Contoh System Software dan Fiturnya

Contoh System Software dan Fiturnya

Contoh System Software dan Fiturnya – Halo sobat Bierpinter. Pasti kalian semua mengetahuikan apa itu software? Nah, ternyata di dalam software terdapat beberapa kategori loh. Salah satunya adalah system software. Pada kesempatan kali ini, saya kan membahas mengenai Contoh System Software dan Fiturnya. Saya akan membahas mulai dari pengertian atau definisi system software, contoh softwarenya, dan juga fitur-fitur yang terdapat di dalam software tersebut. Bagaimana teman-teman penasaran kan apa itu system software? So, jangan kemana-mana ya Guys 😀

Contoh System Software dan Fiturnya

Apa sih System Software itu? System Software merupakan sekumupulan program yang ditulis untuk melayani program-program lain. Dimana memiliki sifat : Berinteraksi dengan berbagai perangkat keras komputer, penggunaan yang sangat tinggi oleh banyak pengguna, dan memiliki operasi-operasi yang terjadi secara bersamaan yang pada gilirannya menuntut penjadwalan-penjadwalan. System Software pun dapat berbagi sumberdaya yang sama dan melakukan pengaturan pemrosesan yang rumit. Menangani struktur-struktur data yang kompleks dan antarmuka eksternal yang jumlahnya banyak. Contohnya : Compilers, Operating System, Editor, Prosessor Telekomunikasi, Software Jaringan dan yang lainnya.

Contoh System Software :

1. Sistem Operasi Linux

Sistem Operasi Linux
Sistem Operasi Linux

Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

Fitur-Fitur Sistem Operasi Linux :

  • Multitasking = Beberapa proses dapat dijalankan bersamaan pada waktu tertentu.
  • Multiuser = Kalian dapat memakai beberapa user di mesin yang sama.
  • Multiplatform = Sistem Operasi Linux dapat berjalan di banyak CPU yang berbeda.
  • Multiprocessor = dapat mendukung SMP (SYsmmentric Multiprocessing) Untuk intel dan SPARC dan platform lainnya.
  • DPLE = Dapat mengimplementasikan Demand Page Loaded Executable.
  • Dapat melakukan banyak dproses menggunakan memori yang sama. Saat satu program mencoba untuk menulis memori tersebut. Page (4kb memori) yang berbeda ini baru disalin ke suatu tempat tertentu (Shared Copy on Write Pages – Antara Executables).
  • Dapat menjadi sebagai Netware Client dan berhubungan langsung dengan Netware Server.
  • Untuk mengakses partisi MS-DOS, Linux tidak dibutuhkan sistem file khusus dan juga tidak memerlukan perintah khusus untuk menggunakan partisi MS-DOS.

Itu merupakan pembahasan sekilas mengenai Sistem Operasi Linux dan juga fitur-fitur yang tersedia didalamnya. Fitur-fitur yang tersedia didalamnya sangatlah banyak, bahkan kalian dapat mencarinya sendiri karena Linux dapat secara bebas dimodifier oleh para developer.

2. Compiler Java Netbeans

Netbeans
Compiler Java Netbeans

NetBeans merupakan salah satu sotfware compiler yang sangat bisa membantu anda dalam membuat sebuahprogram java. Untuk tampilan GUI netbeans bisa anda lihat seperti dibawah ini.

Fitur-Fitur Pada Compiler Java Netbeans :

  • Terdapat Code Template = Ketika kita sedang membuat program, hal yang terpenting adalah algoritma. Namun urusan syntax juga berpengaruh agar kode program tidak menjadi error. Disamping kesalahan syntax, kecepatan penulisan syntax sangat membantu disaat kita terlibat dalam program yang besar.
  • Dapat merubah nama Class. Jika pada saat mengcreate project, kemudian kita berkeinginan merubah nama class tersebut, maka tinggal klik pada nama class tersebut, lalu klik refactor – kemudian pilih Rename.
  • Dapat mengganti Code Block dengan sebuah Method.
  • Dapat membuat method Getter dan Setter secara automatis dengan format-format tertentu.
  • Terdapat banyak sekali template bahasa pemrograman Java yang dapat kalian pakai.

System Software Compiler bahasa Java Netbeans ini merupakan salah satu software compiler yang sangat sering digunakan. Karena kepraktisan dan kemudahan dalam menggunakannya, Netbeans ini sangatlah cocok bagi pada developer yang ingin belajar bahasa pemrograman java.

Oke teman-teman, itu adalah pembahasan mengenai System Software. Disini saya mengambil 2 contoh system software beserta dengan fitur-fitur yang terdapat pada software tersebut. Sekarang kalian mengerti kan apa itu system software? Semoga artikel ini dapat bermanfaat yah bagi kalian semua. Sekian dari saya, Salam IT ^_^

Baca juga : Kategori Software (Rekayasa Perangkat Lunak)