Pengetahuan
Now Reading
Daftar ilmuan ‘gila’ yang paling diingat dalam sejarah ilmu pengetahuan-Lanjutan!
0

Daftar Ilmuan Yang Sangat ‘Gila’ Dalam Sejarah

4.Giovanni Aldini – Pembangkit Mayat

BierPinter.com-Giovanni Aldini

Teknologi pemacu detak jantung yang lazim digunakan oleh dunia medis saat ini ternyata berawal dari sejarah panjang yang cukup mengerikan. Adalah Giovanni Aldini, seorang fisikawan Abad ke-19 asal Italia yang dikenal terobsesi membangkitkan jasad yang telah mati, baik manusia maupun hewan. Ia meragukan konsep Gereja Katolik yang menyebut kematian adalah takdir, dan justru menganggapnya sebagai hal yang bisa dicegah, atau setidaknya ditunda waktunya.

BierPinter.com-Giovanni Aldini

Ilustrasi Penelitian yang dilakukan oleh Giovanni_Aldini

Salah satu yang paling diingat adalah eksperimen yang dilakukannya pada tahun 1803 silam di kota Wina, Austria. Ia diberi kuasa untuk menjadikan mayat seorang kriminal sebagai medium penelitiannya. Disaksikan oleh puluhan orang, ia berhasil membuat banyak bagian tubuh mayat tersebut bergerak dengan bantuan hentakan dari arus listrik.

Oleh banyak saksi saat itu, eksperimen Aldini disebut sangat meyakinkan, meskipun secara definisi ilmiah modern, hal itu disebut sebagai bentuk keterkejutan syaraf yang masih mungkin terjadi pada jasad yang belum sepenuhnya membusuk.

Menariknya, Kerajaan Austria kala itu kagum atas berbagai eksperimen gila yang dilakukan oleh Aldini, dan memberikannya penghargaan berupa gelar ‘Ksatria Naga yang Membawa Cahaya Terang’.

 

 

5.Robert J. White – Spesialis Transplantasi Otak

BIerPinter.com

 

Dr. Robert J. White merupakan seorang ahli bedah berkebangsaan Amerika Serikat yang sangat terkenal dalam isu transplantasi otak. Ia juga dikenal sebagai penemu teknik pendinginan spiral cord yang kini digunakan di banyak proses bedah oleh para institusi medis dunia.

Di tahun 1962, ia mengeluarkan otak anjing dari tempurung kepalanya, dan berhasil membuatnya tetap hidup selama beberapa jam sebelum dikembalikan ke tempat semula, dan tidak memberi efek samping yang berarti pada anjing percobaannya. Namun, kesuksesan itu sejatinya tidak begitu saja terjadi, melainkan telah melalui puluhan uji coba, yang berarti menandakan ia telah membunuh banyak anjing demi kepentingan penelitiannya.

Di era 1970-an, ia berhasil memindahkan otak dari dua monyet yang berbeda, dan membuatnya hidup normal beberapa bulan, sebelum terpaksa menyuntik mati karena munculnya indikasi komplikasi. Meski tidak sepenuhnya berhasil, eksperimen tersebut justru menjadi dasar dalam perkembangan ilmu mutasi dan transplantasi syaraf di era modern.

 

6.Shiro Ishii

BierPinter.com-Shiro-Ishii

Ishii adalah seorang ahli microbilogi dan seorang letnan jendral dari Unit 731, sebuah unit yang bertugas dalam perang biologis milik pasukan Jepang. Lahir di Shibayama, Ishii mempelajari tentang obat-obatan ketika kuliah di Kyoto Imperial University. Kepintaran yang dimiliki Ishii digunakan untuk melakukan uji coba gila.

Ada banyak kekejaman yang dilakukan oleh Ishii, diantaranya adalah melakukan pembedahan makhluk hidup, termasuk di dalamnya adalah perempuan hamil. Para tahanan juga tak luput dari pandangan Ishii. Sejumlah tahanan, bagian tubuhnya diamputasi dan dipasang kembali. Ada pula bagian tubuh tahanan yang sengaja dibekukan dan menjadi bahan untuk mempelajari bakteri.

BierPinter: Baca Juga Tes DNA Sebentar Lagi Menjadi Syarat Masuk Untuk Mengikuti Pendidikan

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
0%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
MirhanSyahputra

Leave a Response