Biologi
Now Reading
Contoh Keanekaragaman Tumbuhan di Indonesia
Sangat Bernilai
1
Apakah kalian tahu ternyata di Indonesia terdapat banyak sekali spesies flora lohh. Berikut adalah Contoh Keanekaragaman Tumbuhan di Indonesia.

Contoh Keanekaragaman Tumbuhan di Indonesia – Halo teman-teman Bierpinter. Kalian tahu tidak apa saja sih keanekaragaman tumbuhan yang terdapat di negara kita, Indonesia? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel mengenai Contoh Keanekaragaman Tumbuhan di Indonesia. Keanekaragaman tumbuhan seperti spesies tumbuhan tinggi, tumbuhan berbuah, hujan tropis dan lain sebagainya. Hutan di Indonesia kurang lebih memiliki 248.000 spesies tumbuhan tinggi, dan kira-kira setengah dari seluruh spesies tumbuhan yang ada di bumi. Wah, menarik bukan? Ingin tahu lebih banyak lagi? So, lanjutin baca artikel yang satu ini ya teman-teman 😀

Contoh Keanekaragaman Tumbuhan di Indonesia

Keanekaragaman Tumbuhan di Indonesia

Keanekaragaman Tumbuhan di Indonesia

Keanekaragaman tumbuhan atau flora di Indonesia merupakan bagian dari daerah geografi tumbuhan indo-malaya. Flora indo-malaya meliputi tumbuhan yang hidup di negara India, Vietnam, Thailand, Malaysia, Indonesia, dan Filipina. Flora yang tumbuh di negara Malaysia, Indonesia, dan Filipina sering disebut juga sebagai kelompok flora malesiana. Hutan hujan tropis malesiana didominasi oleh pohon dari famili Dipterocarpaceae, yang menghasilkan tumbuhan tertinggi dan biji bersayap.

Contoh tumbuhan yang termasuk ke dalam famili Dipterocarpaceae, yaitu : keruing (Dipterocarus sp.), meranti (Shorea sp.), kayu garu (Gonystylus bancanus), dan kayu kapur (Dyrobalanop aromatica). Tumbuhan di Indonesia diperkirakan tumbuh dan berkembang sekitar 25.000 jenis tumbuhan, atau lebih dari 10% dari flora yang ada di dunia. Berikut adalah beberapa jenis tumbuhan khas di Indonesia :

  1. Durian (Durio zibethinus). Spesies ini terdiri dari beberapa varietas, seperti durian petruk (Jepara), durian sitokong (Ragunan-Jakarta), durian simas (Bogor).
  2. Salak (Salacca edulis). Spesies ini terdiri dari beberapa varietas, seperti : salak bali, salak condet (Jakarta), dan salak pondoh (Sleman).
  3. Jati (Tectona grandis) dan kenari (Canarium caesius) banyak ditemukan di Jawa. Keruing (Dipterocarpus sp.), mahoni (Switenia mahagoni), dan matoa (Pometia pinnata) dari Papua.
  4. Meranti (Shorea sp.) dan rotan (Calamus caesius) di Kalimantan.
  5. Cendana (Santalumalbum) dan kayu putih (Eucalyptus aba).
  6. Tumbuhan yang endemik terutama dari genus Rafflesia misalnya Rafflesia arnoldii (endemik di Sumatra Barat, Bengkulu, dan Aceh), Rafflesia borneensis (Kalimantan), Rafflesia cilliata (Kalimantan Timur), Rafflesia horsfilldii (Jawa), Rafflesia cilliata (Kalimantan Timur), Rafflesia rochussenii (Jawa Barat), dan Rafflesia contleyi (Sumatra bagian timur).
  7. Bedali (Radermachera gigantean), kepuh (Stereula foetida), bungur (La-gerstroemia spesiosa), nangka celeng (Arthocarpus heterophyllus), mundu (Garcinia dulcis), sawo kecik (Manilkara kauki), winong (Tetrameles nudiflora), kluwak (Pingium edule), dan gandaria (Bouea marcrophylla).

Oke teman-teman, itu adalah Contoh Keanekaragaman Tumbuhan di Indonesia. Menarik bukan? Ternyata banyak sekali jenis flora di  Indonesia ya teman-teman. Sekitar 10% spesies flora di dunia terdapat di negara kita lohh, Indonesia. Oke guys, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua ya sobat. Sekian dari saya, salam IT ^_^

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
0%
Keren
100%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
Loading...
1 Comments

Leave a Response