Komputer
Now Reading
Apa Itu Troubleshooting? Pengertian dan Penyebab
Sangat Bernilai
0
Istilah Troubleshooting tidaklah asing. Troubleshooting merupakan salah satu tools yang dapat kalian gunakan untuk menemukan inti penyebab terjadinya suatu masalah, khususnya di dunia komputer.

Apa Itu Troubleshooting? Pengertian dan Penyebab – Halo sobat Bierpinter sekalian. Disini siapa yang tidak pernah mendengar istilah dari “troubleshooting”? Pasti sebagian banyak orang pernah mendengar istilah yang satu ini. Khususnya para pencinta komputer ataupun programmer, istilah dari troubleshooting sangatlah tidak asing. Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Apa Itu Troubleshooting? Pengertian dan Penyebab terjadinya Troubleshooting. Biasanya kalian sering menemukan istilah Troubleshooting ini pada saat terjadi suatu masalah, baik itu dalam memperbaiki internet komputer yang rusak, adanya file yang rusak dan lain sebagainya. So, penasarankan apa itu Troubleshooting? Jangan kemana-mana ya, terusin baca artikelnya 😀

Apa Itu Troubleshooting? Pengertian dan Penyebab

Apa Itu Troubleshooting? Pengertian dan Penyebab

Troubleshooting

Pengertian

Troubleshooting dalam bahasa inggris, artinya merujuk kepada sebuah masalah. Pada umumnya Troubleshooting merupakan suatu proses pencarian sumber masalah sehingga masalah tersebut dapat diselesaikan. Di dalam dunia komputer, segala sesuatu yang berhubungan dengan proses pencarian penyebab masalah disebut dengan Troubleshooting. Proses Troubleshooting biasanya dilakukan secara sistematis untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu. Troubleshooting akan memeriksa file-file yang berhubungan dengan masalah tersebut, meminta spesifikasi kebutuhan, dan menentukan inti dari penyebab masalah tersebut. Troubleshooting itu merupakan sebuah code program yang dibuat oleh developer untuk mengatasi semua kemungkinan masalah yang dapat terjadi ketika user menggunakan software tersebut. Biasanya Troubleshooting sudah tersedia di dalam Sistem Operasi komputer yang digunakan.

Penyebab

Inti dari penyebab terjadinya Troubleshooting adalah kerena adanya kesalahan. Baik itu karena adanya virus, driver yang tidak terbaca, komponen file yang rusak, dan lain sebagainya. Di dalam setiap penyebab, Troubleshooting akan menentukan bagaimana cara me-resolve atau menangani masalah tersebut. Berikut adalah penyebab-penyebab terjadinya Troubleshooting :

  1. Sistem Operasi komputer yang kita pakai error
  2. Kapasitas file melebihi batas, sehingga memori menjadi lemah
  3. Tidak terkoneksi kabel data harddisk dengan mainboard
  4. Konektor power tidak terhubung dengan komponen komputer
  5. Power Supply terjadi masalah ataupun rusak
  6. Slot pada mainboard berdebu atau kotor
  7. Tidak terkoneksinya harddisk ke sistem komputer
  8. Adanya virus di dalam komputer
  9. Adanya komponen file sistem operasi yang rusak atau terhapus
  10. Driver komputer tidak terbaca atau rusak
Troubleshooting merupakan salah satu tools yang dapat kalian gunakan untuk menemukan inti penyebab terjadinya suatu masalah, khususnya di dunia komputer.

Oke teman-teman, itu adalah artikel mengenai Apa Itu Troubleshooting? Pengertian dan Penyebabnya. Sekarang kalian tau kan arti dari istilah Troubleshooting tersebut? Tentunya mengerti ya teman-teman. Troubleshooting biasanya kita lakukan jika terjadi suatu masalah di dalam komputer kita. Nah, Troubleshooting inilah yang akan membantu kita dalam menentukan penyebab terjadinya masalah tersebut. Jika kita telah mengetahui penyebabnya, kita akan lebih mudah untuk memperbaiki masalah tersebut. Sekian dari saya, salam IT ^_^

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
100%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
Loading...

Leave a Response