Pengetahuan
Now Reading
9 Elemen Penting dalam Bisnis Model Canvas
0

9 Elemen Penting dalam Bisnis Model Canvas – Halo sobat bierpinter. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai elemen-elemen penting di dalam BMC atau yang sering disebut dengan Bisnis Model Canvas. Apa sih Bisnis Model Canvas itu? Bisnis Model Canvas merupakan suatu konsep bisnis yang dapat kalian gunakan untuk memasarkan produk atau jasa yang kalian tawarkan. Model ini sangatlah penting, apalagi pada saat kalian menawarkan produk atau jasa kepada pelanggan kalian. Penasaran kan? So, tetep lanjutin baca artikelnya yah 😀

9 Elemen Penting dalam Bisnis Model Canvas

9 Elemen Penting dalam Bisnis Model Canvas

9 Elemen Penting dalam Bisnis Model Canvas

1. Customer Segment

Elemen pertama di dalam Bisnis Model Canvas ini adalah Customer Segment. Dimana kalian harus tau siapakah target market anda. Kalian harus memilih target market anda dengan benar, sehingga kalian dapat memaksimalkan pemasaran terhadap produk anda. Kalian juga harus mendefinisikan spesifik segment dari market anda. Mengapa? karena agar kalian dapat memahami dan menangkap kebutuhan khusus dan sifat-sifat dari target market mereka.

Hal Penting :

  1. Siapakah target market Anda?
  2. Definisikan secara spesifik Segment target market anda.

2. Value Proposition

Elemen yang kedua adalah Value Proposition. Value Proposition ini berbicara mengenai apa value atau nilai yang dapat anda berikan untuk membantu masalah dalam memenuhi keinginan atau kebutuhan dari konsumen. Nilai-nilai ini bisa berupa produk atau jasa yang anda tawarkan. Sehingga, terdapat nilai lebih dari produk yang kalian tawarkan.

Hal Penting :

  1. Value apa yang dapat kalian berikan kepada konsumen untuk memenuhi keinganan mereka?
  2. Value dapat berupa produk atau jasa

3. Channel

Channel merupakan elemen ketiga dari Bisnis Model Canvas. Channel ini menjelaskan bagaimana anda bisa mengirimkan value yang anda miliki kepada target market kalian. Channel yang baik dapat membuat produk kalian dapat tercapai oleh seluruh konsumen kalian. Tentukan juga media yang paling tepat untuk menyimpan value anda agar segmen target market anda dapat mengetahuinya.

Hal Penting :

  1. Bagaimana anda mengirim produk yang anda miliki kepada target market anda?
  2. Media apakah yang paling tepat untuk dapat menyampaikan produk anda kepada konsumen anda?

4. Revenue Stream

Revenue Stream adalah sumber pemasukan anda. Dimanakah sumber pemasukan yang akan anda terima? Besar atau kecilkah?. Ini menjadi alasan mengapa kalian meneruskan bisnis kalian. Revenue Stream ini dapat kalian cari dari keuntungan atas menjual produk anda, ataupun atas komisi yang diterima oleh konsumen kalian.

Hal Penting :

  1. Tentukan darimana sumber pemasukan anda? (Income)
  2. Apakah keuntungan kalian dari menjual produk atau komisi dari konsumen?

5. Customer Relationship

Elemen penting selanjutnya adalah Customer Relationship. Elemen ini menentukan bagaimana anda dapat membangun dan menjaga hubungan dengan pelanggan atau konsumen kalian. Hal ini penting karena untuk terus menambah lagi pelanggan yang dapat dilayani (kepercayaan konsumen).

Hal Penting :

  1. Apa yang dapat kalian lakukan untuk membangun hubungan dengan konsumen?
  2. Bagaimana cara mendapatkan kepercayaan konsumen?

6. Key Activities

Key Activities adalah aktivitas yang paling utama yang harus kalian lakukan agar bisnis kalian dapat berjalan dengan sesuai. Hal ini penting karena untuk memikirkan proses internal yang akan dilakukan sebelum produk atau jasa kita benar-benar ingin dikerjakan.

Hal Penting :

  1. Tentukan aktivitas paling utama saat kalian memulai usaha kalian
  2. Baik itu promosi, pembuatan produk, pemilihan channel, dan lain sebagainya

7. Key Resource

Elemen penting selanjutnya adalah Key Resource. Hal ini berbicara tentang apa saja sumber daya yang anda butuhkan di dalam menjalankan usaha kalian. Misalnya, jika anda mulai buka usaha online. Maka key resource yang anda butuhkan adalah Opensource server hosting name, domain sistem, koneksi internet, PC ataupun laptop.

Hal Penting :

  1. Apa sumber daya yang akan kalian gunakan saat menjalankan usaha tersebut?
  2. Persiapkan sumber daya tersebut dengan benar sebelum kalian memulainya

8. Key Partnership

Key Partnership ini sangatlah penting di dalam Bisnis Model Canvas. Dimana elemen ini berbicara tentang siapakah partner anda? Bagaimana mereka dapat membantu aktivitas bisnis anda? dan bagaimana bentuk kerjsama mereka?. Hal ini sangat penting karena untuk mempercepat proses pemasaran produk anda.

Hal Penting :

  1. Tentukan dari awal apakah bisnis anda memerlukan investor atau tidak
  2. Butuh kerjasama dengan reseller atau distributor atau tidak
  3. Butuh Endorsement atau tidak.

9. Cost Structure

Elemen yang terakhir tentunya Cost Structure. Cost Structure ini berbicara tentang berapa biaya yang harus kalian keluarkan dalam melakukan bisnis kalian itu. Tentukan lah semua biaya yang harus kalian keluarkan dalam bisnis anda. Kemudian perhitungkan dengan seksama, pengeluaran dan keuntungan yang akan kalian terima.

Hal Penting

  1. Berapa biaya yang harus anda keluarkan?
  2. Berapa keuntungan yang akan kalian terima?
  3. Apakah kalian akan mendapat income dari hal tersebut?

Nah, itu adalah 9 Elemen Penting di dalam Bisnis Model Canvas (BMC). BMC ini merupakan konsep yang paling penting dalam memulai suatu usaha atau bisnis kalian. Dengan adanya model ini, kalian dapat menjadi lebih yakin dan tahu mengenai bisnis yang akan kalian mulai sebelumnya. Sekian dari saya… Salam IT ^_^

Baca juga : 5 Alat yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Membuat Website

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
0%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
100%
About The Author
GreenIT

Leave a Response