Komputer
Now Reading
Jenis-Jenis Pembajakan Software di Dunia Komputer
Inovasi Baru
1
Apa saja sih Jenis-Jenis Pembajakan Software di Dunia Komputer itu? Berikut adalah jenis-jenisnya, mulai dari harddisk loading, under licensing, dan lainnya

Jenis-Jenis Pembajakan Software di Dunia Komputer – Halo teman-teman Bierpinter sekalian. Ternyata di dunia IT terdapat fenomena-fenomena mengerikan lohh, termasuk pembajakan. Pembajakan di dunia IT sudahlah sering dan tidak bisa dihindari lagi. Namun, apa saja sih jenis-jenis dari pembajakan itu?. Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Jenis-Jenis Pembajakan Software di Dunia Komputer. Pada artikel ini saya akan membahas jenis-jenis pembajakan software beserta dengan penjelasan yang detail agar lebih mudah dipahami oleh kalian semua. Sudah penasaran bukan jenis-jenis pembajakan itu apa saja? So, terusin baca artikel-nya ya sobat 😀

Jenis-Jenis Pembajakan Software di Dunia Komputer

Pengertian

Jenis-Jenis Pembajakan Software di Dunia Komputer

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pembajakan yaitu mengambil hasil ciptaan orang lain tanpa sepengetahuan dan seizinnya, maka Pembajakan Software adalah penggunaan software secara ilegal terjadi apabila seseorang memanfaatkan suatu software (seperti menginstall, menggunakan, mengunduh, mengubah, menjual, atau memperbanyak) tanpa memiliki izin (lisensi) dari pemegang hak cipta software yang dimaksud.

Jenis-jenis Pembajakan

  1. Harddisk Loading, adalah pembajakan software yang biasanya dilakukan oleh para penjual komputer yang tidak memiliki lisensi untuk komputer yang dijualnya. Tetapi software-software tersebut dipasang (install) pada komputer yang dibeli oleh pelangganya sebagai “bonus”.
  2. Under Licensing, adalah pembajakan software yang biasanya dilakukan oleh perusahaan yang mendaftarkan lisensi untuk sejumlah tertentu. Tetapi pada kenyataanya software tersebut dipasang (install) untuk jumlah yang berbeda dengan lisensi yang.
  3. Conterfeiting, adalah pembajakan software yang biasanya dilakukan oleh perusahaan pembuat software-software bajakan. Biasanya dengan cara memalsukan kemasan produk (Packaging) yang dibuat sedemikian rupa mirip sekali dengan produk aslinya.
  4. Mischanneling, adalah pembajakan software yang biasanya dilakukan oleh suatu institusi yang menjualnya produknya ke institusi lain dengan harga yang relatif lebih murah. Dengan harapan institusi tersebut mendapatkan keuntungan lebih (revenue) dari hasil penjualan software tersebut.
  5. End User Copying, Pembajakan software yang biasanya dilakukan oleh sesorang atau institusi yang memiliki 1 (satu) buah lisensi suatu produk software. Tetapi software tersebut dipasang (install) pada sejumlah computer, dan ini adalah kasus terbanyak dan terbesar yang terjadi di Indonesia.
  6. Internet Piracy, Jenis pembajakan software banyak dilakukan dengan menggunakan media internet untuk menjual atau menyebarluaskan produk yang tidak resmi (bajakan). Seperti: software, lagu (musik), film (video), buku, dan sebagainya dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan (bisnis).

Oke teman-teman, itu adalah artikel kita kali ini yang membahas mengenai Jenis-Jenis Pembajakan Software di Dunia Komputer. Sekarang kalian sudah tahu kan apa saja jenis-jenis pembajakan itu? Semoga dengan adanya artikel ini kalian bisa lebih paham dan mengerti akan jenis-jenis pembajakan ini. Saya harapkan kalian semua tidak ada yang menjadi seorang pembajak software ya :D. Sekian dari saya, salam IT ^^

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
100%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
1 Comments
  • 30 November 2018 at 8:05 PM

    Terima kasih semuanya, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua ya. Jangan lupa untuk membaca artikel seputar komputer lainnya di website kami Bierpinter 😀

Leave a Response