Komputer
Now Reading
Apa Itu Framework Angular Application Development?
Sangat Bernilai
3
Apa Itu Framework Angular Application Development? Berikut adalah pengertian dari framework Angular, sejarah angular, kelebihan dan kekurangan dari Angular

Apa Itu Framework Angular Application Development? – Halo teman-teman Bierpinter sekalian. Siapa yang disini pernah membuat suatu aplikasi? Bagi para anak teknik informatika, hal ini pasti pernah dilakukan oleh mereka. Nah, pada artikel kali ini saya akan mengenalkan salah satu framework yang dapat kalian gunakan untuk membuat suatu aplikasi. Artikel kali ini akan membahas mengenai Apa Itu Framework Angular Application Development?. Framework yang satu ini merupakan salah satu teknik dasar dalam pembuatan mobile applications dari NativeScript. Penasaran bukan apa itu Angular sebenarnya? Bagaimana kinerja dari Angular ini? Yukk, langsung diterusin ya baca artikelnya 😀

Apa Itu Framework Angular Application Development?

Apa Itu Framework Angular Sebagai Application Development?

Angular adalah teknik dasar (fundamental building blok) di dalam kedua kerangka web Kendo UI dan framework mobile dari NativeScript. Pada tahun 2009, Misko Hevery dan Adam Abrons merilis sebuah proyek sampingan yang bernama “<angular />”, dimana proyek ini akan membantu para developers, serta designers, dalam membangun aplikasi web menggunakan tag HTML sederhana. Nama “Angular” berasal dari kurung sudut atau <>, yang mengelilingi semua tag HTML, seperti <div>, <span>, da lain sebagainya.

Karena domain angular.com telah diambil orang hingga saat ini, maka pengelola mengubah nama perpustakaannya menjadi GetAngular, dan mengeluarkan situs kecil yang didalamnya membahas mengenai fitur-fitur dari Angular ini.

The Angular homepage as of December 2009

The Angular homepage as of December 2009

Segera setelah Miško mulai bekerja untuk Google, dan pada tahun 2010 dia mengerjakan proyek yang disebut Google Feedback. Miško meyakinkan manajernya, Brad Green, untuk menulis ulang proyek itu dengan proyek sampingannya (yaitu <angular/>), dan jumlah waktu dan kode yang berhasil disimpan tim itu membantu meyakinkan Google tentang kekuatan yang ditawarkan Angular.

The Angular homepage as of December 2018

The Angular homepage as of December 2018

Kegunaan Angular

Angular adalah kerangka kerja JavaScript yang membantu developers dalam membangun suatu aplikasi. Library dari Angular ini menyediakan sejumlah fitur yang menjadikannya mudah untuk menerapkan persyaratan kompleks pada aplikasi modern saat ini. Seperti, data binding, routing, dan animations.

Angular juga menyediakan serangkaian konvensi untuk bagaimana kita melakukan pendekatan dalam application development, yang dapat bermanfaat bagi tim besar yang perlu bekerja sama pada basis kode yang tunggal. Angular adalah salah satu perpustakaan JavaScript yang menyediakan panduan gaya menyeluruh dengan sejumlah pedoman yang berdasarkan tentang bagaimana kita dapat menulis kode kita dengan menggunakan framework (kerangka kerja).

Kelebihan dari Angular

  1. Angular berfungsi dengan baik dalam aplikasi berbasis form, dan juga cocok untuk aplikasi besar dan kompleks.
  2. Angular sangat cocok untuk aplikasi yang dikembangkan oleh tim menengah-ke-besar.
  3. Angular juga berfungsi dengan baik untuk aplikasi yang perlu dijalankan di berbagai lingkungan pengembang atau multiple development environments.
  4. Jika kalian membuat aplikasi yang harus dijalankan di web serta di iOS atau Android, kalian dapat memanfaatkan teknologi seperti NativeScript untuk merender aplikasi kalian di lingkungan seluler yang benar-benar asli.
  5. Dalam beberapa kasus, kita bahkan dapat berbagi kode di seluruh platform ini, sehingga lebih menghemat waktu pengembangan (development) yang berharga.
  6. Angular memungkinkan tim untuk membuat aplikasi keren, hingga memberdayakan para developers untuk dapat membangun berbagai platform.

Kekurangan dari Angular

  1. Angular bukanlah framework yang sederhana, melainkan rumit. Sehingga membutuhkan waktu dalam memahami beberapa konsep yang dibangun di dalam Angular.
  2. Angular merupakan framework yang tidak mudah digunakan. Tetapi jika kalian sudah dapat memahami dan menguasai framework ini, Angular dapat menjadi framework yang sangat kuat.

Oke teman-teman, itu adalah pengenalan framework Angular mulai dari pengertian, sejarah, kelebihan hingga dengan kekurangan dari framework Angular ini. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menjawab pertanyaan kalian mengenai Apa Itu Framework Angular Application Development?. Angular merupakan salah satu framework yang dapat kalian gunakan untuk membuat aplikasi. Menarik bukan? Sekian dari saya, salam IT ^^

What's your reaction?
Luar Biasa
20%
Suka Sekali
60%
Keren
20%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
3 Comments

Leave a Response