Komputer
Now Reading
Cara Mengatasi Pelanggaran Hak Cipta di Bidang IT
Terbaik
1
Bagaimana sih mengatasi pelanggaran-pelanggaran di dunia IT itu? Berikut adalah Cara Mengatasi Pelanggaran Hak Cipta di Bidang IT.

Cara Mengatasi Pelanggaran Hak Cipta di Bidang IT – Halo teman-teman sekalian. Pelanggaran-pelanggaran di Bidang IT sanglat lah banyak. Lalu, bagaimana sih kita mengatasi pelanggaran-pelanggaran hak cipta di bidang itu?. Nah, pada artikel kita kali ini saya akan membahas mengenai Cara Mengatasi Pelanggaran Hak Cipta di Bidang IT. Pada artikel ini saya akan menjelaskan cara mengatasi pelanggaran hak cipta untuk sisi pembuat software (developer) dan pada sisi pengguna (end user). Penasaran kan bagaimana cara mengatasi pelanggaran-pelanggaran atas hak cipta di bidang IT ini? So, terusin baca artikel nya ya teman-teman 😀

Cara Mengatasi Pelanggaran Hak Cipta di Bidang IT

Cara Mengatasi Pelanggaran Hak Cipta di Bidang IT

Berdasarkan survei International Data Corporation (IDC) tahun 2007, Indonesia berada pada urutan ke 12 dari 108 negara dengan angka penggunaan software (perangkat lunak) ilegal mencapai 84 %. Angka persentasi ini menunjukkan perbaikan dibandingkan tahun sebelumnya, yakni pada tahun 2006 yang mencapai 85 % . Permasalahan utamanya adalah karena harga software yang mahal. Pada bidang pendidikan contohnya, dimana sekolah maupun perguruan tinggi, tidak mampu memenuhi kebutuhan para siswa dan mahasiswa. Banyak tugas dari mata pelajaran yang membutuhkan penggunaan software yang harganya tidak murah. Baik produk Microsoft Office, CAD, Adobe, harganya benar benar “menguras” kantong, seharga dengan biaya pendidikan itu sendiri.

Pada Sisi Pembuat Software(Developer)

  1. Para developer seharusnya dapat menentukan harga yang lebih murah untuk negara berkembang seperti di Indonesia.
  2. Lisensi penggunaan lebih dari 1 komputer.
  3. Memperkuat hukum.
  4. Memberikan versi “lite” dari software proprietary, yang dimana fitur software nya dibatasi.

Pada Sisi Pengguna (End User)

  1. Menggunakan software Open Source, karena setiap aplikasi yang merupakan software proprietary selalu memiliki software alternative yang bersifat open source, baik freeware, shareware dan semacamnya yang pastinya gratis.
  2. Menabung untuk membeli software.
  3. Membeli software versi lama, yang pastinya lebih murah daripada yang versi terbaru.
  4. Mengunjungi situs HumbleBundle, dimana banyak software PC baik aplikasi maupun games yang di bundle dengan harga yang lebih murah, selain itu setiap pembelian pada Humble Bundle akan di sumbangkan pada berbagai charity events.

Nah, itu adalah artikel kita hari ini yang membahas mengenai Cara Mengatasi Pelanggaran Hak Cipta di Bidang IT. Di dalam artikel tersebut, akan dijelaskan bagaimana cara mengatasi pada sisi pembuat software (developer) dan juga pada sisi pengguna (end user). Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua ya. Sekian dari saya, salam IT ^^

What's your reaction?
Luar Biasa
33%
Suka Sekali
33%
Keren
33%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
1 Comments

Leave a Response