Pengetahuan
Now Reading
6 Cara Meramalkan Bentuk Molekul Kimia
Inovasi Baru
1
Bagaimana cara menentukan bentuk molekul pada kimia? Apa saja bentuk molekul itu? Berikut adalah 6 Cara Meramalkan Bentuk Molekul Kimia.

6 Cara Meramalkan Bentuk Molekul Kimia – Halo sobat Bierpinter sekalian. Ternyata kita bisa lohhh meramalkan bentuk-bentuk molekul yang ada pada kimia. Mulai dari bentuknya seperti bengkok, segitiga piramida, tetrahedron terdistrosi, bentuk T, linear, piramida segiempat, atau bahkan segiempat datar. Nah, pada artikel kita kali ini saya akan membahas mengenai 6 Cara Meramalkan Bentuk Molekul Kimia. Kita akan tau, kenapa bentuk molekul itu bisa berbentuk bengkok, segitiga piramida, linear, dan lain sebagainya. Penasaran bukan bagaimana caranya? So, lanjutin baca artikelnya ya teman-teman 😀

6 Cara Meramalkan Bentuk Molekul Kimia

6 Cara Meramalkan Bentuk Molekul Kimia

Untuk meramalkan bentuk molekul, langkah pertama yang kita harus ketahui terlebih dahulu adalah mengetahui jumlah pasangan elektronnya. Jumlah pasangan-pasangan elektron yang berada di sekitar atom pusat. Sedangkan untuk menentukan jumlah pasangan elektron, dapat dilakukan dengan menggambar rumus titik elektronnya.

Cara yang lebih praktis adalah menghitung semua elektron valensi dari atom pusat dan elektron-elektron yang digunakan untuk membentuk ikatan dari atom-atom yang mengelilinginya. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat digunakan untuk meramalkan bentuk molekul tersebut:

Langkah-Langkah:

  1. Buatlah rumus titik elektron dari senyawa yang akan diramalkan bentuk molekulnya.
  2. Tentukanlah:
    • jumlah elektron valensi atom pusat. Atom pusat yang dikelilingi oleh dua atau lebih atom lain.
    • jumlah elektron yang berasal dari atom-atom di sekitar atom pusat yang membentuk ikatan.
  3. Jumlahkan elektron dari langkah 2(a) dan 2(b) tersebut.
  4. Jumlah pasangan elektron disekitar atom pusat menentukan bentuk dasar atau pola bentuk molekul tersebut.
  5. Pasangan elektron terikat menentukan bentuk sesungguhnya dari molekul tersebut.
  6. Pasangan elektron bebas mempunyai gaya tolak-menolak lebih kuat, maka akan mengambil sudut yang besar.

Dengan adanya pasangan elektron bebas, dapat menyebabkan adanya perubahan bentuk molekul dari bentuk dasar dan sudut ikatannya. Oke teman-teman, itu adalah artikel pengetahuan kita hari ini mengenai 6 Cara Meramalkan Bentuk Molekul Kimia. Bentuk-bentuk molekul pada kimia itu berbeda-beda, mulai dari bentuknya seperti bengkok, segitiga piramida, tetrahedron terdistrosi, bentuk T, linear, piramida segiempat, atau bahkan segiempat datar. Sekian dari saya, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua ya ^^

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
100%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
1 Comments

Leave a Response