Biologi
Now Reading
Apa Yang Dimaksud Dengan Jaringan Epidermis?
Inovasi Baru
3
Apa Yang Dimaksud Dengan Jaringan Epidermis? Jaringan epidermis ini merupakan jaringan yang letaknya paling atas loh pada tumbuhan.

Apa Yang Dimaksud Dengan Jaringan Epidermis? – Halo sobat Bierpinter sekalian. Masih semangat bukan belajar biologinya? Harus semangat dong. Karena pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Apa Yang Dimaksud Dengan Jaringan Epidermis. Jika pada artikel biologi sebelumnya kita telah membahas mengenai Jaringan Meristem, maka sekarang kita akan melanjutkannya dengan membahas jaringan lainnya, yaitu Jaringan Epidermis. Seperti namanya, jaringan epidermis ini merupakan jaringan yang letaknya paling atas loh pada tumbuhan. Sehingga jaringan ini menutupi seluruh bagian permukaan tubuh dari tumbuhan. Penasaran bukan atas Jaringan Epidermis ini? Terusin baca artikel-nya ya teman-teman 😀

Jaringan Permanen (Dewasa)

Apa Yang Dimaksud Dengan Jaringan Epidermis?

Jaringan Epidermis

Banyak sekali orang yang tahu Jaringan Epidermis, namun tidak tahu arti dan fungsinya yang sesungguhnya. Jaringan Epidermis merupakan salah satu jaringan permanen (dewasa) yang merupakan hasil dari diferensiasi jaringan meristem pada tumbuhan. Pada umumnya, jaringan permanen ini tidak dapat membelah lagi, bentuknya pun relatif permanen (tidak berubah-ubah). Rongga selnya juga sudah besar, dinding selnya sudah mengalami penebalan, dan plastida-nya sudah masak atau matang.

Berdasarkan bentuk dan fungsinya, jaringan dewasa dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu jaringan epidermis, jaringan parenkim, jaringan penyokong, jaringan pengangkut dan jaringan gabus.

Apa Yang Dimaksud Dengan Jaringan Epidermis?

Sel Epidermis

Sel Epidermis

Jaringan epidermis merupakan jaringan yang letaknya paling atas dan paling luar pada bagian tumbuhan. Jaringan ini menutupi seluruh permukaan tubuh pada tumbuhan, khususnya organ-organ yang masih muda, seperti permukaan akar, batang, daun, bunga, buah, maupun biji yang mudah sekali rusak. Bentuk sel dari epidermis ini bermacam-macam, ada yang seperti kubus, tidak teratur bentuknya, memiliki segi yang banyak, ataupun dinding yang berlekuk-lekuk, sesuai dengan letak dan fungsinya tersendiri.

Ciri-ciri jaringan epidermis, yaitu:

  1. Jaringan ini tersusun atas sel-sel hidup yang berbentuk balok atau kubus.
  2. Sel-sel ini tersusun sangat rapat, sehingga sangat kokoh.
  3. Tidak memiliki kloroplas, yang terdiri atas selapis sel tunggal.
  4. Tidak memiliki klorofil
  5. Memiliki dinding sel yang berbatasan dengan udara luar, dan mengalami penebalan. Sedangkan dinding lainnya tipis.

Pada umumnya, sel jaringan epidermis ini mampu berdiferensiasi menjadi beberapa jaringan. Seperti: jaringan epidermis berkloroplas, jaringan epidermis berlapis lilin atau kutikula, trikomata, sel spina, sel velamen, sel kipas, sel gabus, sel kersik, dan lain sebagainya. Perubahan bentuk sel-sel jaringan epidermis ini menyesuaikan dengan fungsinya tersendiri.

Nah, itu adalah artikel biologi kita mengenai Jaringan Epidermis. Sekarang kalian tahu kan Apa Yang Dimaksud Dengan Jaringan Epidermis itu? Seperti namanya, jaringan epidermis ini merupakan jaringan yang letaknya paling atas loh pada tumbuhan. So, semoga artikel ini dapat bermanfaat ya bagi kalian semua. Sekian dari saya, salam IT ^_^

What's your reaction?
Luar Biasa
80%
Suka Sekali
20%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
3 Comments

Leave a Response