Pengetahuan
Now Reading
Contoh Application Software dan Fiturnya
0

Contoh Application Software dan Fiturnya – Halo sobat Bierpinter sekalian. Pada kesempatan kemarin kita sempat membahas mengenai system software. Mulai dari definisi, contoh, dan fitur-fitur yang diberikan pada software tersebut. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan meneruskannya dengan membahas Contoh Application Software dan Fiturnya. Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya karena sama-sama membahas mengenai kategori software. Penasaran kan apa itu Applicationsoftware? Terusin baca artikelnya yah sobat 😀

Contoh Application Software dan Fiturnya

Application Software adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Application Software ini berfungsi untuk mengendalikan fungsi-fungsi bisnis secara actual dan melakukan pemrosesan data bisnis atau data teknis yang mendukung berjalannya suatu operasi-operasi bisnis. Contohnya : Pemrosesan transaksi pada titik penjualan, kendali pemrosesan produksi pada pabrik secara aktual.

Contoh Application Software :

1. Microsoft Word (Aplikasi Pengolah Kata)

Microsoft Word

Application Software – Microsoft Word

Microsoft Word adalah salah satu dari beberapa program aplikasi pengolah kata yang terdapat dalam paket program aplikasi microsoft office,yang sejak mulai di kembangkan pada tahun 1983 sampai pertengahan tahun 2001. Microsoft word dikembangkan oleh perusahaan pembuat perangkat lunak ternama didunia yaitu Corporation. Dari generasi pertama microsoft word sampai generasi terkininya program ini selalu menjadi idola.

Fitur-Fitur pada Microsoft Word :

  • Penghilangan fitur fitur yang tidak diperlukan di Microsft Office 2010, membuat lebih ringan.
  • Dukungan Grafis 3D Yang lebih baik
  • Mendukung Standardisasi format Open Document Format (.odf)
  • Mendukung penyuntingan gambar yang lebih kompleks
  • Penyimpanan terhadap format .pdf dan .xps yang lebih mudah
  • Terintegrasi dengan Windows Live sehingga dapat menyimpan data di Cloud Awan
  • Disediakannya versi 32 bit dan 64 bit
  • Ribbon yang simpel dan mudah digunakan.
  • Antarmuka mengusung tema Metro. Mirip Windows 8
  • Penggeseran gambar yang lebih baik
  • Mendukung penyuntingan file Adobe Reader (.pdf)
  • Terintegrasi dengan Skydrive sehingga dapat menyimpan data di Cloud.

2. Adobe Premiere Pro (Aplikasi Penyunting Video)

Adobe Premiere Pro

Aplikasi Penyunting Video – Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro merupakan salah satu dari sebuah program penyunting Video berbasis non-linear editor (NLE) dari Adobe Systems. Itu adalah salah satu produk software dari Adobe Creative Suite, tetapi juga bisa dibeli sendirian. Bahkan kalau dibeli sendirian, itu termasuk Adobe Encore dan Adobe OnLocation. Walaupun yang dua versi pertama hanya tersedia untuk Windows, versi CS3 tersedia baik untuk Windows maupun Mac OS X. CS3 tersedia dalam Bahasa Inggris, Bahasa Perancis, Bahasa Jerman, Bahasa Jepang, Bahasa Italia, dan Bahasa Spanyol. Adobe Premiere adalah program Video Editing yang dikembangkan oleh Adobe . Program ini sudah umum digunakan oleh rumah-rumah produksi, televisi dan praktisi di bidangnya.

Fitur-Fitur pada Adobe Premiere Pro :

Adobe Premiere Pro memiliki fitur – fitur penting, antara lain Capture (perekam video) Monitor, Trim (alat pemotong klip) Monitor, dan Titler (Pembuat teks judul) Monitor. Pada efek-efek video Adobe Premiere Pro terdapat Keyframe seperti yang terdapat pada Adobe After Effects ( cara menganimasikannya juga hampir sama ). Pada Titler, anda bisa membuat teks judul/title dan mengubah properti dari teks itu seperti mengubah bentuk huruf, memberi dan mengubah warna, memberi kontur, garis luar (outline), membuat animasi pergerakan atau animasi teks berjalan (roll and/or crawl), bisa juga untuk memberi shapes/bangun datar agar tampilan judul/teks video terlihat lebih menarik. Tahap terakhir adalah export/output/menyimpan proyek dalam bentuk video dan didistribusikan ke berbagai media yang bisa menampilkan format video.

Oke teman-teman, itu adalah pembahasan mengenai application software. Berbeda dengan system software, application software ini lebih berfungsi untuk mengendalikan fungsi-fungsi bisnis. Seperti perhitungan, presentasi, pengolahan data, editting, dan lain sebagainya. Nah, semoga sekarang kalian dapat membedakannya yah. Sekian dari saya, Salam IT ^_^

Baca juga : Contoh System Software dan Fiturnya

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
0%
Keren
100%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT

Leave a Response