Pengetahuan
Now Reading
Blackberry Messenger Akan Tutup di Indonesia? Inilah Alasan Resmi-nya
Inovasi Baru
1
Alasan Resmi Blackberry Messenger Harus Tutup di Indonesia

Blackberry Messenger Akan Tutup di Indonesia? Inilah Alasan Resmis-nya – Halo teman-teman, akhir-akhir ini kita dihebohkan dengan berita bahwa perusahaan Blackberry Messenger akan menutup aplikasi pesan instan nya. Apakah itu benar Blackberry Messenger Akan Tutup di Indonesia? Inilah Alasan Resmi-nya. Melalui artikel ini akan dijelaskan secara resmi alasan BBM akan ditutup di Indonesia. Mulai kapan pasti nya hal itu akan dilakukan hingga faktor utama penyebab hal tersebut terjadi. Penasaran bukan? So, terusin baca artikel-nya ya teman-teman 😀

Blackberry Messenger Akan Tutup di Indonesia? Inilah Alasan Resmi-nya

Blackberry Messenger Akan Tutup di Indonesia? Inilah Alasan Resmis-nya

Halo sobat sekalian. Apakah kalian pengguna Blackberry Messanger? Atau kalian pernah menggunakannya? Ya benar, salah satu platform perpesanan ini sempat populer di era tahun 2000-an. Namun seiringnya perkembangan dan muncul nya platform-platform perpesanan lainnya, Blackberry Messanger mulai ditinggalkan.

Mulai tanggal 31 Mei 2019, aplikasi pesan instan BBM, yang dulunya bernama Blackberry Messanger, akan resmi berhenti beroperasi di Indonesia. BBM harus tutup karena tidak dapat bersaing dengan aplikasi pesan instan lainnya seperti WhatsApp, Line, dan lain sebagainya.

Dalam pesan terakhirnya kepada para pengguna BBM “Time To Say GOOD BYE“, BBM mengatakan akan berhenti beroperasi pada tanggal 31 Mei 2019 dan mengucapkan terima kasih sudah menjadi bagian dari perjalanan BBM di Indonesia.

BBM memberikan waktu kepada pengguna untuk mengunduh data, obrolan, video, dan dokumen penting lainnya paling lambat 7 hari setelah penghentian operasi. Proses penghapusan data dari infrastruktur Cloud perusahaan akan memakan waktu hingga 180 hari.

Alasan Resmi BBM Akan Tutup

Blackberry Messenger Akan Tutup di Indonesia? Inilah Alasan Resmis-nya

Kenapa sih BBM harus tutup? Dan apa alasan utama nya? BBM terbebani kinerja keuangan EMTK. Pada tahun 2018, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk atau EMTK mencatat kerugian bersih sekitar 2,62 triliun rupiah.

Pada tahun 2017 induk usaha SCTV ini masih mencatat laba sekitar 43,7 miliar rupiah. Penyebab kerugian ini adalah penurunan goodwill yang tercatat mencapai 1,97 triliun rupiah. Good will adalah aset tidak berwujud yang timbul ketika perusahaan mengakuisisi perusahaan lain dan dimasukkan ke dalam grup perusahaan.

Berdasarkan keterbukaan informasi yang disampaikan perusahaan ke Bursa Efek Indonesia atau BEI tertanggal 1 April 2019. Kerugian tersebut terjadi karena terjadinya penurunan Good will. Pada 2016, Creative Media Works Pte. Ltd menandatangani perjanjian lisensi BBM konsumen dengan Blackberry Limited untuk mengoperasikan layanan pesan BBM Consumer Cross Platform. 99% saham CMW Pte Ltd dimiliki media PT. Kreatif Media Karya.

Download Software Gratis di Akugenius.com

Blackberry Messenger Akan Tutup di Indonesia? Inilah Alasan Resmis-nya

Sayangnya platform perpesanan ini yang sempat populer di era tahun 2000-an ini tidak berkembang dengan baik. Terjadi penurunan pengguna aktif yang signifikan sejak bulan Juni 2016. CWM Pte Ltd pun memutuskan untuk menutup kantor di Kanada, Dubai dan Singapura. Operasional yang tetap akan ada hanya di Indonesia.

Namun untuk di Indonesia sendiri, penurunan pengguna aktif terus turun signitifkan, sehingga BBM akhirnya menutuskan untuk menghentikan operasi ini pada bulan Mei 2019.

Okay teman-teman, itulah artikel kita hari ini yang membahas mengenai Blackberry Messenger Akan Tutup di Indonesia? Inilah Alasan Resmi-nya. Untuk kalian para pengguna BBM yang masih aktif, jangan lupa untuk segera meng-backup data kalian ya sebelum perusahaan BBM menghapus seluruh data pengguna. Sekian dari saya, semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih 😀

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
100%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
1 Comments
  • 20 April 2019 at 11:17 PM

    Terima kasih telah membaca. Untuk memperjelas berita ini, kalian bisa langsung lihat video nya pada bagian atas artikel ini ya 😀

Leave a Response