Pemrograman
Now Reading
Belajar Stroking dan Fill di dalam Netbeans
Inovasi Baru
0

Belajar Stroking dan Fill di dalam Netbeans – Halo sobat Bierpinter. Apakah kalian mengenal apa itu Stroking dan Fill? Ternyata di dalam aplikasi Netbeans kita juga bisa menerapkan Stroking dan Fill lohh. Nah, pada artikel saat ini saya akan membahas mengenai Stroking dan Fill di dalam Netbeans. Pembelajaran ini merupakan salah satu materi di dalam Grafika Komputer, yaitu Stroking & Fill. Penasaran kan teman-teman bagaimana kita menerapkan Stroking & Fill di dalam Netbeans ini? Terusin baca artikelnya ya teman-teman ūüėÄ

Belajar Stroking dan Fill di dalam Netbeans

Apa sih stroking itu? Proses Stroking adalah suatu proses penggambaran outline pada suatu objek geometri sesuai dengan attribut-attribut seperti : ukuran ketebalan garis, style garis, dan warna garis. Pada objek Graphics2D, proses stroking dilakukan dengan melalui method draw(). Attribute stroke dapat kalian ganti dengan memanggil method setStroke(Stroke s).

Class BasicStroke

Method setStroke() menerima parameter input berupa objek yang mengimplementasikan interface Stroke, salah satunya adalah class BasicStroke. Kelas ini memiliki berbagai atribut:

  • ¬≠width : ketebalan garis
  • ¬≠end caps : dekorasi pada ujung garis
  • ¬≠line joins : dekorasi pada sudut
  • ¬≠miter limit : ukuran batas kapan sudut dengan JOIN_MITER harus dipotong (trim)
  • ¬≠dash attribute : bentuk garis putus-putus
Class BasicStroke

Class BasicStroke

Atribut dash didefinisikan sebagai array ukuran garis putus-putus. Misalkan garis berwarna hitam, maka:

  1. ­Elemen pertama adalah ukuran garis hitam
  2. ­Elemen kedua adalah ukuran garis transparan
  3. ­Elemen ketiga adalah ukuran garis hitam

Demikian hingga elemen terakhir, kemudian mulai lagi dari awal array. Garis berwarna dan garis transparan selalu berganti-gantian.

Class BasicStroke Dash

Dash

Konstruktor lain:

  • ¬†BasicStroke()
  • ¬†BasicStroke(float¬†width)
  • ¬†BasicStroke(float¬†width, int¬†cap, int¬†join)
  • ¬†BasicStroke(float¬†width, int¬†cap, int¬†join, float¬†miterlimit)
Untuk dapat melakukan contoh koding ini, pastikanlah kalian sudah menyelesaikan contoh atau tutorial pembelajaran dari Grafika Komputer Part 6 pada artikel sebelumnya!

Contoh Koding Stroking

Filling merupakan suatu proses mengisi objek geometri dengan warna solid, gradasi, atau tekstur. Pada objek Graphics2D, proses filling dilakukan lewat method fill(). Atribut paint dapat diganti dengan memanggil method setPaint(Paint p). Kelas-kelas yang mengimplementasikan interface Paint adalah: Color, GradientPaint, dan TexturePaint. Kelas Color sudah dibahas sebelumnya. Kelas ini digunakan untuk mendefinisikan warna solid. Kelas Graphics memiliki method setColor(c) yang berguna untuk mengganti warna pena dan isian. Method ini identik dengan setPaint(c).

Oke teman-teman, itu adalah pembahasan mengenai Belajar Stroking dan Fill di dalam Netbeans. Artikel pembelajaran ini merupakan tahap selanjutnya dari artikel pembelajaran kemarin, yaitu GrafKom Part 6 : Cara Membuat Gambar 2D GeneralPath di dalam Netbeans. Jika kalian bisa hingga tahap pembelajaran ini, kalian sudah bisa membuat gambar objek 2D kalian dengan menggunakan stroking dan fill. Untuk pertanyaan-pertanyaan yang ingin kalian tanyakan, kalian dapat tuliskan di form komentar ya. Jangan lupa juga untuk like, share, comment dan beri emotional kalian terhadap artikel ini ya guys. Sekian dari saya, salam IT ^_^

Baca juga : Cara Membuat Gambar 2D GeneralPath GrafKom Part 6

What's your reaction?
Luar Biasa
67%
Suka Sekali
33%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT

Leave a Response