Komputer
Now Reading
Apa itu Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak?
Inovasi Baru
1
Apa itu Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak? Berikut adalah artikel yang membahas mengenai definisi Kebutuhan Fungsional dan Kebutuhan Non Fungsional.

Apa itu Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak? – Halo sobat Bierpinter semuanya. Apakah kalian seorang developer perangkat lunak? Jika ia, spesifikasi kebutuhan perangkat lunak pasti sangat penting ya bagi kalian. Nah, pada artikel kita kali ini saya akan membahas mengenai Apa itu Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak?. Spesifikasi kebutuhan perangkat lunak atau yang sering disebut dengan Software Requirements Spesification (SRS) sebenarnya adalah spesifikasi-spesifikasi dari perangkat lunak yang akan kita kembangakan. Mulai dari kebutuhan fungsional, non-fungsional, antarmuka, unjuk kerja (performance), dan lain sebagainya. Nah, ingin tahu lebih bukan mengenai Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak ini? Kalau gitu, terusin baca artikel-nya ya teman-teman 😀

Apa itu Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak?

Apa itu Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak

Berdasarkan pengertiannya, spesifikasi kebutuhan perangkat lunak dapat diartikan sebagai kondisi atau kemampuan yang harus dimiliki dari perangkat lunak untuk memenuhi apa yang menjadi kebutuhan perangkat lunak atau yang disyaratkan /diinginkan oleh pengguna. Dokumen spesifikasi kebutuhan perangkat lunak ini biasanya bertujuan sebagai acuan atau panduan baik bagi para pengembang dan pengguna perangkat lunak selama dalam proses pengembangan perangkat lunak yang akan dibangun.

Bagi para pihak pengembang, dokumen SKPL ini dapat mereka gunakan sebagai acuan untuk dalam setiap tahapan pengembangan. Semua ini bertujuan agar sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh pengguna dan sesuai dengan tujuan dari pada perangkat lunak itu sendiri. Sedangkan manfaat bagi para penguna, dokumen SKPL ini dapat mereka gunakan untuk mencatat semua spesifikasi kebutuhan dari perangkat lunak yang akan dikembangkan dan diharapkan dari perangkat lunak tersebut.

Jenis Spesifikasi Kebutuhan

Apa itu Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak

1. Kebutuhan Fungsional

Kebutuhan fungsional atau functional requirement merupakan kebutuhan-kebutuhan yang berisi atas proses apa saja yang akan nantinya dapat dilakukan oleh sistem perangkat lunak itu sendiri. Sedangkan kebutuhan non-fungsional merupakan kebutuhan-kebutuhan yang menitikberatkan pada properti perilaku yang akan dimiliki oleh sistem perangkat lunak tersebut. Contoh Kebutuhan Fungsional dari perangkat lunak pengenal suatu binatang:

  1. Perangkat lunak dapat mendeteksi suatu binatang dengan menggunakan kamera pada smartphone
  2. Perangkat lunak dapat memberikan beberapa informasi mengenai suatu binatang yang dideteksi kepada pengguna, seperti: nama, jenis spesies, habitat asli, dan golongan binatang yang berbahaya atau tidak.
  3. Perangkat lunak dapat menyimpan hasil pengenalan suatu binatang yang dilakukan oleh pengguna.
  4. Perangkat lunak dapat menampilkan hasil pengenalan suatu binatang yang disimpan oleh pengguna sebelumnya.

2. Kebutuhan Non-Fungsional

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, kebutuhan non-fungsional merupakan kebutuhan-kebutuhan yang menitikberatkan pada properti perilaku yang akan dimiliki oleh sistem perangkat lunak tersebut. Kebutuhan Non-Fungsional ini dapat terdiri dari:

  • Kebutuhan Antarmuka (Interface Requirement)
  • Kebutuhan Unjuk Kerja (Performance Requirement)

Contoh Kebutuhan Non-Fungsional dari perangkat lunak pengenal suatu binatang:

  1. Perangkat lunak dapat mengatur tingkat perbedaan antara objek binatang dengan objek yang lainnya.
  2. Perangkat lunak dapat mengatur tingkat keanekaragaman individu atau spesies pada suatu binatang yang dideteksi

Oke teman-teman, itu adalah artikel kita pada kesempatan kali yang membahas mengenai Apa itu Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak. Sekarang kalian sudah mengerti dan paham bukan? Tentunya sudah paham kan, karena telah saya jelaskan dengan jelas dan disertai juga dengan contoh kebutuhannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semuanya ya. Sekian dari saya, salam IT ^^

What's your reaction?
Luar Biasa
33%
Suka Sekali
67%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
1 Comments
  • 28 November 2018 at 11:05 PM

    Hai teman-teman. Terima kasih karena telah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk membaca artikel mengenai Komputer lainnya juga ya di website kami Bierpinter. Stay Connected 😀

Leave a Response