Pemrograman
Now Reading
Cara Mudah Membuat Login Pada Visual Basic (Database)
Inovasi Baru
1
Berikut adalah Cara Mudah Membuat Login Pada Visual Basic (Database). Mulai dari cara import MySQL.Data.dll , Form Login, dan contoh kodingnya.

Cara Mudah Membuat Login Pada Visual Basic (Database) – Halo sobat Bierpinter sekalian. Apakah program aplikasi Visual Basic kalian menggunakan fitur Login? Kalian kesulitan dalam membuatnya?. Jangan khawatir teman-teman, karena pada artikel kita kali ini saya akan membahas mengenai Cara Mudah Membuat Login Pada Visual Basic (Database). Pada artikel ini saya akan menjelaskan langkah mudah dalam membuat fitur login dengan menggunakan database. Database yang saya pakai disini adalah MariaDB (sistem manajemen relational dari MySQL). Penasaran bukan bagaimana cara membuat fitur login ini? So, terusin baca artikel-nya ya teman-teman 😀

Cara Mudah Membuat Login Pada Visual Basic (Database)

1. Sediakanlah Database dan Table Login

Langkah pertama yang harus kalian lakukan pastinya adalah membuat database kalian dahulu beserta dengan table login-nya. Disini saya menggunakan database MariaDB, yang dapat kalian gunakan juga jika telah menginstall XAMPP. Kalian bisa membuat table login kalian sesuai dengan keinginan kalian. Berikut adalah contoh table login yang telah saya buat:

Cara Mudah Membuat Login Pada Visual Basic (Database)

Contoh Table Admin

2. Import MySql.Data.dll

Setelah itu kalian harus memasukkan MySql.Data.dll untuk dapat mengambil data pada database MySQL. Caranya mudah kok teman-teman, kalian tinggal membuat MyProject kalian, kemudian pilih sidebar References – Add.. Berikut adalah contoh gambar yang dapat memudahkan kalian:

Cara Add References Mysql.Data

Cara Add References Mysql.Data

Cara Add References Mysql.Data2

Kemudian pilihlah lokasi dimana file Mysql.Data.dll kalian berada. Jika kalian belum memilikinya, kalian bisa langsung download secara gratis disini. Download Mysql.Data.dll

3. Buat Form Login Kalian

Langkah berikutnya adalah membuat form login dahulu. Kalian bisa membuat design dan tampilan sesuai dengan kreativitas kalian masing-masing. Berikut adalah contoh tampilan form login yang telah saya buat:

Contoh Form Login

Contoh Form Login

4. Koding Untuk Login

Langkah terakhir adalah tinggal membuat koding untuk login. Koding ini menghubungkan antara data yang ada pada database MySQL kita dengan data yang diinput oleh user. Jika data username dan password sesuai dengan data yang ada pada database, maka login dapat berhasil. Berikut adalah contoh koding yang dapat kalian gunakan untuk membuat perintah login ini:

Imports MySql.Data.MySqlClient

Public Class Form1
Dim Connection As New MySqlConnection("datasource=localhost;port=3306;username=root;password=;database=tugasnet")
'databases= ... (sesuaikan dengan database kalian)
Private Sub btnLogin_Click(sender As System.Object, e As System.EventArgs) Handles btnLogin.Click

        Dim command As New MySqlCommand("SELECT * FROM admin WHERE `Username` = '" & _
                                        txtUsername.Text & "' AND `Password` = '" & _
                                        txtPassword.Text & "' ", Connection)

        Dim adapter As New MySqlDataAdapter(command)
        Dim table As New DataTable()

        adapter.Fill(table)

        If table.Rows.Count = 0 Then
            MsgBox("Salah Username atau Password!!")
        Else
            MsgBox("Login Sukses!!")
            Connection.Close()
            Dim menu As New FormMenu()
            menu.Show()
            Me.Hide()

        End If


    End Sub

Oke teman-teman, itu adalah artikel tutorial kita hari ini mengenai Cara Mudah Membuat Login Pada Visual Basic (Database). Mudah bukan teman-teman? Jangan lupa untuk mengikuti setiap langkah-langkah pembuatannya ya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu kalian semua. Sekian dari saya, salam IT ^_^

What's your reaction?
Luar Biasa
25%
Suka Sekali
50%
Keren
25%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
1 Comments

Leave a Response