Biologi
Now Reading
6 Peran Bakteri Yang Menguntungkan Bagi Manusia
Sangat Bernilai
1
Pernahkah kalian makan Nata de coco dan keju? Itu karena bantuan bakteri loh teman-teman. 6 Peran Bakteri Yang Menguntungkan Bagi Manusia.

6 Peran Bakteri Yang Menguntungkan Bagi Manusia – Halo teman-teman Bierpinter sekalian. Jika pada artikel biologi sebelumnya kita telah banyak bahas mengenai Ciri dan Karakteristik dari Bakteri. Tapi tahukah kalian, bahwa ada beberapa peran bakteri yang memberikan keuntungan lohh bagi manusia?. Nah, pada artikel biologi kali ini saya akan membahas mengenai 6 Peran Bakteri Yang Menguntungkan Bagi Manusia. Artikel ini akan memberikan contoh keuntungan dari peran bakteri tersebut, dan juga jenis-jenis bakteri yang dapat bermanfaat bagi manusia itu. Penasaran bukan? So, terusin baca artikel biologi yang satu ini ya teman-teman 😀

6 Peran Bakteri Yang Menguntungkan Bagi Manusia

6 Peran Bakteri Yang Menguntungkan Bagi Manusia

Nata de Coco

Pernahkah kalian makan atau mengkonsumsi nata de coco dan keju?. Kedua makanan ini merupakan contoh produk makanan yang dibuat dengan bantuan mikroorganisme lohh, yaitu bakteriNata de coco dibuat dengan bantuan Acetobacter xylinum, sedangkan keju dapat dibuat dengan bantuan bakteri Lactobacillus bulgaricus. Berikut adalah beberapa contoh peranan bakteri yang menguntungkan bagi manusia.

1. Bakteri Untuk Kesuburan Tanah

Dalam penyuburan tanah, peran bakteri dapat membantu dalam pembusukan daur biogeokimia dan daur nitrogen. Jika tidak ada bakteri dan organisme pengurai lainnya, kemungkinana besar permukaan bumi akan penuh dengan sampah dan bakai sisa organisme. Sampah-sampah dan bakai tersebut diuraikan oleh bakteri menjadi humus yang kaya unsur-unsur hara sehingga membantu mengembalikan kesuburan tanah.

Pada umumnya, humus mempunyai sifat kimia dan fisika yang sangat penting. Misalnya dapat menahan air. Disamping itu senyawa anorganik hasil penguraian seperti: CO2 amoniak, garam-garam mineral, dan air akan dipergunakan kembali oleh tumbuhan. Dalam daur nitrogen melibatkan beberapa jenis bakteri, yaitu:

  • Bakteri pengikat zat N2 yang hidup bebas antar lain adalah : Azotobacter, Rhodospirillum rubrum, dan Clostridium pasteurianum.
  • Bakteri pengikat zat N2 yang hidup bersimbiosis dengan tumbuhan, antara lain adalah: Rhizobium leguminosarum yang hidup pada bintil akar tanaman Leguminoceae.

2. Bakteri Dalam Pengolahan Makanan

Dalam industri pemrosesan susu banyak sekali digunakan jasa bakteri. Bakteri Lactobacillus bulgaricus dapat digunakan untuk membuat yoghurt. Bakteri ini menyekresikan zat yang memberikan aroma sedap pada susu. Beberapa jenis bakteri juga dapat digunakan untuk memproduksi makanan, misalnya mentega dan keju.

3. Bakteri Penghasil Asam

Beberapa jenis bakteri yang mampu menghasilkan berbagai zat asam yang diperlukan oleh manusia, yaitu:

  • Clostridium butyricum, penghasil asam butirat.
  • Propioni bacterium, penghasil asam propionat.
  • Acetobacter, penghasil asam cuka.

4. Bakteri Penghasil Antibiotik

Beberapa jenis bakteri yang mampu menghasilkan antibiotik, yaitu:

  • Bacillus brevis, penghasil antibiotik tirositrin.
  • Bacillus subtilis, penghasil antibiotik basitrasin.
  • Bacillus polymyxa, penghasil antibiotik polimiksin.

5. Bakteri Penghasil Biogas

Kemampuan bakteri untuk menguraikan zat-zat organik dapat dipergunakan untuk menguraikan sampah-sampah dan kotoran ternak yang banyak kita miliki. Dengan menggunakan bakteri tersebut, sampah dan kotoran ternak dapat diolah untuk menghasilkan biogas. Biogas dapat dipergunakan untuk bahan bakar pengganti BBM.

6. Bakteri Simbiotik

Di dalam usus besar manusia terdapat bakteri Escherichia coli yang membantu membusukkan sisa pencernaan makanan dan juga memproduksi vitamin B dan vitamin K. Bahkan pada kulit kita terdapat beberapa jenis bakteri yang melindungi kulit dan organisme patogen. Pada mamalia herbivora, di dalam saluran pencernaannya hidup bersimbiosis bakteri perombak selulosa. Pada kelinci, bakteri perombak selulosa hidup pada usus buntu, pada ruminansia seperti sapi dan biri-biri, bakteri tersebut hidup pada bagian rumen.

Oke teman-teman, itu adalah artikel biologi kita kali ini yang membahas mengenai 6 Peran Bakteri Yang Menguntungkan Bagi Manusia. Ternyata banyak sekali bakteri yang sangat menguntungkan bagi manusia ya teman-teman? Dan masih banyak lagi dari yang telah saya sebutkan di atas. So, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua ya teman-teman. Sekian dari saya, salam IT

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
100%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
1 Comments

Leave a Response