Pengetahuan
Now Reading
Apa Itu FTR di dalam Jaminan Kualitas SQA?
Sangat Bernilai
2
Selama FTR atau Formal Technical Reviews dilakukan, seorang peninjau produk kerja software akan secara aktif merekam semua permasalahan yang ditemukan.

Apa itu FTR di dalam Jaminan Kualitas SQA? – Halo teman-teman sekalian. Banyak sekali orang-orang yang bertanya mengenai istilah dari FTR itu. FTR di dalam Jaminan Kualitas (SQA) merupakan singkatan dari Formal Technical Reviews. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai istilah FTR ini. FTR merupakan salah satu bagian dari Jaminan Kualitas atau SQA di dalam Rekayasa Perangkat Lunak. Penasarankan Apa itu FTR di dalam Jaminan Kualitas SQA? So, jangan kemana-mana ya terusin baca artikelnya 😀

Apa Itu FTR di dalam Jaminan Kualitas SQA?

Jaminan Kualitas SQA

Jaminan Kualitas SQA

FTR atau Format Technical Reviews pada dasarnya adalah suatu aktivitas kendali kualitas. Aktivitas ini dilakukan oleh para rekayasawan software (developer), untuk menemukan kesalahan dalam fungsi, logika, atau di dalam implementasi software. Salah satu aktivitas itu adalah mem-verifikasi apakah software yang ditinjau akan sesuai dengan spesifikasi kebutuhan yang telah ditentukan sebelumnya atau tidak. FTR juga bertujuan untuk memastikan bahwa software telah sesuai dengan standar yang ditentukan dan mencapai pengembangan software yang seragam.

Format Technical Reviews (FTR) merupakan peninjauan teknis yang mencakup penelusuran dan inspeksi. FTR berfokus pada produk kerja software, misalnya : bagian dari model kebutuhan, perancangan komponen secara rinci dan kode program yang dituliskan.

Aktivitas di dalam Formal Technical Reviews (FTR)

  • Produsen atau seseorang yang telah selesai mengembangkan produk kerja software, akan memberitahu pimpinan proyek bahwa produk kerja telah lengkap dan diperlukan pada saat peninjauan teknis produk kerja.
  • Pimpinan proyek akan menghubungi pimpinan peninjau yang akan mengevaluasi produk kerja. Untuk mendapatkan kesiapannya dan membuat salinan untuk disebarkan pada 2-3 peninjau yang akan melakukan persiapan lebih lanjut.
  • Masing-masing peninjau teknis FTR akan memerlukan waktu sekitar 1-2 jam untuk melakukan tinjauan teknis terhadap produk software dan membuat catatannya.
  • Bersamaan dengan itu, pimpinan peninjau akan melakukan tinjauan terhadap produk kerja software dan menetapkan sebuah agenda pertemuan yang akan dijadwalkan pada hari-hari berikutnya.

Pada akhirnya peninjauan produk kerja software atau semua orang yang terlibat di dalam FTR harus memutuskan :

  1. Penerimaan produk tanpa memerlukan modifikasi lebih lanjut.
  2. Penolakan produk kerena kesalahan fatal.
  3. Penerimaan produk secara sebagian atau kesalahan minor yang perlu dibetulkan.

Oke teman-teman. Itu adalah pembahasan mengenai istilah Apa itu FTR di dalam Jaminan Kualitas SQA?. Selama FTR dilakukan, seorang peninjau produk kerja software akan secara aktif merekam semua permasalahan yang telah ditemukan. Sehingga dapat menciptakan suatu Jaminan Kualitas SQA yang baik. So, jika artikel ini memang bermanfaat bagi kalian semua. Jangan lupa untuk like, share, comment, dan pilih jenis emotional kalian terhadap artikel ini ya sobat. Sekian dari saya, salam IT ^_^

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
100%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
2 Comments

Leave a Response