Pengetahuan
Now Reading
Belajar Dasar-Dasar dari Adobe Flash (Introduction)
0

Belajar Dasar-Dasar dari Adobe Flash – Halo sobat Bierpinter. Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Adobe Flash. Saya akan mulai dari dasar-dasar pada Adobe Flash itu sendiri. Mulai dari pengenalan tools-toolsnya hingga fungsi dari pada tools tersebut. Dasar-dasar inilah yang akan membuat kalian mudah dalam membuat animasi di dalam Adobe Flash. So, terusin baca artikelnya yah teman-teman 😀

Belajar Dasar-Dasar dari Adobe Flash

Dasar Adobe Flash

Gambar 1 : Tampilan pada Aplikasi Adobe Flash

Sebelum kita membuat animasi dengan menggunakan Adobe Flash, sebaiknya kalian harus mengetahui beberapa tools dan jendela yang ada di dalam program aplikasi Adobe Flash ini. Apakah kalian mengetahui nomor-nomor yang ada pada Gambar 1? Jika kalian tahu, apakah fungsi dari nomor-nomor tersebut? Nah, disini saya akan memberitahu nama dan fungsi dari nomor-nomor tersebut.

  1. Menu Bar : kumpulan menu-menu yang digolongkan dalam satu kategori. Misalnya menu file terdiri atas perintah New, Open, Save, Import, Export, dan lain-lain.
  2. Timeline : jendela panel yang digunakan untuk mengelompokkan dan mengatur isi sebuah movie, pengaturan tersebut meliputi penentuan masa tayang objek, pengaturan layer, dan lain-lain.
  3. Stage : area untuk berkreasi dalam membuat animasi yang digunakan untuk mengkomposisi frame-frame secara individual dalam sebuah movie.
  4. Toolbox : kumpulan tools yang sering digunakan untuk melakukan seleksi, menggambar, mewarnai objek, memodifikasi objek, dan mengatur gambar atau objek.
  5. Properties : informasi objek-objek yang ada di stage. Tampilan panel properties secara otomatis dapat berganti-ganti dalam menampilkan informasi atribut-atribut properties dari objek yang terpilih.
  6. Panels : sebagai pengontrol yang berfungsi untuk mengganti dan memodifikasi berbagai atribut dari objek dari animasi secara cepat dan mudah.

Nomor-nomor tersebut merupakan komponen utama pada lingkungan (Workspace) pada Adobe Flash CS3 secara garis besar. Komponen-komponen ini memiliki fungsi yang sangat penting dalam pembuatan animasi. Setelah kalian mengetahui nama dan fungsi dari komponen tersebut, kalian akan menjadi lebih mudah dalam membuat animasi.

Properties – Dokumen

Dasar Adobe Flash (Properties - Dokumen)

Gambar 2 : Jendela Document Properties

Pada Gambar 2, kalian dapat mengubah ukuran dimension (kertas) yang akan kalian gunakan pada saat membuat animasi. Kalian juga dapat mengatur kecepatan dari animasi kalian (Frame Rate). Fps merupakan singkatan dari Frame per Second, yang artinya jika 12 fps maka dalam 1 detik terdapat 12 frame yang akan muncul.

Oke, itu adalah dasar-dasar dari Adobe Flash. Sebelum kalian memulai untuk membuat animasi kalian sendiri, sebaiknya kalian harus mengetahui nama-nama dan fungsi dari komponen utama ini. Komponen-komponen ini sangatlah berperan penting dalam pembuatan animasi kita dikemudian hari. Sekian dari saya… Salam IT ^_^

Baca juga : CSS Basic – Pendahuluan

What's your reaction?
Luar Biasa
67%
Suka Sekali
0%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
33%
About The Author
GreenIT

Leave a Response