Biologi
Now Reading
Apa itu Rhizopus Oryzae? Pengertian dan Peran
Terbaik
1
Apa itu Rhizopus Oryzae? Pengertian dan Peran. Rhizopus Oryzae merupakan salah satu jamur yang memiliki banyak manfaat di kehidupan kita loh teman-teman.

Apa itu Rhizopus Oryzae? Pengertian dan Peran – Halo sobat Bierpinter sekalian. Pasti jika kalian sedang belajar Biologi, istilah Rhizopus Oryzae pasti pernah kalian dengar bukan?. Nah, jamur yang satu ini memiliki peran dan manfaat yang sangat banyak loh di dalam kehidupan kita sehari-hari. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Apa itu Rhizopus Oryzae? Pengertian dan Peran. Biasanya jamur ini dimanfaatkan di dalam pembuatan tempe loh teman-teman. Penasarankan Apa itu Rhizopus Oryzae? So, lanjutin baca artikel yang satu ini ya sobat 😀

Apa itu Rhizopus Oryzae? Pengertian dan Peran

Apa itu Rhizopus Oryzae? Pengertian dan Peran

Sistem Reproduksi Rhizopus Oryzae

Rhizopus Oryzae merupakan salah satu jenis jamur yang sangat sering dimanfaatkan dalam pembuatan tempe. Namun, apakah tempe itu aman untuk kita konsumsi? Tentunya aman teman-teman. Jamur ini sangat aman dikonsumsi karena tidak menghasilkan toksin (zat racun) dan mampu menghasilkan asam laktat yang sangat menguntungkan. Jamur Rhizopus Oryzae memiliki kemampuan dalam menguraikan lemak kompleks menjadi 2 bagian, yaitu trigliserida dan asam amino. Jamur ini juga mampu menghasilkan zat protease loh teman-teman.

Berikut adalah klasifikasi dari jamur Rhizopus Oryzae :

  • Kingdom : Fungi
  • Divisio : Zygomycota
  • Class : Zygomycetes
  • Ordo : Mucorales
  • Familia : Mucoraceae
  • Genus : Rhizopus
  • Species : Rhizopus Oryzae

Ada beberapa ciri dari jamur Rhizopus Oryzae ini, yaitu :

  1. Jamur Rhizopus Oryzae memiliki koloni yang berwarna putih berangsur-angsur yang menjadi abu-abu.
  2. Memilik Stolon yang halus atau sedikit kasar dan tidak berwarna hingga kuning kecoklatan.
  3. Sporangiofora tumbuh dari stolon dan mengarah ke udara, baik tunggal atau dalam kelompok (maximal 5 sporangiofora).
  4. Rhizoid di dalam jamur ini tumbuh berlawanan dan terletak pada posisi yang sama dengan sporangiofora sporangia globus atau sub globus dengan dinding berspinulosa yang berwarna coklat gelap hingga hitam bila sudah besar atau matang.
  5. Kolumela berbentuk oval atau bulat, dengan dinding halus atau sedikit kasar.
  6. Spora berbentuk oval, bulat, atau elips/silinder.

Peran Rhizopus Oryzae di Kehidupan Sehari-hari

1. Sebagai Bahan Pangan dan Penghasil Enzim = Rhizopus Oryzae merupakan jamur yang sering dimanfaatkan di dalam pembuatan tempe. Jamur ini aman dikonsumsi karena tidak menghasilkan toksin dan mampu menghasilkan asam laktat. Jamur Rhizopus oryzae memiliki kemampuan mengurai lemak kompleks menjadi trigliserida dan asam amino, selain itu jamur Rhizopus oryzae mampu menghasilkan protease.

2. Sebagai Starter = Rhizopus Oryzae ini sering digunakan sebagai starter di dalam pembuatan berbagai jenis keju. Agar jamur ini dapat tumbuh pada susu, kultur starter harus mampu untuk memfermentasikan laktosa, menghasilkan asam amino dari proses proteolisis. Untuk peran utama jamur ini di dalam pembuatan keju ialah mempertajam cita rasa dan aroma, serta sedikit memodifikasi penampakan tekstur dari tahu keju.

Nah, itu adalah pembahasan mengenai artikel Apa itu Rhizopus Oryzae? Pengertian dan Peran. Sekarang kalian sudah lebih tahu kan mengenai Rhizopus Oryazae ini? Benar, jamur ini adalah salah satu jamur yang sangat menguntungkan bagi kita terutama di dalam pembuatan tempe. So, jika artikel ini sungguh bermanfaat bagi kalian semua. Jangan lupa untuk like, share, comment, dan pilih jenis emotional kalian ya teman-teman. Sekian dari saya, salam IT ^_^

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
50%
Keren
50%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
1 Comments

Leave a Response