Intermezzo
Now Reading
Jubah Tembus Pandang Telah Hadir Di Dunia Nyata
Inovasi Baru
0
Jubah Tembus Pandang di Dunia Nyata

Jubah Tembus Pandang Telah Hadir Di Dunia Nyata- Halo sobat Bierpinter. Apakah kalian percaya bahwa jubah tembus pandang itu ada? Jika kalian menonton film Doraemon, jubah dan alat-alat ajaib bukan lah hal yang aneh lagi. Namun bagaimana di dunai nyata? apakah benar ada jubah ajaib?. Nah, pada artikel kita akan membahas mengenai Jubah Tembus Pandang Telah Hadir Di Dunia Nyata. Saat ini, teknologi-teknologi yang aneh dan bisa dibilang ajaib sedang dikerjakan di negara-negara maju salah satunya adalah jubah tembus pandang ini. Berikut adalah penjelasannya:

Jubah Tembus Pandang Telah Hadir Di Dunia Nyata

Jubah Tembus Pandang Telah Hadir Di Dunia Nyata

Jubah ajaib yang hanya ada di film akan hadir di dunia nyata berkat penemuan seorang ilmuwan Amerika Serikat yang berhasil menciptakan jubah tembus pandang ini. Jubah tersebut terbuat dari bahan serat kain yang sangat tipis, sehingga benda apapun yang berada dalam jubah tersebut dapat dimanipulasi atau tidak terlihat oleh mata manusia.

Memang kemampuan jubah ini nampak seperti magic atau sulap. Namun tim peneliti dari Laboratorium Nasional Berkeley Departemen Energi AS dan Universitas California, Berkeley mengatakan, jubah ajaib tersebut terbuat dari bahan nanoantennas mikroskopis yang sangat tipis. Yakni hanya memiliki ketebalan 80 nanometer.

Cara Kerja Jubah Tembus Pandang

Jubah Tembus Pandang Telah Hadir Di Dunia Nyata

Para tim peniliti tersebut menjelaskan bagaimana cara kerja jubah ini, yakni dengan cara memanipulasi cara kerja cahaya yang memantul ke benda atau objek. Dengan cara seperti itu, otak kita tidak mampu menafsirkan cara kerja cahaya yang dimanipulasi tersebut.

Dengan mengacaukan kemampuan tersebut, benda yang ditutupi oleh jubah akan nampak tembus pandang. Director of Berkeley Lab’s Materials Sciences Division, Xiang Zhang. Mengatakan bahwa ini pertama kalinya suatu benda 3D dapat dibuat seolah-olah menghilang atau tembus pandang dengan ditutupi oleh jubah tersebut.

Struktur Jubah Tembus Pandang

Jubah Tembus Pandang Telah Hadir Di Dunia NyataIa juga mengatakan bahwa jubah yang mereka buat sangatlah tipis dan mirip seperti mantel. Dengan begitu sangat mudah untuk mendesain serta mengimplementasikannya ke dunia nyata. Dibuat dari bahan serat kain tipis berwarna emas atau yang dikenal sebagai nanoantennas. Para tim peneliti membuat jubah ini agar dapat menutupi benda yang berukuran sedang serta beberapa bagian kecil dari tubuh manusia.

Para tim peneliti mengungkapkan bahwa permukaan dari jubah tersebut dapat memanipulasi gelombang cahaya yang memantul padanya. Ini membuat benda didalamnya tidak terlihat saat diaktifkan. Namun jubah ini juga memiliki sejumlah kekurangan, yakni pola serat nanoantennas yang belum dapat mengikuti struktur dari benda yang ditutupi olehnya. Sehingga benda yang dibungkus oleh jubah tersebut tidak dapat digerakan.

Selain itu, benda yang dibungkus juga tidak bisa terlalu besar, sebab bayangan yang dihasilkan oleh benda tersebut hingga saat ini belum dapat disirnakan meski telah menggunakan teknik ini.

Oke teman-teman, itu adalah pembahasan kita hari ini mengenai Jubah Tembus Pandang Telah Hadir Di Dunia Nyata. Waw, ternyata alat-alat ajaib yang ada di film-film bisa dibuat di dunia nyata juga yah teman-teman. Tuliskan pesan dan kesan kalian mengenai artikel ini pada kolom komentar di bawah ya 😀

What's your reaction?
Luar Biasa
50%
Suka Sekali
50%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT

Leave a Response