Biologi
Now Reading
Karakteristik dan Bentuk dari Bakteri (Eubacteria)
Terbaik
1
Belajar Karakteristik dan Bentuk dari Bakteri (Eubacteria) dengan mudah dan lengkap di website Bierpinter. Dilengkapi dengan gambar yang jelas dan lengkap.

Karakteristik dan Bentuk dari Bakteri (Eubacteria) – Halo teman-teman sekalian. Siapa yang tidak pernah mendengar istilah bakteri? Istilah bakteri pasti sangat sering kita dengar terutama pada kasus penyakit. Namun, apakah kalian mengetahui Karakteristik dan Bentuk dari Bakteri (Eubacteria) tersebut? Nah, pada artikel kali ini saya akan membahasnya secara singkat dan jelas. Mulai dari karakteristik bakteri itu, hingga pada bentuk maupun ukuran bakteri itu sendiri. Penasaran bukan? So, terusin baca artikel yang satu ini ya teman-teman 😀

Karakteristik dan Bentuk dari Bakteri (Eubacteria)

Anatomi Bakteri

Anatomi Bakteri

Bakteri berasal dari kata bakterion dalam bahasa Yunani, yang artinya adalah batang kecil. Sedangkan kata Eubacteria berarti sejati atau sesungguhnya. Namun demikian, pada kenyataannya tidak semua bakteri berbentuk batang kecil seperti ketika pertama kali ditemukan. Bakteri merupakan makhluk renik yang tubuhnya tersusun atas satu sel atau biasanya disebut dengan unisel. Hidupnya secara soliter maupun berkelompok atau koloni. Ukuran tubuhnya lebih besar dari pada virus dengan satuan mikron. Untuk dapat mengamati bakteri, diperlukan alat bantu berupa mikroskop karena bentuknya yang sangat kecil. Sel tubuh di dalam bakteri tidak memiliki kloroplas, sehingga tampak transparan dan tidak dapat menyusun zat makanannya sendiri. Bakteri berkembang biak secara aseksual, yaitu dengan cara membelah diri. Namun, pada saat tertentu bakteri juga dapat berkembang biak secara seksual atau kawin yang dikenal dengan paraseksual.

Bentuk Bakteri

Contoh Bentuk dari Bakteri

Contoh Bentuk dari Bakteri

Berdasarkan bentuknya, bakteri dibedakan menjadi tiga, yaitu bakteri yang berbentuk bulat seperti bola (kokus), batang atau silindris (basilus), dan seperti spiral (spirillum).

1. Kokus

Kokus atau Coccus adalah bakteri yang berbentuk bulat seperti bola. Berdasarkan koloninya, kokus dapat dibedakan menjadi enam macam bentuk, yaitu :

  • monokokus, yaitu bakteri yang berbentuk bola yang hidup mandiri atau soliter.
  • diplokokus, yaitu bakteri yang berbentuk bola yang hidup selalu berpasangan dua-dua.
  • tetrakokus, yaitu bakteri yang berbentuk bola yang hidup berkelompok dan setiap kelompok terdiri atas empat bakteri.
  • sarkina, yaitu bakteri yang berbentuk bola yang hidup berkelompok dan setiap kelompok terdiri atas delapan bakteri yang membentuk susunan seperti kubus.
  • streptokokus, yaitu bakteri yang berbentuk bola yang saling bergandeng-gandengan seperti rantai.
  • stafilokokus, yaitu bakteri yang berbentuk bola dan bergerombol seperti buah anggur.

2. Basil

Basil atau Basilus adalah bakteri yang berbentuk seperti silinder atau batang bacil. Bakteri bentuk ini dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu :

  • monobasilus, yaitu bakteri yang berbentuk batang yang hidup mandiri atau soliter.
  • diplobasiilus, yaitu bakteri yang berbentuk batang yang hidup berpasangan dua-dua.
  • streptobasilus, yaitu bakteri yang berbentuk batang yang membentuk sebuah rantai.

3. Spiral

Spiral atau Spirillum adalah bakteri yang mempunyai bentuk tubuh seperti spiral, berkelok, atau melengkung. Contoh makhluk hidup yang termasuk ke dalam bentuk bakteri ini adalah vibrion, yaitu bakteri yang berbentuk seperti tanda baca koma.

Oke teman-teman, itu adalah artikel pembahasan mengenai Karakteristik dan Bentuk dari Bakteri (Eubacteria). Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua ya, khususnya untuk lebih mengenal karakteristik dan bentuk dari bakteri. Nantikan juga artikel seputar biologi lainnya di website kami ya Bierpinter. Sekian dari saya, salam IT ^_^

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
75%
Keren
25%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
1 Comments

Leave a Response