Pengetahuan
Now Reading
Definisi dari Komputer (Proses Pengolah Data Elektronik)
0

Definisi dari Komputer (Proses Pengolah Data Elektronik) – Halo sobat sekalian. Kalian pasti pernah menggunakan komputer bukan? Handphone, laptop dan tablet juga merupakan komputer lohh. Tapi, pernahkah kalian mengetahui apa definisi sebenarnya dari komputer itu? Bagaimana sih proses pengolahan data kita dapat terjadi?. Nah, pada artikel kali ini saya akan membahasnya secara singkat dan jelas. Penasaran? Terusin baca artikel ini yah teman-teman 😀

Definisi dari Komputer (Proses Pengolah Data Elektronik)

Contoh Komputer

Contoh Komputer

Menurut definisinya, komputer merupakan suatu alat elektronik yang dapat menerima suatu input, kemudia memproses input tersebut sesuai dengan perintahnya. Lalu menyimpan perintah dan hasil pengolahannya dan juga menyediakan suatu output dalam bentuk informasi. Komputer ini sebenarnya adalah sistem elektronik yang digunakan untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat. Sehingga dapat menerima dan menyimpan data masukkan secara otomatis. Komputer juga dapat menghasilkan output melalui instruksi-instruksi program yang tersimpan di dalam memori.

Ciri dari komputer adalah :

1. Komputer merupakan suatu alat elektronik.

2. Dapat menerima input data.

3. Dapat mengolah data.

4. Dapat memberikan informasi.

5. Komputer dapat menggunakan suatu program yang tersimpan di dalam memori komputer (stored program).

6. Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan data.

7. Bekerja secara otomatis.

Program yang dimaksud adalah kumpulan perintah yang terperinci dan sudah dipersiapkan agar komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara tertentu.

Pengolahan Data Elektronik

Input Proses Output

Proses Pengolahan Data Elektronik

Pengolahan data dengan menggunakan komputer sering dikenal dengan istilah pengolahan data elektronik (electronic data processing). Dimana proses pengolahan data ini terdiri dari 3 tahapan dasar, yaitu : input, proses, dan output. Dimana ke-3 tahapan ini sangatlah penting dan harus ada dalam melakukan proses pengolahan data.

Sistem Komputer

Sistem Komputer

Sistem Komputer

Agar komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka komputer tersebut harus berbentuk sistem komputer. Sistem komputer terdiri dari 3 elemen, yaitu : hardware, software, dan brainware.

Hardware (perangkat keras) adalah peralatan komputer yang secara fisik dapat terlihat dan dipegang oleh kita. Sedangkan Software (perangkat lunak) adalah suatu program yang berisi atas perintah-perintah yang digunakan untuk mengolah data. Dan terakhir Brainware. Brainware adalah manusia yang terlibat di dalam pengoperasian sistem komputer tersebut.

Oke kawan-kawan, itu adalah penjelasan singkat mengenai Definisi Komputer. Terdapat 3 elemen penting agar sistem komputer itu dapat terjadi, yaitu harus adanya hardware, software, dan juga brainware. Jika salah satu elemen ini tidak ada, maka komputer tidak dapat melakukan pengolahan data. Sekian dari saya, salam IT ^_^

Baca juga : Sejarah Singkat Komputer Generasi Pertama Samapi Kelima

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
100%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT

Leave a Response