Pemrograman
Now Reading
Perbedaan Array dengan ArrayList Pada Java
0

Perbedaan Array dengan ArrayList Pada Java – Halo sobat Bierpinter sekalian. Tahukah kalian perbedaan antara Array yang biasanya dengan ArrayList itu? Kedua hal ini memiliki fungsi yang sama loh, yaitu sebagai media penyimpanan data. Namun apa sih yang membuat mereka berbeda? Mau tahu? Tetap lanjutin baca artikelnya yah ^_^

Perbedaan Array dengan ArrayList

Siapa yang tak mengenal Array? Hampir seluruh programmer pasti mengetahui satu kata ini. Array merupakan media penyimpanan data dalam suatu program aplikasi. Array ini sangatlah beragam, ada Array [] (satu dimensi), ada array [][] (dua dimensi), ada array [][][] (tiga dimensi), dan adapula yang namanya ArrayList. Nah, ArrayList yang satu ini berbeda dengan Array yang biasanya (Array 1,2,3 dimensi). ArrayList pada umumnya memiliki sifat yang fleksibel dibandingkan dengan Array yang biasanya. ArrayList ini dapat menambah ukuran datanya secara dinamis atau otomatis saat program dijalankan. Data pun akan tersimpan secara sistematis atau berurutan.

Sedangkan untuk Array yang biasa, kita harus menentukan ukuran datanya terlebih dahulu sebelum menggunakannnya. Sehingga kita harus mengetahui dulu seberapa besar kapasitas data yang ingin kita gunakan. Array yang biasa ini juga dapat dimodifikasi dengan beberapa dimensi, sehingga penyimpanan datanya dapat lebih spesifik dan tersusun sesuai dengan keinginan kita.

Kapan Kita Menggunakan Array dan ArrayList?

Dalam pemakaian Array yang beragam ini, tentunya ditentukan oleh kebutuhan atas penyimpanan data sendiri. Apabila data yang ingin kalian simpan sudah ditentukan kapasitas dan ukurannya, maka gunakanlah Array yang biasa. Mengapa? Karena Array yang biasa dapat mengakses data secara langsung dengan menembak lokasi index datanya sendiri. Sehingga lebih mudah untuk mengganti, menambah, menghapus dan mengetahui data yang kita inginkan.

Sedangkan, apabila data yang ingin kalian simpan bersifat general (dapat berubah sewaktu-waktu) maka gunakanlah ArrayList. Mengapa? Karena ArrayList dapat menambah ukuran datanya secara otomatis tanpa harus menentukan ukuran datanya terlebih dahulu. Datanya pun disimpan secara berurutan sesuai dengan urutan data yang disimpan pertama kali.

So, itu adalah Perbedaan Array dengan ArrayList yah teman-teman. Sudah tahu kan kapan harusnya kita menggunakan Array dan ArrayList? Jika kalian telah membacanya pasti kalian sudah tahu. Array dan ArrayList memiliki fungsinya tersendiri, tergantung pada kebutuhan yang kita inginkan. Jadi, lihat dulu kebutuhan yang kalian butuhkan terlebih dahulu sebelum memilih Array mana yang ingin kalian gunakan yang teman-teman. Sekian dari saya… Salam IT ^_^

Baca juga : Cara Membuat Method Setter dan Getter Pada Netbeans

What's your reaction?
Luar Biasa
100%
Suka Sekali
0%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT

Leave a Response