Pengetahuan
Now Reading
Apa Itu Hak Atas Kekayaan Intelektual? Definisi
Sangat Bernilai
1
Apa Itu Hak Atas Kekayaan Intelektual? Definisi dari HAKI dan Tinjauan Umumnya. Disini kalian bisa memahami pengertian dan definisi lebih lanjut dari HAKI.

Apa Itu Hak Kekayaan Intelektual? Definisi – Halo teman-teman Bierpinter sekalian. Apakah kalian pernah mendenger mengenai Hak Atas Kekayaan Intelektual?. Apasih pengertian dari hak kekayaan intelektual itu? Panasaran bukan?. Tenang, karena pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Apa Itu Hak Atas Kekayaan Intelektual? Definisi. Hak kekayaan intelektual atau yang sering disebut dengan HAKI, sebenarnya adalah hak yang eksklusif yang dimiliki seseorang pada suatu negara. Hak ini pun bukanlah hak biasa, karena memiliki undang-undang tersendiri di setiap negaranya. Nah, ingin tahu lebih lagi mengenai Hak Kekayaan Intelektual ini? So, terusin baca artikelnya ya sobat 😀

Apa Itu Hak Atas Kekayaan Intelektual? Definisi

Apa Itu Hak Atas Kekayaan Intelektual? Definisi

Hak Atas Kekayaan Inteletual atau sering disebut dengan HAKI, merupakan hak eksklusif yang diberikan negara kepada seseorang, sekelompok orang, maupun lembaga untuk memegang kuasa dalam menggunakan dan mendapatkan manfaat dari kekayaan intelektual yang dimiliki atau diciptakan. Istilah HAKI merupakan terjemahan dari Intellectual Property Right (IPR), sebagaimana diatur dalam undangundang No. 7 Tahun 1994 tentang pengesahan WTO (Agreement Establishing The World Trade Organization).

HAKI adalah hak yang berasal dari hasil kegiatan kreatif suatu kemampuan daya pikir manusia yang diekspresikan kepada tindakan umum dalam berbagai bentuknya, yang memiliki manfaat serta berguna dalam menunjang kehidupan manusia, juga mempunyai nilai ekonomis. Istilah atau terminologi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) digunakan untuk pertama kalinya pada tahun 1790. Adalah Fichte yang pada tahun 1793 mengatakan tentang hak milik dari si pencipta ada pada bukunya. Yang dimaksud dengan hak milik disini bukan buku sebagai benda, tetapi buku dalam pengertian isinya. Istilah HKI terdiri dari tiga kata kunci, yaitu Hak, Kekayaan, dan Intelektual. Kekayaan merupakan abstraksi yang dapat dimiliki, dialihkan, dibeli, maupun dijual.

Tinjauan Umum UUHC

Apa Itu Hak Atas Kekayaan Intelektual? Definisi

 

Berdasarkan survei International Data Corporation (IDC) tahun 2007, Indonesia berada pada urutan ke 12 dari 108 negara dengan angka penggunaan software (perangkat lunak) ilegal mencapai 84 %. Angka persentasi ini menunjukkan perbaikan dibandingkan tahun sebelumnya, yakni pada tahun 2006 yang mencapai 85 % . Permasalahan utamanya adalah karena harga software yang mahal. Pada bidang pendidikan contohnya, dimana sekolah maupun perguruan tinggi, tidak mampu memenuhi kebutuhan para siswa dan mahasiswa. Banyak tugas dari mata pelajaran yang membutuhkan penggunaan software yang harganya tidak murah. Baik produk Microsoft Office, CAD, Adobe, harganya benar benar “menguras” kantong, seharga dengan biaya pendidikan itu sendiri.

Oke teman-teman, itu adalah artikel kita hari ini yang membahas mengenai Apa Itu Hak Atas Kekayaan Intelektual? Definisi. Sekarang kalian sudah tahu kan apa itu Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) itu?. Semoga kalian paham ya. Sekian dari saya, salam IT ^^

What's your reaction?
Luar Biasa
100%
Suka Sekali
0%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
1 Comments

Leave a Response