Hal yang harus diperhatikan dalam membuat Kuesioner

Contoh Kuesioner Software Development

Contoh Kuesioner Software Development – Halo sobat sekalian. Apakah kalian pernah membuat kuesioner sebelumnya? Kuesioner merupakan salah satu teknik dalam pengumpulan informasi yang sangat sering digunakan. Informasi yang telah didapat dari kuesioner tersebut, dapat kita analisis, mempelajari sikap-sikap, prilaku dan juga karakteristik dari suatu yang ingin kita peroleh. Namun, bagaimana sih contoh dari kuesioner tersebut?. Nah, pada artikel kali ini saya akan menunjukkan Contoh Kuesioner dari Software Development. Kuesioner ini akan mendapatkan informasi mengenai software apa sih yang dibutuhkan oleh masyarakat kita. Dalam contoh kali ini, saya mengambil software game sebagai contohnya yang memiliki ruang lingkup di perguruan tinggi. Penasaran? Lanjutin baca artikelnya yah sobat 😀

Contoh Kuesioner Software Development

Contoh Kuesioner Software Development
Contoh Kuesioner Software Development

Seperti yang telah saya bahas di awal, kuesioner merupakan salah satu teknik yang dapat dilakukan dalam mengumpulan informasi. Nah, disini saya akan berikan contoh bentuk dari kuesioner tersebut. Mulai dari bagian-bagian yang terpentingnya, hingga bagian yang harus kalian hindari saat membuat kuesioner. Pada gambar diatas, kalian dapat melihat susunan dari pertanyaan-pertanyaan yang biasanya ada di dalam suatu kuesioner.

Pada gambar diatas, tujuan dari pembuatan kuesioner tersebut adalah untuk mengumpulkan informasi dalam pembuatan tipe game yang ingin dibuat. Karena tipe game itu banyak sekali, mulai dari yang bergentre Action, Adventure, Arcade, Fighting, dan lain-lain maka dibuatlah kuesioner software development ini. Sehingga nantinya para developer akan tau software game apa yang banyak diminati oleh para target-nya (pada kasus ini mahasiswa). Informasi ini sangat penting dalam menentukan berlansungan dari software game yang akan dibuat pada masa yang akan datang.

Hal yang harus dihindari dalam pembuatan Kuesioner :

Mungkin kalian sering membuat kuesioner, namun apakah kalian tau hal apa sajakah yang seharusnya kita hindari di dalam pembuatan suatu kuesioner itu? Nah, berikut adalah hal-hal yang harus dihindari dalam pembuatan kuesioner:

  1. Membuat banyak sekali pertanyaan. Mengapa? Karena ini meringankan para sukarelawan yang hendak menjawab pertanyaan kita. Apabila banyak sekali pertanyaan yang ada, maka sukarelawan sangatlah enggan untuk membantu kita.
  2. Membuat pertanyaan yang menyinggung beberapa pihak. Perhatikanlah, kata-kata yang kalian gunakan dalam membuat suatu pertanyaan. Hindari penyelaan, atau sindiran di dalam pertanyaan yang kita buat.
  3. Membuat banyak sekali halaman. Hindari banyaknya halaman yang kita buat. Kuesioner yang ideal adalah yang memiliki halaman sekitar 1 hingga 2 lembar. Ini membuat para sukarelawan tidak keberatan dalam menjawab pertanyaan kita. Karena tidak terlalu banyak.
  4. Mengandung banyak sekali tulisan yang kecil. Karena sering kali kita ingin membuat banyak pertanyaan, maka kita sering kecilkan tulisan kita agar dapat membuat banyak pertanyaan. Namun, hal itu sangatlah salah. Seharusnya buatlah pertanyaan-pertanyaan yang penting dan mewakili beberapa pertanyaan yang tidak dapat dimasukkan di dalam kuesioner tersebut.
  5. Terdapat pertanyaan yang membinggunkan. Nah, hal ini sangatlah penting. Usahakanlah buat pertanyaan yang sangat mudah sekali dimengerti oleh para sukarelawan. Hindari pertanyaan yang harus dipikirannya terlebih dahulu. Makanya, kuesioner biasanya bersifat opini atau pendapat dari setiap sukarelawan.

Oke teman-teman. Itu adalah Contoh Kuesioner Software Development dan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat kuesioner. Dalam membuat kuesioner mungkin sangatlah mudah, namun apakah kalian tau hal-hal apa sajakah yang harus kalian hindari dalam membuat kuesioner tersebut? Nah, jika masih belum tau kalian dapat membacanya diatas yah. Sekian dari saya… Salam IT ^_^

Baca juga : Pengertian dan Fungsi dari Black Box Testing