Pengetahuan
Now Reading
Apa itu 3G? Pengertian dari Jaringan 3G
Inovasi Baru
0

Apa itu 3G? Pengertian dari Jaringan 3G – Halo sobat Bierpinter. Kalian pasti pernah kan mendengar istilah dari 3G? Namun apakah kalian tahu apa definisi dari jaringan 3G itu?. Nah, pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai Apa itu 3G? Pengertian dari Jaringan 3G menurut Bierpinter. Jaringan 3G sebenarnya merupakan salah satu evolusi teknologi informasi pada Generasi Ketiga, yaitu dimulai pada tahun 2000. Jaringan 3G ini merupakan hasil perkembangan teknologi dari Generasi Kedua, yaitu 2G atau yang sering disebut dengan GPRS. Sehingga jaringan 3G ini sangatlah memiliki banyak keunggulan dan manfaat dibandingkan dengan jaringan 2G. Nah, penasaran kan apa saja keunggulan dan manfaat dari jaringan 3G itu? Terusin baca artikelnya ya sobat 😀

Apa itu 3G? Pengertian dari Jaringan 3G

Jaringan 3G

Jaringan 3G

Jaringan 3G merupakan evolusi dari teknologi GPRS atau 2G yang mampu menyediakan high speed data service, sebesar 384 kbps hingga sampai 2Mbps. Dengan adanya teknologi 3G ini, maka service telepon, video, internet, TV multi media dan lain sebagainya dapat dinikmati dengan sangat mudah dan cepat. Kita pun dapat mengakses banyak sekali situs-situs yang berada di internet jika kita telah memiliki jaringan 3G ini.

Berikut adalah beberapa keunggulan dari Jaringan 3G :

  • Perkembangan teknologi high speed data service pada teknologi jaringan 3G sangatlah menguntungkan baik untuk kebutuhan dunia bisnis, pemerintahan, pendidikan, maupun kebutuhan perorangan. Mengapa? Karena semakin baru teknologi akan informasi ini maka data yang akan dikirimkan akan menjadi lebih singkat atau cepat.
  • Jenis data yang dapat dikirimkan dengan koneksi jaringan 3G ini sangatlah beragam dibandingan pada koneksi jaringan 2G atau GPRS. Tidak hanya huruf dan angka saja yang dapat dikirimkan datanya, tetapi juga gambar diam, gambar bergerak, dan suara juga dapat dikirimkan melalui koneksi jaringan 3G ini.

Berikut adalah beberapa kekurangan dari Jaringan 3G :

  • Namun, pada tahun 2000 jaringan 3G ini tidak dapat tersebar dengan sangat luas. Teknologi dari jaringan 3G ini sangat membutuhkan investasi yang tidaklah sedikit untuk membangun jaringan 3G di berbagai tempat, khususnya di negara Indonesia.
  • Jaringan 3G ini masih perlu diperhatikan aspek-aspek keamanan dan aspek etika di dalam penggunaan teknologi yang baru ini. Terutama aspek privasi terhadap suatu perusahaan baik itu pemerintahan ataupun dinas pendidikan.
Pemberitahuan : Jangan lupa untuk pilih Emotional kalian di bawah ya 😀

Oke teman-teman, itu lah pembahasan mengenai Pengertian dari Jaringan 3G. Pada artikel ini juga kita akan memahami bagaimana asal terbentuknya jaringan 3G ini, serta dengan keunggulan dan kekurangan dari teknologi Jaringan 3G. Sekarang kalian paham dan mengertikan teknologi dari Jaringan 3G ini? So, jika artikel ini memang bermanfaat buat kalian semua. Jangan lupa untuk like, share, comment dan berikan jenis Emotional kalian terhadap artikel ini ya. Sekian dari saya, salam IT ^_^

Baca juga : Pengertian Jaringan 5G di Dunia (New Technology)

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
75%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
25%
About The Author
GreenIT

Leave a Response