Biologi
Now Reading
Jelaskan Struktur dan Sifat Enzim Biologi
Sangat Bernilai
1
Struktur dan Sifat Enzim sangatlah beragam. Berikut adalah Penjelasan mengenai Struktur dan Sifat Enzim.

Jelaskan Struktur dan Sifat Enzim – Halo teman-teman sekalian. Setelah kita telah membahas mengenai pengertian dan fungsi Enzim pada artikel sebelumnya, nah pada artikel hari ini kita akan melanjutkannya. Artikel kita hari ini akan membahas mengenai Jelaskan Struktur dan Sifat Enzim. Pada dasarnya enzim memiliki struktur atau komponen dan sifat yang berbeda-beda. Sifat ini pun menentukan bagaimana fungsi dari enzim itu sendiri. Penasaran bagaimana Struktur dan Sifat Enzim itu? So, terusin baca artikel yang satu ini ya teman-teman 😀

Jelaskan Struktur dan Sifat Enzim

Jelaskan Struktur dan Sifat Enzim

A. Struktur Enzim

Keseluruhan bagian dari enzim sering disebut dengan haloenzim. Pada dasarnya enzim tersusun dari dua komponen utama, yaitu protein dan nonprotein. Komponen protein atau apoenzim merupakan komponen yang bersifat labil, karena sangat mudah berubah. Misalnya akan mudah berubah oleh pengaruh suhu dan keasaman yang ada pada lingkungannya. Apoenzim sangat penting dalam aktivitas enzim karena memiliki sisi aktif dengan bentuk yang spesifik untuk suatu substrat.

Sisi aktif enzim ini merupakan bagian dari gugus protein yang berfungsi sebagai tempat melekat dan mereaksikan suatu substrat. Substrat sendiri merupakan suatu bahan atau molekul yang dikatalis oleh suatu enzim, dapat berubah karbohidrat, protein, dan lemak.

Komponen non protein atau gugus prostetik memiliki sifat stabil pada suhu yang relatif tinggi dan tidak berubah pada akhir reaksinya. Gugus prostetik dibedakan menjadi 2, yaitu kofaktor dan koenzim.

  1. Kofaktor tersusun dari zat anorganik yang umumnya berupa logam. Misalnya Cu, Fe, Mn, Zn, Ca, K, dan Co.
  2. Koenzim tersusun dari senyawa organik nonprotein yang tidak melekat erat pada bagian protein enzim. Contohnya vitamin, NAD, NADP, dan koenzim A.

Beberapa enzim tidak dapat melakukan fungsinya tanpa kehadiran kofaktor dan koenzim ini.

B. Sifat Enzim

Sifat Enzim

Saat ini jenis enzim telah dikenal hingga lebih dari 2.000 jenis. Secara umum, enzim memiliki sifat-sifat sebagai berikut:

  1. Enzim merupakan protein, karena penyusun utamanya adalah protein.
  2. Enzim mudah terpengaruh oleh perubahan lingkungan, seperti suhu dan tingkat keasaman (pH).
  3. Enzim berperan sebagai katalisator, yaitu mempercepat reaksi kimia. Tetapi tidak ikut berubah setelah proses reaksi tersebut selesai.
  4. Enzim dapat mempercepat reaksi kimia dengan cara menurunkan energi aktivasi. Yaitu energi awal yang diperlukan untuk memulai suatu reaksi kimia.
  5. Enzim tidak menentukan arah reaksi, tetap hanya mempercepat laju reaksi hingga mencapai keseimbangan.
  6. Enzim bekerja secara spesifik. Enzim hanya bekerja pada satu macam substrat dan tidak untuk bermacam-macam substrat. Hal tersebut dikenal dengan istilah satu enzim satu substrat.
  7. Enzim bekerja secara bolak-balik. Enzim dapat berfungsi dalam reaksi penyusunan zat sekaligus dalam reaksi penguraian zat.
  8. Enzim dibutuhkan dalam jumlah sedikit. Sedikit enzim dapat mengkatalis (mempercepat) reaksi kimia.

Okay teman-teman, itulah pembahasan kita hari ini yang membahas mengenai Jelaskan Struktur dan Sifat Enzim. Untuk pengertian dan fungsi dari enzim itu sendiri kalian dapat melihat pada artikel sebelumnya disini. Pada artikel kita selanjutnya kita akan membahas mengenai Mekanisme dari Enzim. Sekian dari artikel ini, semoga dapat bermanfaat 😀

What's your reaction?
Luar Biasa
50%
Suka Sekali
50%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
1 Comments

Leave a Response