Nested IF Dan Atribut And Dalam CSharp

Setiap jenis bahasa pemrograman pasti cara penyajiannya berbeda, meskipun tidak banyak tapi jelas ada perbedaan. Begitu juga pada bahasa C# atau yang dikenal CSharp. Banyak pemula yang baru belajar bahasa pemrograman CSharp menggunakan atribut AND dalam membuat statement yang kedua-duanya harus benar. Jelas, cara ini salah. Untuk menjalankan fungsi AND, bahasa pemrograman ini memiliki cara penyajiannya yang berbeda. CSharp menggunakan fungsi AND dengan atribut && (simbol and berganda). Inilah cara penyajian Nested IF dan atribut AND dalam CSharp.

Cara Penyajian IF Bersarang Dan Atribut AND Dalam CSharp

Ada 2 penyajian yang akan dijelaskan pada materi kali ini. Nested IF (IF Bersarang) dan atribut AND kegunaannya hampir sama. Cuma ada sedikit kondisi yang berbeda diantara mereka. Dalam penggunaan Nested IF, biasanya hal ini digunakan untuk memberikan 2 syarat atau lebih dimana salah satu kondisi harus terpenuhi. Sementara atribut AND digunakan untuk memberikan 2 syarat atau lebih dimana semua kondisi harus terpenuhi. Hampir serupa, tapi jika diperhatikan ada perbedaan yang jelas. Disini Bier Pinter akan memberikan contoh kasus yang akan digunakan dalam pembelajaran fungsi Nested IF. Melalui contoh kasus ini, kita dapat mengimplementasikan fungsi tersebut.

Pelajari: Kegunaan Lain Dari Fungsi IF Else di Visual CSharp

Contoh kasus Nested IF Dan Atribut AND:

Perusahaan Bier Pinter. Inc memiliki jumlah karyawan sebanyak 30 orang. Dan tiap-tiap karyawan berbeda jumlah gajinya. Gaji terbesar ditentukan dari jabatan dan lama karyawan tersebut berada di perusahaan. Perusahaan Bier Pinter memberikan kemudahaan bagi karyawan. Setiap karyawan dapat meminjam uang di perusahaan. Tapi perusahaan memberikan 2 jenis syarat, yaitu:

Nested IF

  1. Jumlah gaji perbulan minimal Rp. 7.500.000,00
  2. Minimal sudah bekerja selama 3 tahun.
  3. Karyawan diatas 15 tahun bekerja diberikan kemudahan untuk pinjaman, sekalipun gaji tidak memenuhi syarat.

Atribut AND

  1. Jumlah gaji perbulan minimal Rp. 7.500.000,00
  2. Minimal sudah bekerja selama 3 tahun.
  3. Karyawan diatas 15 tahun bekerja tidak boleh diberikan pinjam dikarenakan faktor usia.
  4. Minimal umur karyawan 20 tahun sampai dengan 35 tahun.

Bagaimana caranya perusahaan dapat mengvalidasi dengan cepat menggunakan bantuan aplikasi ?

Form Nested IF dan &&
Gambar 1.1 – Form Nested IF dan &&

Tampilan gambar 1.1 merupakan hasil dari aplikasi yang telah dibuat. Pada contoh form ini, kamu dapat gunakan 2 metod NESTED IF dan AND. Pada gambar ini, terlihat ada 4 label, 3 textbox dan 1 button. Disini aku menggunakan aplikasi Microsoft Visual Studio 2017.

Pada bagian gaji pokok aku menggunakan atribut double dan pada bagian lama tahun kerja aku menggunakan atribut int64. Kenapa harus menggunakan int64 ? Karena pada tahun kerja, hasil nilai tidak memiliki koma. Jadi bisa dibilang, untuk bilangan bulat. Nah, dibawah ini aku akan memberikan hasil kodingan dalam menggunakan fungsi Nested IF.

 

NESTED IF (IF Bersarang)

Atribut AND (&&)

Demikianlah perbedaan antara Nested IF  dan Atribut AND dalam CSharp. Semoga artikel ini dapat membantu kamu ya dan jika ini bermanfaat dan berguna bagi setiap teman-teman kamu. Jangan lupa di like dan subscribe. 🙂