapat melihat perbedaan tampilan yang akan terjadi pada JFrame Form kalian. Menarik bukan? Jadi tampilan atau tema mana yang akan kalian pakai? Tentukan tampilan yang paling kalian sukai yah teman-teman. Sekian dari saya… Salam IT ^_^

Baca juga : Cara Menggunakan JCalendar pada Netbeans