Biologi
Now Reading
Apa yang dimaksud dengan enzim dan apa fungsinya?
Sangat Bernilai
1
Pengertian dan Fungsi Enzim di dalam ilmu biologi. Perbedaan Enzim Intraseluler dan Enzim Ekstraseluler

Apa yang dimaksud dengan enzim dan apa fungsinya? – Halo sobat Bierpinter sekalian. Pernahkah kalian mendengar istilah dari Enzim? Apakah sebenarnya enzim itu?. Nah, pada artikel kita hari ini akan membahas mengenai Apa yang dimaksud dengan enzim dan apa fungsinya?. Enzim sebenarnya adalah protein khusus yang sangat berperan bagi tubuh manusia. Enzim juga memiliki banyak sekali struktur dan sifat nya tersendiri. Namun, sebelum kita membahas itu semua kita akan memahami terlebih dahulu mengenai pengertian dan fungsi dari enzim itu sendiri. Penasaran bukan bagaimana pengertian dan fungsi enzim itu? So, terusin baca artikel yang menarik satu ini ya teman-teman 😀

Apa yang dimaksud dengan enzim dan apa fungsinya?

Apa yang dimaksud dengan enzim dan apa fungsinya?

Sebagian besar reaksi kimia dalam tubuh dimulai dengan menambahkan energi ke reaktan atau substrat. Jumlah energi yang diperlukan saat itu relatif besar. Salah satu cara untuk memperkecil penggunaan energi ketika memulai suatu reaksi adalah dengan menggunakan enzim. Namun apa sih sebenarnya enzim itu? Bagaimana pengaruh enzim terhadap suatu reaksi kimia di dalam tubuh makhluk hidup?.

Enzim adalah protein khusus yang berperan sebagai katalisator suatu reaksi kimia di dalam tubuh makhluk hidup. Enzim sebagai katalisator dapat mempercepat suatu reaksi kimia tertentu, yaitu dengan cara menurunkan energi aktivasi.

Energi Aktivasi

Energi Aktivasi

Energi aktivasi adalah energi awal yang digunakan untuk memulai suatu reaksi kimia. Oleh karena penggunaan enzim di dalam tubuh makhluk hidup, maka enzim dikenal sebagai biokatalisator atau katalis biologis.

Enzim dibentuk di dalam sel untuk dimanfaatkan oleh sel-sel itu sendiri atau dikirim keluar sel untuk melakukan fungsinya. Enzim yang melakukan fungsi kerjannya di dalam sel disebut dengan enzim intraseluler. Contoh dari enzim intraseluler ini adalah lisozim di dalam organel lisosom. Enzim yang bekerja di luar sel dikenal juga sebagai enzim ekstraseluler. Contoh dari enzim ekstraseluler ini adalah enzim pencernaan makanan seperti amilase.

Tahukah Kamu?

Hal Unik dari Enzim

Ternyata enzim dapat menngkatkan laju reaksi biokimia sampai miliaran kali dari kondisi normal dan enzim itu sendiri tidak ikut berubah oleh reaksi tersebut. Oleh karena itu, enzim dengan konsentrasi yang kecil sangat efektif sekali dalam suatu reaksi biokimia.

Okay teman-teman, itulah artikel kita hari ini yang membahas mengenai Apa yang dimaksud dengan enzim dan apa fungsinya?. Sekarang kalian jadi lebih paham kan mengenai enzim itu?. Untuk artikel selanjutnya kita akan membahas lebih dalam lagi mengenai enzim ini, yaitu Struktur dan Sifat Enzim. Sekian dari artikel kita hari ini, semoga bermanfaat 😀

What's your reaction?
Luar Biasa
67%
Suka Sekali
33%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
1 Comments

Leave a Response