Pengetahuan
Now Reading
5 Karakteristik Utama di Dalam Cloud Computing
0

5 Karakteristik Utama Cloud Computing – Halo sobat sekalian. Tahu kah kalian bahwa di dalam sebuah Cloud Computing terdapat beberapa Karakteristik Utama yang wajib kita ketahui? Apa saja sih Karakteristik Utama tersebut? Oke teman-teman, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai 5 Karakteristik Utama di dalam Cloud Computing. Mulai dari karateristiknya, contohnya, hingga pada implementasi dari karakter-karakter tersebut.

5 Karakteristik Utama Cloud Computing

5 Karakteristik Utama Cloud Computing

Sampai saat ini, paradigma atas cloud computing masih sangat berevolusi (berkembang). Menurut NIST (National Institute of Standars and Technology) ada 5 kriteria yang harus dipenuhi oleh sebuah sistem untuk bisa dimasukkan kedalam teknologi cloud computing. 5 kriteria tersebut meliputi :

1. On Demand Self Service

Apasih On Demand Self Service itu? On Demand Self Service mengartikan bahwa pengguna dapat memesan dan mengelola layanan dari cloud computing tanpa harus berinteraksi secara langsung dengan manusia (penyedia layanan). Pengadaan dan perlengkapan layanan serta sumber daya yang terkait terjadi secara otomatis pada penyedia. Misalnya, dengan menggunakan sebuah portal web dan manajemen antarmuka.

2. Broad Network Access

Broad Network Access merupakan salah satu karakteristik dari cloud computing yang menyediakan sebuah layanan yang terhubung melalui jaringan pita lebar untuk dapat diakses secara memadai melalui jaringan internet, baik menggunakan thin client, thick client ataupun media lain seperti smartphone.

3. Resources Pooling

Apa sih Resources Pooling itu? Resource Pooling itu mengartikan bahwa sebuah cloud computing (resource) tersebut dapat memungkinkan sejumlah sumber daya komputasi dapat digunakan secara bersama-sama. Dapat memenuhi kebutuhan dan bersifat dinamis (multi-tenant). Contohnya, penyedia layanan cloud memberikan layanan melalui sumber daya yang dikelompokkan di satu atau berbagai lokasi data center yang terdiri dari sejumlah server dengan mekanisme multi-tenant. Mekanisme multi-tenant ini memungkinkan sejumlah sumber daya tersebut dapat digunakan secara bersama-sama oleh sejumlah user. Dimana sumber daya tersebut baik yang berbentuk fisik maupun virtual dapat dialokasikan secara dinamis untuk kebutuhan pengguna/pelanggan sesuai permintaan.

Sumber daya komputasi dari penyedia cloud harus memenuhi banyak pelanggan dan bersifat dinamis, tergantung pada kebutuhan pelanggannya.

4. Rapid Elasticity

Rapid Elasticity adalah suatu karateristik cloud computing yang memungkinkan suatu kapasitas dapat secara mudah (elastis) diubah. Baik itu dalam pengurangan kapasitas maupun penambahan kapasitas dari cloud computing itu sendiri. Kapasitas komputasi yang disediakan dapat secara elastis dan cepat disediakan, baik itu dalam bentuk penambahan atauapun pengurangan kapasitas yang diperlukan. Untuk pelanggan sendiri, dengan kemampuan ini seolah-olah kapasitas mereka yang tersedia tidak terbatas besarnya. Dan kapasitas tersebut pun dapat “dibeli” kapan saja dengan jumlah yang mereka inginkan.

5. Measured Services

Apa sih Measured Services itu? Measured Service merupakan sebuah layanan yang dapat mengoptimalkan penggunaan dari sumber daya mereka. Sumber daya cloud yang tersedia harus dapat diatur dan dioptimasi oleh penggunanya. Sumber daya komputasi yang digunakan meliputi, penyimpanan (storage), memory, processor, lebar pita, aktivasi user, dan lain sebagainya. Sistem cloud haruslah menyediakan layanan yang dapat memonitor dan mengoptimalkan resourcenya terhadap layanan yang mereka pakai. Seperti, tempat penyimpanan, pemrosesan, bandwidth, dan akun pengguna yang aktif.

 

Oke, itu adalah 5 Karakteristik Utama di dalam Cloud Computing yang wajib kalian ketahui. Pada tiap-tiap karakteristik tersebut memiliki syarat-syarat khusus yang menentukan suatu sistem itu disebut sebagai cloud computing atau tidak. Kalian pun dapat membedakan apakah sistem tersebut termasuk cloud computing atau tidak berdasarkan 5 karateristik utama ini. Sekian dari saya… Salam IT ^_^

Baca juga : Apa itu Virtualisasi ? (Pengertian, Bentuk, dan Jenis)

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
0%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT

Leave a Response