Contoh Embedded Software dan Fiturnya

Contoh Embedded Software dan Fiturnya – Halo sobat Bierpinter. Apabila sebelumnya kita telah membahas mengenai system software, application software, dan engineering software. Maka pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkannya dengan membahas Contoh Embedded Software dan Fiturnya. Embedded Software merupakan salah satu kategori di dalam software. Jenis kategori ini pun sangat penting perannya, dimana berfungsi untuk menjalankan fungsi-fungsi khusus yang hanya beberapa orang yang mengerti. Penasarankan apa itu Embedded Software? Terusin baca artikelnya ya teman-teman 😀

Contoh Embedded Software dan Fiturnya

Apa sih Embedded Software itu? Software Embedded (tertanam) merupakan salah satu perangkat lunak yang dapat menjalankan fungsi-fungsi terbatas dan seringkali hanya dapat dipahami oleh kalangan tertentu. Contohnya : Kontrol tombol pada Microwave Oven, alat fungsi digital dalam mobil seperti kendali bahan bakar, tampilan indicator dan sistem pengereman.

Contoh Embedded Software :

1. TLP Logix Pro Simulator

TLP Logix Pro Simulator 
TLP Logix Pro Simulator

TLP Logix Pro Simulator merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk menampilan simulasi mengenai rambu-rambu lalu lintas saat berkendara. Aplikasi ini dibuat agar para pembuat sistem lampu lalu lintas dapat mengerti dan memahami jalur dan rute aturan dari traffic light tersebut.

Fitur-Fitur Pada TLP Logix Pro Simulator :

TLP Logix Pro Simulator merupakan salah satu Embedded Software yang menangani kasus dari traffic light. Software ini dapat mengsimulasikan keadaan dari traffic light yang akan dibuat berdasarkan hasil yang aslinya. Software ini akan menjalankan rute-rute yang mungkin akan terjadi pada setiap keadaan yang ada. Kalian juga dapat mengsimulasikan perangkat lainnya, seperti Door Simulator dan lainnya.

2. Zelio Soft

Zeliosoft
Zeliosoft

Zeliosoft adalah aplikasi multibahasa komprehensif yang dirancang untuk membantu kita memprogram relay Logika Zelio cerdas. Ada delapan kategori modul, masing-masing menampilkan gambar dan deskripsi lengkap dari karakteristik seperti power supply, masukan bijaksana / output, jam, bahasa, keyboard layar, dan referensi, yang membuat mereka sangat mudah untuk mengidentifikasi. Program ini menawarkan cara sederhana untuk meng-konfigurasi modul yang ditulis dalam Diagram Ladder, Diagram Blok Fungsi, atau keduanya.

Fitur-Fitur Pada Zelio Soft :

Ketika pemrograman, kita dapat mengatur berbagai parameter yang berhubungan dengan counter, musim dingin / musim panas fungsi, timer, relay tambahan, counter cepat. Kita juga bisa mengatur format tanggal, zona waktu, dan sebagainya. Dalam kasus alarm kesalahan, kita dapat menentukan jenis pesan yang akan ditampilkan, ketika untuk mengirim pesan dan siapa yang akan menerimanya melalui telepon atau e-mail. Kita juga dapat memasukkan satu atau lebih pengguna yang dapat mengirim perintah kontrol.

Itu adalah pembahasan mengenai Embedded Software. Nah teman-teman, sekarang kalian mengerti kan software yang tertanam (Embeded) itu seperti apa? Semoga artikel ini dapat membuat kalian paham dan mengerti dalam membedakan setiap kategori di dalam software. Pada umumnya, embedded software ini ditanam oleh pabrikan atas komputer itu sendiri. Sehingga memiliki fungsi tersendiri dalam pemakaiannya. Sekian dari saya, Salam IT ^_^

Baca juga : Contoh Engineering/Scientific Software dan Fiturnya