Biologi
Now Reading
3 Cara Reproduksi Bakteri Secara Paraseksual
Sangat Bernilai
1
Bagaimana sih Cara Bakteri Bereproduksi? Dan apa saja faktor yang mempengaruhi pertumbuhan bakteri? Ini adalah 3 Cara Reproduksi Bakteri Secara Paraseksual

3 Cara Reproduksi Bakteri Secara Paraseksual – Halo teman-teman Bierpinter sekalian. Siapa yang tidak mengenal bakteri? Namun, apakah kalian tahu bagaimana cara bakteri bereproduksi?. Nah, pada artikel biologi kali ini saya akan membahas mengenai 3 Cara Reproduksi Bakteri Secara Paraseksual. Pada umumnya, bakteri dapat bereproduksi dengan 3 cara secara paraseksual. Yaitu melalui cara Transformasi, konjugasi, dan juga transduksi. Apa sih ketiga hal tersebut? Penasaran? So, terusin baca artikel biologi yang satu ini ya teman-teman 😀

3 Cara Reproduksi Bakteri Secara Paraseksual

Pembelahan Biner

Pembelahan Biner

Sebenarnya, kebanyakan bakteri berkembang biak secara aseksual, yaitu dengan cara pembelahan biner. Pembelahan biner adalah pembelahan satu sel menjadi dua sel anakan. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa melihat pada gambar di atas. Kemudian, cara reproduksi seksual bakteri sering disebut dengan paraseksual. Reproduksi paraseksual berlangsung dengan tiga cara, yaitu transformasi, konjugasi, dan transduksi.

1. Transformasi

Transformasi adalah tahapan dimana terjadinya perpindahan sedikit materi genetik yang berupa DNA dari sel bakteri. Perpindahan materi genetik ini pindah dari satu bakteri ke bakteri sejenis lainnya dengan proses fisiologis yang sangat kompleks.

2. Konjugasi

Bagaimana sih Cara Bakteri Bereproduksi? Dan apa saja faktor yang mempengaruhi pertumbuhan bakteri? Ini adalah 3 Cara Reproduksi Bakteri Secara Paraseksual

Konjugasi Bakteri

Konjugasi merupakan bergandengnya dua bakteri, yaitu bakteri positif (+) dan negatif (-). Dimana bakteri ini akan membentuk jembatan untuk pemindahan materi genetik. Untuk lebih jelasnya, dapat kalian lihat pada gambar di samping.

3. Transduksi

Tahapan terakhir adalah transduksi. Transduksi adalah proses pemindahan materi genetik dengan melalu perantara virus.

Jika dalam kondisi yang kurang menguntungkan, beberapa jenis bakteri akan mati pada saat melakukan proses reproduksi. Tetapi, ada beberapa jenis bakteri yang mamp bertahan hidup, yaitu dengan membuat jalan dinding kuat yang disebut dengan kista. Dalam bentuk kista, inti sel akan menjadi spora. Karena spora itu tersimpan di dalam dinding kista yang sangat kuat, maka spora itu sering disebut dengan endospora.

Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Bakteri

Pada bakteri yang hidup berkoloni atau berkelompok, pembelahan setiap selnya akan menambah jumlah anggota koloni. Penambahan jumlah koloni bakteri sering disebut dengan pertumbuhan bakteri. Pertumbuhan bakteri dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:

  • Temperatur. Suhu optimum untuk pertumbuhan bakteri, yaitu antara 27-30 derajat Celcius. Namun, demikian ada pula bakteri yang tumbuh baik pada suhu lebih rendah atau lebih tinggi dari pada suhu optimum rata-rata tersebut.
  • Kelembapan. Bakteri dapat tumbuh dengan sangat baik pada lingkungan yang lembab. Berdasarkan hal itu, untuk mencegah kerusakan bahan makanan karena aktivitas bakteri, bahan makanan tersebut sering dikeringkan.
  • Sinar Matahari. Sinar matahari, khususnya sinar ultraviolet dapat mematikan bakteri dan juga mampu merusak struktur kromosom bakteri. Dengan demikian, sinar matahari dapat menghambat pertumbuhan dari bakteri.
  • Zat Kimia. Beberapa jenis zat kimia, seperti antibiotik dan zat-zat kimia lainnya. Dapat mematikan atau merusak dinding sel bakteri, sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri.
  • Ketersediaan cadangan makanan dan zat sisa metabolisme. Makin berkurangnya cadangan makanan pada medium dan timbulnya zat sisa metabolisme. Bakteri akan mengganggu kehidupan bakteri itu sendiri sehingga pertumbuhan koloni bakteri akan terhambat.

Oke teman-teman. Itu adalah artikel biologi kita kali ini yang membahas mengenai 3 Cara Reproduksi Bakteri Secara Paraseksual. Sekarang kalian jadi tahu kan, bagaimana sebenarnya proses reproduksi dan faktor pertumbuhan dari bakteri itu?. Ingat ya, tidak semua bakteri itu merugikan bagi manusia. Jadi kalian bisa manfaatkan faktor-faktor diatas untuk melindungi diri kalian dari bakteri, ataupun memanfaatkan pertumbuhan bakteri. So, sekian dari saya, salam IT ^_^

What's your reaction?
Luar Biasa
100%
Suka Sekali
0%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
1 Comments

Leave a Response