Pengetahuan
Now Reading
Algoritma Penggantian Page Least Recently Used (LRU)
0

Algoritma Penggantian Page Least Recently Used (LRU) – Halo teman-teman sekalian. Pada artikel kali ini saya akan melanjutkannya mengenai algoritma dalam sebuah Paging. Berbeda dengan algoritma yang lainnya, Algoritma Penggantian Page LRU ini memiliki dasar mekanisme penggantian page berdasarkan pada data yang paling lama digunakan. Sehingga penggantian pagenya pun relative sesuai dan mudah untuk diaplikasikan. Algoritma Penggantian Page Least Recently Used pun memiliki satu lagi variasi pengerjaannya, yaitu Algoritma Stack.

Algoritma Penggantian Page LRU

Tahu kah kalian, bahwa Algoritma Penggantian Page LRU ini sebenarnya sangatlah mahal jika dilakukan atau diaplikasikan. Mengapa? karena sistem penggantian page ini memerlukan waktu yang relative sangat lama. Sehingga dalam penggerjaan program aplikasi ini membutuhkan biaya yang relative mahal. Dasar mekanisme Algoritma LRU ini adalah ketika terjadinya page fault, maka kita harus memindahkan page yang tidak digunakan paling lama.

Contoh :
String pengacuan yang dilakukan pada saat mengeksekusi program adalah : (3 Page)
2 3 2 1 5 2 4 5 3 2 5 2

Solusi

Fault yang terjadi sebanyak 7 Fault

[huge_it_videogallery id=”39″]

Ada salah satu bagian dari Algoritma Penggantian Page LRU, nama algoritma tersebut adalah Algoritma Stack. Dimana Algoritma Stack ini menggunakan ruang virtual address 8 page dengan memori fisik 8 page. Cara pengerjaan Algoritma Stack sangatlah berbeda dengan Algortima LRU yang sebelumnya. Namun, Algoritma Stack ini merupakan bagian dari Algoritma Penggantian Page Least Recently Used (LRU). Untuk contoh mekanisme penggantian page LRU, kalian dapat melihat video tutorialnya di channel youtube kami BierPinter. Kalian juga dapat lebih mengenal apa itu Algoritma Stack pada artikel selanjutnya.

Oke teman-teman, itu merupakan salah satu jenis Algoritma Penggantian Page pada Pagging. Algoritma Penggantian Page Least Recently Used (LRU) ini merupakan salah satu mekanisme penggantian page yang cukup mudah dan efisien. Dimana mekanisme dalam algoritma ini relative konstan atau konsisten dalam pemilihan page yang akan digantikannya. Sekian dari saya… Salam IT ^_^

Baca juga : Algoritma Penggantian Page FIFO

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
0%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT

Leave a Response