Pengetahuan
Now Reading
Contoh Engineering/Scientific Software dan Fiturnya
0

Contoh Engineering/Scientific Software dan Fiturnya – Halo sobat Bierpinter sekalian. Pada artikel sebelumnya kita telah membahas beberapa kategori software, mulai dari system software dan juga application software. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan melanjutkannya kembali, yaitu membahas mengenai Contoh Engineering/Scientific Software dan Fiturnya. Berbeda dengan system software, engineering software ini lebih berfungsi sebagai algoritma dengan kalkulasi data numeric. Penasaran kan Engineering software itu seperti apa? So, tetap lanjutin baca artikelnya yah sobat 😀

Contoh Engineering/Scientific Software dan Fiturnya

Software Engineering adalah suatu perangkat lunak atau software yang memiliki algoritma yang penuh dengan kalkulasi data numeric. Aplikasi yang dikembangkan untuk kebutuhan astronomi hingga vulkanologi, analisis tekanan pada otomotif, hingga dinamika orbit pada pesawat ulang-alik. Contohnya : Computer Aided Desig (CAD), System Stimulation, dan lain sebagainya.

Contoh Engineering Software :

1. Additive Manufacturing Software Information

Additive Manufacturing Software Information

Additive Manufacturing Software Information

Additive Manufacturing Software Information merupakan Perangkat lunak manufaktur tambahan pada bagian yang penting dari proses pembuatan aditif. Prosesnya dimulai dengan desain yang sering menggunakan software CAD untuk membuat representasi digital dari part tersebut. Dalam beberapa kasus, prosesya mungkin dimulai dengan pemindaian 3D. Sementara perancangan dan penggunaan perangkat CAD merupakan langkah signifikan, hal ini berada di luar cakupan proses pembuatan aditif.

Fitur-Fitur Pada Additive Manufacturing Software Information :

Perangkat lunak ini memungkinkan dalam proses pembuatan Mesh Maker (Pembuatan Jaring), alat perbaikan atau editor, dan suatu tampilan untuk meninjau kembali file sebelum proses pembuatan (manufacturing). Pada setiap tahap dalam perancangan dan pengembangan, berbagai keputusan perlu dibuat. Dalam situasi ideal, desain yang dilakukan di CAD persis seperti pada hasil akhirnya. Dalam banyak kasus, hal ini dapat dicapai namun seringkali memerlukan beberapa akomodasi tambahan. Perangkat lunak ini mendukung berbagai resolusi dan ukuran material dalam proses pembuatan manufacturing.

2. Geographic Information Systems (GIS) Software

Geographic Information Systems (GIS) Software

Geographic Information Systems (GIS) Software

Geographic Information Systems (GIS) Software merupakan suatu perangkat lunak yang dirancang untuk mengumpulkan, menyimpan, mengatur, memanipulasi, menafsirkan, menampilkan, dan menyebarkan informasi yang direferensikan secara geografis. Pemerintah, bisnis, dan organisasi lainnya menggunakan perangkat lunak GIS ini untuk menganalisis dan memvisualisasikan data guna menemukan suatu pola, hubungan, dan tren.

Fitur-Fitur Pada Geographic Information System (GIS) Software :

Software GIS ini sering digunakan untuk menghasilkan peta iteraktif. Saat melihat layar komputer, pengguna dapat memindai peta GIS dalam berbagai arah dan memperbesar atau memperkecilnya. Pengguna GIS juga dapat merubah jenis informasi yang ditampilkan pada peta iteraktif. Misalnya, perangkat lunak GIS untuk proyek teknik sipil memungkinkan suatu pembangunan jalan dan jembatan untuk menunjukkan atau menyembunyikan jalan raya yang ada. Crews juga dapat memilih informasi lainnya ntuk ditampilkan disamping jalan yang dirancangnya. Contohnya seperti : Gas Lines, Storm Drains and Sewer Systems, Municipal Water Supplies, Building, dan lain sebagainya.

Oke teman-teman, itu adalah sedikit pembahasan mengenai Engineering Software. Engineering Software merupakan salah satu kategori di dalam software. Dimana salah satu kategori software ini memiliki banyak fungsi terutama di dalam kalkulasi perhitungan data numerik. Kalian juga dapat mempelajari kategori-kategori software lainnya pada artikel selanjutnya. Sekian dari saya, Salam IT ^_^

Baca juga : Contoh Application Software dan Fiturnya

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
0%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT

Leave a Response