Now Reading
FaceApp Berbahaya? FBI Selidiki aplikasi FaceApp
Sangat Bernilai
2
Aplikasi FaceApp dikembangkan oleh Negara Rusia

FaceApp Berbahaya? FBI Selidiki aplikasi FaceApp – Halo sobat Bierpinter sekalian. Apakah kalian akhir-akhir ini sering melihat wajah seseorang yang diedit menjadi tua? Itu adalah effect dari aplikasi FaceApp. Namun banyak yang tidak tau, bahwa FaceApp dikabarkan dapat membocorkan data pengguna lohh. Bener ngga sih? Berikut adalah artikel mengenai FaceApp Berbahaya? FBI Selidiki aplikasi FaceApp. Kekhawatiran dari aplikasi FaceApp ini berasal dari negara Amerika Serikat yang penasaran dengan privasi data pengguna yang ada di aplikasi FaceApp tersebut. Penasaran bukan? So, terusin baca artikel yang satu ini ya teman-teman 😀

FaceApp Berbahaya? FBI Selidiki aplikasi FaceApp

FaceApp Berbahaya? FBI Selidiki aplikasi FaceApp

Beberapa hari yang lalu, warganet di seluruh dunia banyak mengunggah foto wajahnya yang terlihat jauh lebih tua dari sebenarnya. Tentu saja, foto yang diunggah tersebut bukanlah asli. Melainkan efek dari aplikasi FaceApp yang sedang viral lewat tantangan #AgeChallenge.

Banyaknya pengguna FaceApp rupanya membuat pemerintah Amerika Serikat berfikir mengenai soal privasi data pengguna yang ada di aplikasi FaceApp. Senator Amerika Serikat, Chuck Schumer meminta Biro Investigasi Federal atau FBI dan Komisi Perdagangan Amerika Serikat yaitu FTC untuk menyelidiki aplikasi tersebut.

FaceApps Berasal Dari Negara Rusia

FaceApps Berasal Dari Negara Rusia

Kekhawatiran Schumer tersebut didasarkan pada negara asal aplikasi FaceApp ini. FaceApp dikembangkan oleh perusahaan asal Rusia bernama Wireless Lab. Schumer meminta FBI untuk melihat apakah data pribadi yang diunggah oleh jutaan orang ke aplikasi FaceApp akan berpindah tangan ke pemerintah Rusia atau tidak.

Schumer juga menyoroti ketentuan layanan aplikasi FaceApp yang dinilai dapat mengelabui pengguna mengenai keamanan data pribadi yang dapat dikumpulkan dan diakses oleh siapa saja. Kekhawatiran ini juga diungkapkan oleh Komite Nasional Demokrat atau DNC.

Chief Security Officer, Bob Lord bahkan meminta semua pejabat DNC untuk menghapus aplikasi tersebut di ponsel nya. Bob Lord mengatakan bahwa resiko mengenai privasi ini belum jelas.

Tapi yang jelas, menghindari aplikasi ini dapat memberikan manfaat yang lebih besar dari pada resiko nya. DNC sendiri memang pernah mengalami pengalaman buruk berkaitan dengan pemerintah Rusia.Pada tahun 2015 dan 2016, jaringan komputer DNC pernah dibobol hacker. Beberapa ahli keamanan Cyber dan pemerintah Amerika Serikat menuding pemerintah Rusia adalah dalangnya.

Tanggapan Team Aplikasi FaceApp

Tanggapan Team Aplikasi FaceApp

Aplikasi FaceApp sendiri telah mengetahui adanya kekhawatiran tersebut dan mereka mengatakan bahwa data pengguna tidak akan dikirimkan ke pemerintah Rusia. Menurut team FaceApp, meskipun tim riset dan pengembangan inti berada di Rusia, data pengguna tidak akan ditransfer ke sana. Kebanyakan gambar akan dihapus dari server kami dalam waktu 48 jam setelah diunggah.

Aplikasi FaceApp juga tidak akan menjual atau memberikan data pengguna kepada pihak ketiga. Aplikasi FaceApp ini menggunakan server AWS dan Google Cloud untuk penyimpanan data. Popularitas aplikasi ini melesat besar karena adanya tantangan #AgeChallenge. Sejak tanggal 10 Juli 2019, aplikasi ini telah berhasil diunduh sebanyak 13 juta kali.

Nah, itulah artikel kita hari ini yang membahas mengenai FaceApp Berbahaya? FBI Selidiki aplikasi FaceApp. Bagaimana? Apakah kalian percaya bahwa aplikasi FaceApp itu berbahaya?. Tuliskan jawaban kalian pada kolom komentar yah 😀

What's your reaction?
Luar Biasa
50%
Suka Sekali
25%
Keren
25%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
2 Comments
  • 21 Juli 2019 at 3:24 PM

    Terima kasih, jangan lupa untuk melihat video penjelasannya pada bagian atas artikel ya 😀

  • albertus
    22 Juli 2019 at 11:15 PM

    karena aplikasi bukan buatan amerika sih jadi amerika suka suudzon sama rusia, coba kalo buatan dia sendiri mungkin gak ada berita yang booming seperti ini hehe

Leave a Response