Pengetahuan
Now Reading
Apa itu Printer Dot Matrix? (Kelebihan dan Kekurangan)
1

Apa itu Printer Dot Matrix? (Kelebihan dan Kekurangan) – Halo sobat teman-teman sekalian. Adakah yang pernah mendengar Printer Dot Matrix? Printer yang satu ini pasti sudah sangat janrang di kenal oleh berbagai kalangan. Printer Dot Matrix ini merupakan salah satu jenis dari Impact Printer. Dimana masih menggunakan pengetuk untuk mencetak bentuk yang diinginkan. Nah, salah satu contoh dari Impact Printer itu adalah Printer Dot Matrix. Penasaran apa itu Printer Dot Matrix? Berikut adalah penjelasnnya 😀

Apa itu Printer Dot Matrix?

Contoh Printer Dot Matrix

Contoh Printer Dot Matrix

Di dalam jenis printer, terdapat Impact dan Non-impact Printer. Nah, printer dot matrix ini termasuk pada jenis printer yang impact printer. Karena dalam sistem kerja printernya masih menggunakan pengetuk untuk mencetak hasil bentuk yang diinginkan. Printer Dot Matrix seperti mesin ketik, dimana mesin ini menggunakan pita dan memiliki kepala cetak (head) yang berisi sekumpulan jarum besi. Nah, jarum-jarum besi ini lah yang akan mencetak berkas-berkas layaknya mesin ketik.

Struktur Printer Dot Matrix

Struktur Printer Dot Matrix

Berbeda dengan printer yang lainnya, printer Dot Matrix ini tidak menggunakan tinta dalam sistem kerjanya. Dimana printer ini hanya menggunakan pita dan jarum-jarum besi untuk mencetak bentuk yang diinginkan. Struktur printer Dot Matrix ini dapat kalian lihat pada gambar di samping. Sehingga dalam biaya mencetaknya pun relatif murah dibandingan dengan printer pada umumnya. Printer ini biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan cetak yang cukup besar. Namun, jika printer ini tidak dirawat, maka kualitas dari hasil cetak dari printer ini akan kurang baik, dapat menimpulkan bising, dan lambat saat mencetaknya.

Kelebihan

Salah satu keunggulan dari printer Dot Matrix ini adalah dapat mencetak dokumen secara rangkap. Adapun kelebihan lainnya, seperti :

1. Biaya cetak relatif murah.

2. Tidak memerlukan tinta saat mencetaknya.

Kekurangan

Dibalik kelebihan printer Dot Matrix ini, terdapat beberapa kekurangan yang cukup dominan. Kekurangan tersebut antara lain adalah :

1. Harga printer Dot Matrix ini relatif mahal.

2. Dibandingan dengan printer inkjet, printer ini lambat, bising, dan juga memiliki kualitas yang kurang baik.

3. Harus sering melakukan perawatan, agar tidak terlalu bising saat mencetak.

Oke teman-teman. Itu adalah sedikit penjelasan mengenai Printer Dot Matrix. Sekarang kalian sudah mengetahui kan apa itu printer dot matrix?. Printer yang sering kita gunakan adalah printer inkjet, dimana sistem kerjanya menggunakan tinta pada saat mencetak. Printer Dot Matrix ini seperti mesin ketik, dimana terdapat jarum-jarum besi untuk mencetak hasil yang kita inginkan. Sekian dari saya, salam IT ^_^

Baca juga : Perbedaan ALU dan CU pada CPU

What's your reaction?
Luar Biasa
100%
Suka Sekali
0%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT

Leave a Response