Biologi
Now Reading
Cara Memperoleh Makanan dan Pernapasan Dari Bakteri
Inovasi Baru
1
Bagaimana sih Bakteri Memperoleh Makanan? Dan Ternyata Bakteri itu bisa Bernapas lohh? Berikut adalah Cara Memperoleh Makanan dan Pernapasan Dari Bakteri

Cara Memperoleh Makanan dan Pernapasan Dari Bakteri – Halo teman-teman Bierpinter kalian. Apakah kalian tahu bagaimana cara memperoleh makanan dari bakteri itu? Dan tahukah kalian, ternyata bakteri juga bisa bernapas lohh. Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Cara Memperoleh Makanan dan Pernapasan Dari Bakteri. Mulai dari jenis-jenis bakteri berdasarkan cara memperoleh makanannya dan juga dengan cara pernapasannya. Penasaran bukan? So, terusin cara artikel biologi yang satu ini ya teman-teman 😀

Cara Memperoleh Makanan dan Pernapasan Dari Bakteri

Cara Memperoleh Makanan dan Pernapasan Dari Bakteri

Cara Memperoleh Makanan Bakteri

Berdasarkan cara memperoleh makanannya, bakteri dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu bakteri heterotrof dan juga bakteri autotrof. Berikut adalah penjelasannya:

Bakteri Heterotrof

Bakteri yang satu ini adalah bakteri yang makanannya bergantung pada organisme lain. Bakteri ini memperoleh makanannya dari sisa organisme lain yang telah mati. Cara memperoleh makanan ini sering kali disebut dengan bakteri saprofit. Sedangkan bakteri yang makanannya diperoleh langsung dari organisme lain disebut dengan bakteri parasit. Pada umumnya, bakteri parasit dapat ditemukan pada manusia, hewan, dan juga tumbuhan. Bakteri yang menumpang pada manusia tidak selalu membahayakan kesehatan manusia lohh. Misalanya, bakteri Escherichia coli yang hidup pada usus besar manusia.

Bakteri Autotrof

Bakteri Autotrof merupakan bakteri yang dapat menyusun zat makanannya sendiri. Bakteri ini juga dapat dibedakan menjadi dua, yaitu bakteri fotoautotrof dan juga bakteri kemoautotrof.

  • Bakteri Fotoautotrof adalah bakteri yang dapat menyintesis zat makanannya sendiri dengan menggunakan energi cahaya matahari (foto). Contoh bakteri ini adalah, bakteri unggu (bakteriopurpurin) dan bakteri hijau (bakterioklorofil).
  • Bakteri Kemoautotrof adalah bakteri yang dapat menyintesis zat makanannya sendiri dengan menggunakan energi kimia (kemo). Contoh bakteri ini adalah, bakteri besi, bakteri belerang, dan bakteri nitrogen (Nitrosomonas, Nitrosococcus, dan Nitrobacter).

Pernapasan Bakteri

Ternyata bakteri juga bisa bernapas lohhh. Untuk memperoleh energi bagi kelangsungan hidupnya, bakteri melakukan pernapasan, yaitu dengan melakukan pemecahan zat makanan. Dalam pemecahan zat makanan ini, ada bakteri yang memerlukan oksigen dan ada pula yang tidak memerlukan oksigen sama sekali. Berdasarkan hal tersebut, maka bakteri dapat dibedakan menjadi 3 kelompok, yaitu:

  1. Bakteri Aerob adalah bakteri yang memerlukan oksigen bebas untuk memecahkan zat pada mediumnya. Bakteri jenis ini sering disebut dengan bakteri aerob obligat. Bakteri ini bersifat aerob yang senang hidup pada lingkungan yang lembab dan cukup banyak udara. Contoh bakteri ini adalah, Mycobacterium tuberculosis, Nitrosomonas, Nitrococcus, dan Nitrobacter.
  2. Bakteri Anaerob adalah bakteri yang dalam memecahkan zat makanan tidak memerlukan bantuan oksigen. Bakteri ini sering disebut dengan bakteri obligat anaerobUntuk memecahkan zat makanan pada mediumnya, bakteri ini mengeluarkan zat sejenis fermen tertentu. Contoh bakteri ini adalah, Micrococus denitrificans dan Clostridium tetani.
  3. Bakteri Anaerob Fakultatif merupakan bakteri yang dapat hidup pada lingkungan yang mengandung O2. Bakteri ini juga dapat hidup pada lingkungan yang tidak mengandung O2 lohh. Contoh bakteri ini adalah, Escherichia coli dan Salmonela typhosa.

Oke teman-teman, itu adalah artikel biologi kita kali ini yang membahas mengenai Cara Memperoleh Makanan dan Pernapasan Dari Bakteri. Pada umumnya bakteri memiliki banyak sekali jenis, baik itu berdasarkan cara memperoleh makanannya dan juga dengan bagaimana mereka bernapas. So, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya bagi kalian semua. Sekian dari saya, salam IT ^_^

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
100%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
1 Comments
  • 6 Agustus 2018 at 4:47 PM

    Pada umumnya bakteri memiliki banyak sekali jenis, baik itu berdasarkan cara memperoleh makanannya dan juga dengan bagaimana mereka bernapas. 😀

Leave a Response