Now Reading
Cara Mengaktifkan Tabel HR pada SQL Developer
Inovasi Baru
1
Bagaimana sih Membuat Account Connection di SQL Developer (Table atau Skema HR)? Berikut adalah Cara Mengaktifkan Tabel HR pada SQL Developer.

Cara Mengaktifkan Tabel HR pada SQL Developer – Halo sobat Bierpinter sekalian. Apakah tabel HR kalian di dalam SQL Developer belum aktif? Tidak tau bagaimana caranya?. Jangan khawatir teman-teman, karena pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Cara Mengaktifkan Tabel HR pada SQL Developer. SQL Developer merupakan salah satu aplikasi pengolah database yang dapat kalian gunakan. Layaknya Mysql, phpMyAdmin, Sql Developer juga menggunakan bahasa Query untuk mengeksekusi data di dalam database. SQL Developer juga telah menyediakan beberapa data yang dapat kalian gunakan sebagai latihan (Skema HR). Penasaran bukan? So, terusin baca artikel yang satu ini ya teman-teman 😀

Cara Mengaktifkan Tabel HR pada SQL Developer

Untuk mengaktifkan tabel HR atau Skema HR pada SQL Developer, kalian bisa langsung membuka Run SQL Command Line di dalam komputer kalian. Run SQL Command Line ini akan ada di dalam komputer kalian, jika telah selesai install Oracle Database Express Edition. Berikut adalah tampilan Run SQL Command Line jika sudah ada di komputer kalian:

Run SQL Command Line

Tampilan Run SQL Command Line

Membuka Account Baru (Unlock Account)

Cara Mengaktifkan Tabel HR pada SQL Developer

Cara Mengaktifkan Tabel HR pada SQL Developer

Jika kalian sudah bisa membuka Run SQL Command Line di komputer kalian, langkah selanjutnya tinggal membuat account baru (Unlock Account). Caranya mudah, kalian tinggal menuliskan beberapa perintah ini di dalam Run SQL Command Line kalian.

Pertama : Lakukanlah koneksi dahulu, dengan memasukkan username dan password pada saat kalian menginstall Oracle Database Express Edition. Kalian bisa langsung tuliskan :

SQL> Connect
Enter user-name : (diisi)
Enter password : (diisi)

Selanjutnya, kalian tinggal membuka account baru kalian, dengan cara memasukkan perintah ini ke dalam Run SQL Command Line kalian:

alter user ...(a)... identified by ..(b).. account unlock;

Catatan : (a) diisi dengan username kalian, dan (b) diisi dengan password kalian. Untuk lebih jelas, kalian bisa langsung lihat pada gambar diatas.

Membuat Koneksi Baru di SQL Developer

 

Langkah terakhir, untuk mencoba account baru tersebut. Kalian bisa langsung buka SQL Developer kalian. Kemudian kalian bisa pilih File-New Connection. Selanjutnya kalian bisa mengisi username dan password yang tadi kalian buat di Run SQL Command Line sebelumnya. Untuk Connection Name, dapat kalian buat bebas.

Oke teman-teman, itu adalah Cara Mengaktifkan Tabel HR pada SQL Developer. Jika kalian telah berhasil mengaktifkan account ini dan membuat New Connection-nya. Kalian bisa langsung mencobanya dengan “Select * from Employees;”. Banyak sekali tabel HR yang dapat kalian akses juga, seperti employees, departments, countries, dan lain sebagainya. So, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua ya. Sekian dari saya, salam IT ^_^

What's your reaction?
Luar Biasa
50%
Suka Sekali
50%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
1 Comments
  • 4 Agustus 2018 at 7:15 PM

    Tabel HR merupakan fitur di dalam SQL Developer yang menyediakan beberapa table, seperti employees, departments, countries, dll sebagai bentuk pembelajaran untuk para DBA (Database Administrator) junior.

Leave a Response