Pengetahuan
Now Reading
Apa Itu Campuran Homogen & Heterogen Beserta Contohnya
Sangat Bernilai
1
Apa sih Campuran di dalam ilmu Kimia itu? Berikut adalah artikel yang membahas Apa Itu Campuran Homogen & Heterogen Beserta Contohnya.

Apa Itu Campuran Homogen & Heterogen Beserta Contohnya – Halo sobat Bierpinter sekalian. Apakah saat ini kalian sedang belajar ilmu kimia? Mungkin pada saat kalian belajar ilmu kimia, kalian sering mendengar istilah campuran homogen dan heterogen bukan?. Apa sih sebenarnya campuran homogen dan heterogen itu?. Nah, pada artikel kita hari ini saya akan membahas mengenai Apa Itu Campuran Homogen & Heterogen Beserta Contohnya. Pada artikel yang satu ini, saya akan menjelaskan pengertian dari campuran homogen dan heterogen secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya pun saya akan memberikan contoh-contoh dari setiap campuran ini. Menarik bukan? So, terusin baca artikel pengetahuan yang satu ini ya 😀

Apa Itu Campuran Homogen & Heterogen Beserta Contohnya

Pengertian Campuran

Apa Itu Campuran Homogen & Heterogen Beserta Contohnya

Materi, benda atau bahan yang ada di alam ini umumnya berada dalam bentuk campuran. Secara alamiah, tidak ada materi yang benar-benar sepenuhnya murni. Air yang berasal dari mata air mengandung zat-zat yang terlarut di dalamnya, misalnya seperti: mineral, gas oksigen, dan lain sebagainya. Demikian juga dengan udara, yang merupakan campuran dari berbagai jenis gas, misalnya seperti: oksigen, nitrogen, karbon dioksida, uap air, dan berbagai macam gas lainnya.

Campuran merupakan gabungan dari dua zat atau lebih yang sifat-sifat zat penyusunnya tidak berubah. Campuran dapat dipisahkan berdasarkan zat-zat penyusunnya secara fisis. Sebagai contoh: campuran pasir dan air dapat dipisahkan melalui penyaringan (filtrasi), lauratan garam dapur dapat dipisahkan dengan cara menguapkan airnya (kristalisasi). Campuran serbuk besi dan serbuk belerang dapat dipisahkan besinya dengan menggunakan magnet.

Campuran Homogen

Apasih campuran homogen itu? Campuran homogen adalah campuran yang memiliki komposisi atau perbandingan antara masing-masing zat-nya sama. Misalnya campuran antara air dan gula di mana rasa manis dari gula masih dapat dirasakan. Campuran air dan gula merupakan campuran homogen (serba sama). Hal ini dapat dibuktikan dengan mencicipi bagian bawah dan atas campuran air dan gula. Dimana rasa campuran di kedua bagian tersebut akan sama rasanya.

Campuran Heterogen

Berbanding terbalik dengan campuran homogen, campuran heterogen adalah campuran yang memiliki komposisi atau perbandingan antara masing-masing zat-nya yang berbeda-beda. Misalnya campuran antara kacang hijau dengan beras yang merupakan campuran heterogen. Antara masing-masing zat tersebut berbeda (heterogen), yaitu antara kacang hijau dengan beras.

Oke teman-teman, itu adalah artikel pengetahuan kita kali ini yang membahas mengenai Apa Itu Campuran Homogen & Heterogen Beserta Contohnya. Sekarang kalian paham bukan apa itu Campuran Homogen dan Heterogen? Tentunya sudah tau ya sekarang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian ya. Sekian dari saya, salam IT ^^

What's your reaction?
Luar Biasa
25%
Suka Sekali
75%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
Loading...
1 Comments

Leave a Response